Life

Dunia Kerja: Melihat Sisi Positif dari Sebuah Penolakan

melamar pekerjaan ditolak

Coba ingat, kapan terakhir kali Anda ditolak ketika melamar pekerjaan? Dan bagaimana reaksi Anda?

Reaksi pertama ketika ditolak pastinya merasa kecewa dan frustasi. Orang lebih cenderung menganggap penolakan tersebut terjadi karena ada yang salah dengan dirinya atau mereka tak cukup baik untuk pekerjaan tersebut. Keraguan dalam diri seseorang yang diakibatkan oleh penolakan tersebut dapat juga berpengaruh pada kepercayaan diri.

Oleh karena itu jika Anda tak ingin kehilangan kepercayaan diri Anda hanya karena beberapa kali ditolak ketika melamar pekerjaan, ada baiknya Anda pelajari apa yang dimaksud dengan penolakan tersebut, bahwa tak selamanya penolakan terjadi karena kesalahan Anda. Dengan begitu Anda dapat melihat sisi positif dari penolakan tersebut, penolakan tak lagi terasa menyakitkan dan Anda akan tetap menjadi orang percaya diri.

Penolakan dapat Terjadi Karena Adanya Perbedaan Pandangan

Kadang kala seorang pelamar pekerjaan tidak diterima karena tidak adanya kesamaan pandangan dengan si pemberi pekerjaan.  Sebagai contoh, Anda adalah seorang editor yang sangat ahli dalam bidang sosial media, tapi jangan heran kalau Anda ditolak ketika melamar posisi editor di sebuah penerbit koran tradisional. Dengan kata lain, tidak perduli seberapa ahlinya Anda jika melamar di tempat yang tidak tepat tetap akan ditolak.

Penolakan Terjadi Karena Ketidakpahaman

Berapa lama biasanya waktu interview? Paling lama adalah 30 menit, bagaimana seorang pewawancara akan memahami siapa diri Anda yang sebenarnya dalam waktu sesingkat itu. Ditambah lagi ketika Anda merasa gugup ketika diwawancari sehingga Anda tidak menjadi diri Anda sendiri.

Penolakan Tidak Selalu Tentang Ada Yang Salah dengan Diri Anda

Perlu diingat bahwa penolakan terjadi tidak selalu karena ada yang salah dengan diri Anda, bisa saja penolakan terjadi karena Anda justru terlalu baik untuk posisi tersebut. Tentu saja Anda akan ditolak bekerja sebagai resepsionis jika latar pendidikan Anda sudah sampai tahap master.

Dunia Kerja: Melihat Sisi Positif dari Sebuah Penolakan kerja

Penolakan Bisa Saja Merupakan Kesempatan Baik yang Tertunda

Dengan seringnya Anda ditolak maka Anda akan memiliki bahan pertimbangan tentang mengapa Anda ditolak, mungkin waktu yang kurang tepat, jenis pekerjaan yang sebenarnya tidak cocok untuk Anda, kesempatan yang Anda ambil secara serampangan. Sampai akhirnya Anda akan kaget sendiri bahwa ternyata penolakan tersebut terjadi karena Anda memang tidak cocok dengan pekerjaan-pekerjaan tersebut sampai akhirnya tiba kesempatan baik yang menghampiri Anda.

Penolakan Adalah Kesempatan Anda untuk Menikmati Hidup

Ketika Anda ditolak untuk kesekian kalinya, mungkin ini adalah saatnya bagi Anda untuk berhenti sejenak, menarik nafas panjang dan hanya menikmati hidup. Dari pada menghabiskan waktu bersedih hati dan merasa frustasi, lebih baik ambil kesempatan itu untuk berjalan-jalan, manfaatkan waktu yang ada untuk menonton film yang selalu saja gagal Anda tonton dan makan-makanan favorit Anda.

Dunia Kerja: Melihat Sisi Positif dari Sebuah Penolakan kerja

Belajar Dari Penolakan Tersebut

Penolakan juga memiliki manfaat dimana dari penolakan tersebut Anda dapat mengidentifikasi pekerjaan seperti apa yang paling cocok untuk Anda. Ketika Anda ditolak ketika melamar pekerjaan, mungkin saja jenis pekerjaan itu memang tidak cocok untuk Anda. Jika Anda melihat kembali kebelakang maka cobalah melamar jenis pekerjaan yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Perlu sekali untuk diingat bahwa penolakan tidak selalu tentang diri Anda yang kurang baik untuk pekerjaan tersebut atau ada yang salah dengan diri Anda. Jika Anda perhatian baik-baik, penolakan-penolakan tersebut adalah cara terbaik bagi Anda untuk menemukan pekerjaan yang paling tepat untuk Anda, suatu hari Anda akan menemukan satu pekerjaan yang sempurna, cocok  dan sesuai dengan minat, potensi dan keahlian yang Anda miliki.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top