Life

Mau Tahu Tips Menulis Freelance? Ikuti Tutorial Ini

Tips Menulis Freelance

This post is also available in: English

Mengikuti tips menulis kreatif freelance dalam menulis sebuah artikel mungkin tidak akan sulit, bagi yang sudah sering mencoba menjadi penulis lepas. Tapi, kendala akan muncul ketika kita hendak menulis artikel rewrite dimana Anda harus mengikuti tulisan dari artikel lain yang sudah ada.

Menulis artikel bagi seorang penulis lepas atau freelance bisa mencari banyak referensi, karena jenis tulisan dan tugas seorang penulis freelance bervariasi tidak terpaku hanya pada satu tema tulisan.

Dalam menulis, seorang penulis freelance memiliki kendala pada menulis sesuatu yang sudah pernah orang lain tulis atau terdapat pada artikel lain. Karena, kadang jika terjadi kesamaan dalam isi kalimat maka akan tergolong sebagai seorang plagiat. Oleh karena itu, ada beberapa tips menulis freelance agar Anda bisa berkembang dalam menulis berbagai jenis tulisan yang Anda inginkan  yaitu sebagai berikut.

Cari Banyak Referensi

Tips Menulis kreatif
Cari Banyak Referensi

Seorang penulis memang harus banyak membaca dan mencari berbagai macam referensi tulisan. Mulai dari artikel yang ingin Anda ketahui, hingga artikel yang ingin Anda tulis berdasarkan tugas.

Bahkan, seorang blogger pun harus mengembangkan cara menulisnya jika ingin kontennya makin terlihat menarik. Referensi bisa juga dari berbagai cara atau dari banyak tempat, salah satunya banyaknya website atau portal-portal yang menyajikan konten tulisan berdasarkan bidangnya masing-masing. Perkaya kosakata Anda dan pemilihan kata dari berbagai artikel yang Anda jadikan referensi.

Pilih Niche Yang Dikuasai

Walaupun sebagai penulis freelance Anda harus menguasai berbagai jenis tulisan dari berbagai niche, tapi untuk langkah awal pilih dulu niche atau bidang tulisan yang Anda sukai dan kuasai dengan sepenuhnya.

Misalnya saja Anda menyukai bidang kuliner atau travelling, buat sebuah tulisan atau artikel dari pengalaman menjalani bidang tersebut atau buat sebuah review atau pengamatan sebuah makanan atau tempat dengan bahasa sendiri. Dalam tips menulis freelance, Anda harus menguasai semua bidang penulisan.

Oleh karena itu, perbaiki cara menulis Anda dari menulis bidang yang Anda kuasai tadi. Ketika memulai dengan niche yang lain, coba perhatikan lebih dulu jenis artikel lain sesuai dengan niche yang sedang Anda pelajari. Dengan begitu, Anda bisa tahu harus memulai darimana tulisan tidak dalam bidang yang Anda kuasai ini.

Mulai Dari Judul Unik

Jika Anda tidak percaya diri dengan tulisan Anda, pancing emosi menulis Anda dengan memulai membuat judul yang menarik. Apa yang ada dikepala sebagai sebuah judul dari tema yang terpilih, langsung Anda tuliskan.

Setelah tulisan selesai, masih ada kesempatan untuk memperbaiki. Namun, sesuai dengan tips menulis freelance jika Anda sudah terpancing dengan uniknya judul tersebut maka kata-kata akan mengalir begitu saja.

Bentuk Kerangka Terlebih Dulu

Bentuk Kerangka penulisan
Bentuk Kerangka Terlebih Dulu

Jika Anda memang bingung dalam membentuk sebuah tulisan secara langsung, mungkin ada baiknya untuk membuat sebuah draft atau kerangka tulisan. Fungsi dari kerangka tulisan adalah mengarahkan untuk menulis tahap per tahap.

Setelah kerangka selesai Anda bisa menggabungkannya menjadi sebuah kalimat dan paragraf hingga terbentuklah satu artikel. Ini merupakan dasar dari tips menulis freelance yang perlu Anda ketahui.

Buat dan Gunakan Heading

Heading merupakan sesuatu yang bisa membantu tulisan enak dibaca. Bahkan, dengan penggunaan heading bisa menjadikan sebuah pembeda bagi sebuah tulisan dari tulisan yang sedang dicontoh.

Dengan begitu, tidak akan terjadi plagiat pada artikel Anda. Menggunakan heading membuat pembaca tidak merasa lelah membacanya, juga tidak merasa ingin cepat-cepat pindah ke bacaan selanjutnya. Oleh karena itu, heading sangat bermanfaat pada artikel rewrite saja tapi juga artikel biasa.

Jangan Menulis Menggunakan Tools Spinner

Hal terakhir yang dapat dijadikan tips agar sebuah artikel tidak menjadi plagiat, adalah tidak menulis pada tools spinner. Karena, walaupun bisa mendapatkan artikel rewrite dengan menggunakan tools ini tapi pastinya artikel tersebut tidak akan menjadi artikel yang berkualitas.

Menggunakan Spinner membuat sebuah tulisan atau artikel menjadi kaku dan agak terdengar aneh, itulah mengapa artikel menjadi kurang bermutu.

Biasakan Memahami Bukan Mencontoh

penulisan kreatif
Biasakan Memahami Bukan Mencontoh

Dalam membuat sebuah artikel, jika Anda hendak melihat sebuah referensi tulisan pahami dengan benar isi dari artikel tersebut. Terutama jika Anda hendak membuat sebuah artikel rewrite, jangan biasakan mencontoh.

Karena akibatnya akan terbentuklah sebuah tulisan plagiat. Tapi jika Anda memahami dengan seksama apa maksud dari sebuah artikel, maka Anda bisa lancar menuliskan isi yang sama tapi dengan versi Anda sendiri. Ini baru tips menulis freelance yang benar.

Gunakan Blog Untuk Belajar

Sebagai seorang penulis freelance, coba Anda berlatih untuk menulis dalam sebuah blog. Dengan menjadi seorang blogger, pastinya Anda akan terlatih dalam menulis.

Selain itu, tips menulis freelance ini juga berlaku bagi para blogger. Karena blog merupakan wadah yang tepat sebagai ajang pembentukan tulisan yang baik, tanpa harus takut salah. Biarkan pembaca yang menilai, bagikan semua tulisan Anda pada banyak orang agar bisa dilihat.

Hindari Plagiarisme

Hal yang paling utama dan harus sangat diperhatikan dalam tips menulis kreatif ala freelance adalah menghindari plagiarism, caranya seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya. Yaitu, dengan membiasakan memahami dan bukan hanya mencontoh. Apalagi jika Anda sengaja melakukan plagiarism, artinya Anda sudah melanggar kode etik seorang penulis.

Apakah Anda sudah paham dengan tips-tips tersebut, jika sudah pastinya Anda bisa mengikuti teori tersebut dan menerapkannya pada artikel Anda. jika Anda mengikuti petunjuk tips menulis freelance dengan benar, bisa dipastikan Anda bisa menjadi seorang penulis freelance yang berkualitas.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top