Life

5 Manfaat Lain dari Daun Pisang Yang Perlu Anda Tahu  

Pohon pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang lumrah ditemukan di Indonesia dengan jenis yang beragam. Oleh karena itu pisang termasuk salah satu jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau cenderung murah, walaupun beberapa jenis pisang dijual dengan harga yang cukup tinggi karena adanya khasiat tertentu. Selain buahnya, masyarakat Indonesia juga menggunakan daun pisang dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk membungkus makanan. Namun ternyata juga ada manfaat lain dari daun pisang yang kebanyakan orang masih belum tahu.

Daun Pisang untuk Membersihkan Kerak Pada Setrika

Pengetahuan ini pasti hanya diketahui oleh para orang tua dimana teknologi setrika dulunya hanya menggunakan setrika arang atau setrika listrik keluaran lama yang belum dilengkapi dengan lapisan anti lengket sehingga mereka harus mencari cara alami untuk mengatasi kerak yang biasanya menempel pada permukaan setrika. Walaupun sekarang semua produk setrika sudah dilengkapi dengan lapisan anti lengket tapi bukan berarti setrikaan Anda akan bebas dari kerak sepenuhnya, cara menyetrika yang kurang hati-hati juga dapat menggores lapisan anti lengket sehingga setrika juga perlu dibersihkan. Caranya dengan menggunakan daun pisang, saat setrika sudah cukup panas segera cabut dari kontak dan tempelkan pada daun pisang. Panas pada setrikaan akan membuat daun pisang mengeluarkan minyak yang akan membantu melepas kerak pada setrikaan Anda.

Daun Pisang Mengobati Sakit Tenggorokan

Walaupun sudah banyak obat sakit tenggorokan yang dijual di pasaran tapi sebagai produk farmasi tentunya tidak tanpa efek samping. Yang paling menyiksa adalah ketika para ibu hamil mengalami sakit tenggorokan, tanpa resep dokter akan sulit menemukan obat yang tepat untuk mengatasi kondisi yang walaupun tidak parah tapi sangat mengganggu ini. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cukup rebus beberapa daun pisang dan airnya boleh untuk diminum guna meredakan sakit tenggorokan.

Daun Pisang Untuk Kulit Kepala Sehat

Punya masalah dengan kulit kepala dan aneka produk perawatan rambut dan kulit kepala hanya membuat kondisi kulit kelapa Anda tambah parah? Mungkin sekarang saatnya Anda beralih ke bahan-bahan alami. Coba gunakan daun pisang sebagai masker rambut. Caranya cukup mudah, belender daun pisang dengan sedikit air atau santan kelapa kemudian gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit baru cuci bersih rambut Anda. Lakukan selama beberapa kali untuk hasil yang lebih maksimal.

Daun Pisang untuk Mengatasi Selulit

Percaya atau tidak ternyata ini merupakan tradisi keraton lama dan sampai sekarang ternyata masih dilakukan di spa-spa modern Jawa dan Bali yaitu daun pisang efektif untuk membantu mengatasi masalah selulit. Caranya, daun pisang cukup dilayur ditempel pada bagian berselulit, lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih memuaskan.

Daun Pisang untuk Mengatasi Santan Tumpah

Para ibu rumah tangga pasti paham betul bahwa tidak mudah memasak makanan yang bersantan tanpa ditunggui karena santan gampang sekali membludak dan akhirnya mengotori peralatan memasak dan dapat merusak kompor. Ini satu lagi dari manfaat lain dari daun pisang yaitu aaun pisang ternyata dapat mencegah santan tidak mudah tumpah ketika dimasak. Caranya, cuci bersih daun pisang kemudian disobek-sobek dan dimasukkan ke dalam santan yang hendak dimasak. Dijamin selama daun pisang berada di dalam santan, santan tidak akan membludak dan memasakpun menjadi jauh lebih mudah. Tapi jangan lupa untuk membuang daun pisangnya ketika masakan hendak disajikan.

Jadi sekarang Anda sudah tahukan bahwa daun pisang lebih dari sekedar pembungkus makanan atau digunakan untuk pepes ikan karena ternyata banyak manfaat lain dari daun pisang yang bisa Anda manfaatkan untuk kehidupan keseharian Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top