Life

Manfaat Kopi Hitam dan Awal Tahun yang Produktif

Manfaat Kopi Hitam dan Semangat Awal Tahun

This post is also available in: English

Manfaat kopi hitam sudah bukan rahasia lagi untuk diketahui siapa saja, karena minuman ini tidak hanya memberikan kenikmatan rasa dan aroma. Ya, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk Anda. Apalagi, untuk memulai tahun yang baru dengan semangat baru.

Namun, tidak semua kopi baik bagi kesehatan. Tergantung cara membuat dan mengkonsumsinya. Minum kopi dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes jika Anda menambahkan banyak gula didalamnya.

Itu artinya, manfaat kopi hitam tidak dapat Anda dapatkan secara maksimal jika sudah dalam bentuk lain seperti kopi krim latte dan cappucino. Kopi hitam dapat menurunkan risiko diabetes hingga 7 persen.

Jika minum pada pagi hari, dapat membuat 28 persen lebih kecil terjangkit diabetes tipe 2. Penyakit lain yang dapat tercegah oleh kopi hitam yaitu berbagai kanker dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, rutin meminum kopi hitam adalah hal yang baik Anda lakukan dan mulai Anda biasakan sejak memulai awal tahun, agar dapat meningkatkan semangat dalam memulai aktivitas dan kesibukan Anda sepanjang tahun, mengingat banyak sekali manfaat kopi hitam yang dapat Anda rasakan.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Hitam dan Awal Tahun yang Produktif
Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

Kopi lebih sehat untuk Anda konsumsi tanpa gula. Berikut adalah beberapa manfaat kopi hitam untuk kesehatan.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat berefek positif pada otak sehingga meningkatkan daya ingat. Konsumsi kopi hitam secara teratur juga mengurangi risiko Alzheimer hingga 65 persen. Dengan rutin konsumsi kopi hitam sesuai takaran dapat membuat Anda lebih pintar karena stimulan psikoaktif.

  • Meningkatkan Energi

Minum kopi hitam dapat mendongkrak performa fisik karena meningkatnya adrenalin dalam darah. Lemak tubuh yang tersimpan akan terlepas oleh aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas, yang berguna sebagai bahan bakar tubuh saat melakukan aktivitas fisik yang berat.

  • Menjaga Kebersihan Sistem

Kopi adalah minuman diuretik yang memicu lebih sering buang air kecil, sehingga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan minum kopi hitam tanpa gula, tubuh dapat secara alami mengeluarkan toksin yang berbahaya.

  • Menurunkan Risiko Diabetes, Jantung, dan Kanker

Banyak laporan medis yang menemukan bahwa minum kopi dapat meningkatkan produksi insulin yang membantu pengendalian penyakit. Kopi juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah dari berbagai jenis kanker.

  • Meningkatkan Kebahagiaan

Minum secangkir kopi hitam saat sedih dapat meningkatkan suasana hati karena dapat mendongkrak kadar dopamin otak atau ‘hormon kebahagiaan’.

Baca Juga : Mengapa Kita Tidak Merasa Bahagia?

Manfaat Kopi Hitam Untuk Diet

Manfaat Kopi Hitam dan Awal Tahun yang Produktif
Manfaat Kopi Hitam Untuk Diet

Selain manfaat kopi hitam untuk kesehatan, kopi hitam juga dapat membantu Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penurunan berat badan dengan mengkonsumsi kopi.

Pertama adalah memilih jenis kopi dengan tingkat roasting yang ringan. Kopi dengan light roast lebih kaya akan antioksidan polifenol dibandingkan roasting medium atau dark. Selain itu, pilih kopi hitam yang murni hanya dari biji kopi tanpa tambahan apapun. Jika khawatir dengan kandungan pestisida, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik dan menggilingnya sendiri dengan coffee grinder.

Yang kedua adalah waktu dan batasan tertentu minum kopi. Dianjurkan minum kopi 150-450 ml per hari, atau setara dengan kafein 400 mg. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan efek samping seperti jantung berdebar, gangguan metabolisme dan lambung. Kopi paling baik diminum pada rentang waktu 10.00-15.00 WIB, agar tidak mengalami kesulitan tidur saat malam.

Baca Juga : Kapan Waktu Favoritmu Minum Kopi?

Perhatikan juga tambahan gula atau susu, gunakan pemanis buatan yang tidak mengandung kalori. Lebih baik lagi jika Anda membiasakan diri menikmati rasa pahit dari kopi tanpa tambahan apapun. Jika ingin memberi efek creamy pada kopi, gunakan susu sapi segar dan hindari pemakaian krimer karena mengandung lemak dan gula yang tinggi.

Yang boleh untuk ditambahkan saat membuat kopi hitam adalah kayu manis. Selain manfaat kayu manis yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolesterol dan trigliserida, kayu manis juga dapat menambahkan cita rasa pada kopi Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati tanpa kehilangan manfaat dari kopi hitam.

Manfaat Untuk Kulit

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit

Selain untuk minuman, kopi juga dapat menjadi bahan alternatif untuk perawatan kulit. Berkaitan dengan kandungan antioksidan yang termasuk fenol dan dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit.

Manfaat kopi hitam untuk kulit yaitu dapat mengurangi selulit. Kandungan kafeinnya yang dapat melebarkan pembuluh darah pada bawah kulit dan meningkatkan aliran darah sehingga berdampat pada berkurangnya selulit. Tekstur scrub dari kopi dapat menghaluskan kulit dan memberi tampilan yang merata.

Menurut Yayasan Kanker Kulit, kandungan niasin yang dihasilkan setelah biji kopi dipanggang dapat membantu dalam pencegahan kanker kulit nonmelanoma dan kanker kulit lainnya. Terkait kandungan anti-inflamasi yakni asam klorogenat Trusted Source (CGA) dapat mengurangi hiperpigmentasi yang berhubungan dengan peradangan dan antibakteri.

Seluruh manfaat kopi hitam ini secara kolektif berguna untuk melawan jerawat, terlebih dengan kombinasi tekstur bubuk kopi dalam pengelupasan alami kulit. Lingkaran hitam bawah mata juga tidak absen dapat terobati oleh kafein dari kopi.

Last but not least, kopi hitam juga memiliki manfaat anti-aging. Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan kandungan kopi yang dapat menenangkan kulit setelah berjemur dibawah sinar matahari.

Cara membuat perawatannya sangat mudah, Anda hanya tinggal mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun dan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan ke wajah, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik ulangi tiga kali dalam seminggu. Namun, jika kondisi kulit tidak kunjung membaik sebaiknya segera menghubungi dokter kulit.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top