Life

Mau Menanam Bunga yang Cantik dan Bermanfaat? Pilih Bunga-Bunga Berikut

Mau Menanam Bunga yang Cantik dan Bermanfaat

Bunga merupakan suatu tumbuhan yang memiliki daya tarik tersendiri. Bunga tidak hanya indah warnanya, namun ada beberapa bunga yang juga memiliki manfaat tersendiri. Bagi kalian yang memiliki halaman luas dan ingin menanam bunga, kalian bisa memilih bunga yang mudah ditanam dan dirawat. Ada beberapa yang berbiji dan ada pula bunga yang bisa ditanam melalui daunnya. Bagi yang hobby menanam bunga, bisa memilih bunga-bunga berikut, bunga yang mudah ditanam dan dirawat serta indah warnanya.

Bunga Pacar Air

Mau Menanam Bunga yang Cantik dan Bermanfaat

Pacar Air

Bunga pacar air memiliki mudah sekali ditanam dan dirawat. Disebut bunga pacar air karena bunga tersebut bisa hidup tanpa air, batangnya tebalnya memiliki kandungan air. Bunga pacar air juga memiliki kantung biji, dimana dalam kantung tersebut terdapat butiran biji yang berarna kecoklatan kalau sudah tua, kalau masih muda warnanya putih. Kantung biji yang tua akan pecah sendiri, kemudian butiran biji yang jatuh bisa tumbuh lagi. Tanaman ini juga ada manfaatnya loh buat kecantikan maupun kesehatan. Girls, kalian bisa menggunakan daunnya untuk dijadikan kutek. Hanya melumatkan dan menempelkan pada kuku hingga kering nanti akan menjadi kutek berwarna orange. Selain memiliki manfaat sebagai kutek alami, bunga tersebut juga memiliki keindahan pada warna bunganya.

Bunga pacar air tidak hanya memiliki satu warna, sepengetahuan penulis warna bunga pacar yaitu merah, putih, merah muda dan ungu. Jika kalian menanam bunga tersebut dalam berbagai warna, halaman kalian sudah seperti taman bunga yang indah. Akan tetapi, bunga tersebut ketika belum tinggi dan berbunga harus dirawat dengan baik. Karena bunga tersebut memiliki akar serabut dan rawan rusak jika terkena banjir, dirusak ayam, dsb.

Bunga Melati

perawatan-mudah-melati

Bunga melati bukan hanya harum baunya, Namun bunga melati juga memiliki keistimewaan karena banyak digunakan pada acara tertentu, seperti upacara pernikahan, sekaran ketika ada kematian, dsb. Selain itu bunga melati juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran membuat teh sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas.

Baca Juga : Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan

Bunga ini mudah ditanam dengan cara stek (cutting atau stuk) yaitu dengan mengambil bagian batang yang sudah tua untuk dijadikan tanaman baru. Perawatannya juga mudah, ciri-ciri jika tanaman tersebut tidak bagus yaitu ketika ada ulat yang membuat lubang pada daun. Petik daun yang berlubang atau hilangkan ulat agar tidak menjalar kemana-mana sehingga tanaman bunga melati dapat tumbuh dengan baik.

Bunga Cocor Bebek

cocor bebek

Bukan hanya namanya yng unik, bunga ini juga mudah ditemui di daerah tropis. Selain mudah ditanam melalui tunas sdventik, bunga tersebut juga memiliki kasiat untuk kesehatan. Bunga cocor bebek memiliki ciri yaitu tebal, berair dan bergerigi bagian pinggirnya serta berbentuk menyerupai lidah bebek. Kalian bisa menanamnya dengan menaruh daunnya di tanah begitu saja. Adapun manfaat daunnya yaitu sebagai obat penyakit kulit, demam dan penyakit ringan lainnya. Untuk bunganya sendiri memiliki bermacam warna ada ungu dan merah. Bunganya berbentuk kecil bergerombol dan indah.

Bunga Songgo Langit

rincik bumi songgo langit

Tanaman rambat yang cantik satu ini bisa kalian tanam di depan rumah sebagai hiasan. Sebagian orang menyebut tanaman tersebut bunga rincik bumi, tali-tali dsb karena setiap daerah memiliki nama tersendiri untuk bunga tersebut. Daunnya seperti jarum jahit dan bunganya memiliki banyak macam warna. Tanaman rambat ini bisa digunakan sebagai obat kulit dan penurun panas.

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma merupakan bunga sejenis kaktus namun gepeng dan pinggirnya membentuk lekuk-lekuk yang indah. Bunga wijaya kusuma juga memiliki beberapa macam warna dan bunga tersebut biasanya mekar pada malam hari. Kemudian, beberapa masyarakat mempercayai mitos bahwa yang memetik bunga tersebut bisa naik pangkat maupun rezekinya bertambah. Bunga tersebut juga bisa mengungari nyeri ketika disengat lebah, dengan cara melumatkan kemudian mengoleskannya pada bagian yang sakit.

Sedikit referensi di atas semoga bisa bermanfaat ya, guys. Tanamannya mudah ditanam serta memiliki nilai estesis dan nilai guna tersendiri. So, kalian bisa memilih bunga-bunga tersebut untuk ditanam di halaman maupun pekarangan kalian. Selamat berkebun!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top