Life

Meluapkan Emosi dan Mengurangi Stress Melalui Karya Seni

karya seni

Emosi dan stress saling berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut tersalurkan ke aktivitas yang berbau negative tentu sangat merugikan. Stress dan emosi pun bisa dialami siapa saja, jangankan orang dewasa, anak kecil hingga remaja juga bisa mengalaminya. Emosi dan stress juga disebabkan oleh banyak hal, bisa saja seorang anak kebanyakan beban belajar dan mengalami stress atau mungkin terlalu tertekan dengan peraturan. Emosi yang berlebih pun juga memicu terjadinya stress. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meluapkan emosi dan mengurangi stress yang di derita. Kalian bisa mencoba hal-hal yang berbau seni untuk meluapkan emosi dan mengurangi stress. Menumpahkan emosi pada karya seni mampu mengurangi stress dan menumbuhkan semangat baru kembali. Karya apa saja yang bisa kalian hasilkan ketika emosi meluap dan menyebabkan stress. Simak beberapa aktivitas yang menghasilkan karya dari sebuah luapan emosi sebagai berikut;

Menggambar atau Melukis

Menggambar maupun melukis merupakan salah satu aktivitas bahkan menjadi kegemaran oleh sebagian orang. Menghasilkan karya dua dimensi menjadi hal menarik karena bisa menyajikan karya seni secara visual yang dapat diminati banyak orang. Jangankan menggambar atau melukis yang menghasilkan karya bagus, mencoret-coret buku saja diyakini mampu mengurangi stress. Kalian pun juga bisa meluapkan emosi yang positif maupun emosi negative ke dalam karya seni tersebut. Selain berkarya untuk kebutuhan pribadi, kalian juga bisa menghasilkan rupiah jika sudah benar-benar expert dalam bisang menggambar maupun melukis tersebut. Emosi bahagia maupun sedih bisa sangat bermanfaat. Selain itu, mengurangi stress dengan melakukan aktivitas berbau seni amat menyenangkan.

Bermain musik maupun bernanyi

Kedua, merupakan aktivitas pilihan yang banyak diminati oleh kalangan remaja hingga dewasa. Bermain musik maupun bernyayi juga menjadi sarana tersendiri bagi mereka untuk meluapkan emosi dan mengurangi stress. Bahkan, diantara beberapa orang dewasa memiliki jadwal tersendiri untuk mengunjungi tempat karaoke hanya sekedar mengurangi stress. Hal tersebut juga mengasah keterampilan kalian dalam bermain musik maupun bernyanyi. Kemudian, jika kalian handal dalam bidang tersebut, kalian bisa menjadikannya sebagai hobby yang bermanfaat, semisal ngeband atau nyanyi di acara-acara tertentu. Menyukai musik dan dunia tarik suara juga memicu sebagian orang untuk berkreasi menciptakan lagu serta musiknya tersendiri. Emosi sedih maupun bahagia bisa jadi lagu yang ngehits didengar banyak orang, menyenangkan bukan. Lagipula zaman sudah canggih, publikasi lewat sosial media sangat membantu eksistensi akan karya kalian.

Menulis Puisi

Selanjutnya, setelah berkutat di dunia musik dan tarik suara, kalian yang memiliki bakan menulis dapat memanfaatkan hal tersebut. Meluapkan emosi dengan menulis puisi tentu hal yang menyenangkan bagi kalian. Ketika banyak tugas dan kalian merasa stress kalian juga bisa meluangkan sedikit waktu untuk berkarya dengan menulis puisi. Menulis puisi bukan saja belajar merangkai kata kias yang bermakna, namun juga melatih diri untuk berkarya. Karya yang bagus bisa kalian kirim ke media cetak maupun diikutsertakan lomba, kalian juga bisa membuat buku kumpulan puisi jika memang puisi kalian banyak dan sangat layak untuk dipublikasikan. Perasaan marah, kecewa, sedih maupun senang terluapkan dengan karya yang mampu diminati orang lain.

Menulis Cerita hingga Novel

Aktivitas penghasil karya seni yang terakhir masih berhubungan dengan dunia tulis menulis. Kali ini, karya tulis lebih panjang dari puisi yaitu cerpen maupun novel. Dengan menulis cerpen maupun novel, kalian juga lebih leluasa untuk meluapkan emosi. Banyak hal yang ingin kalian ceritakan, bisa kalian tuangkan dalam cerita tersebut. Kalian bisa menambah, mengurangi maupun menyamarkan hal-hal yang kalian alami dalam cerita tersebut. Hasil karya kalian bisa kalian simpan sebagai dokumentasi pribadi maupun bisa kalian publikasikan melalui media online maupun media cetak sehingga mampu menghibur orang lain. Setiap orang memiliki emosi dan tingkat stress masing-masing. Hal positif berbau seni dan mampu menghasilkan karya bisa menjadi alternative untuk mengatasi hal tersebut. Menghindari aktivitas yang mengarah ke perbuatan negative dan berdampak buruk membuat kehidupan lebih baik dan hati nyaman serta tingkat stress berkurang. Melalui karya seni pun mampu menjadi hiburan tersendiri bagi diri sendiri dan orang lain yang menikmatinya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top