Life

Kain Mikrofiber Disarankan Tidak Menggunakan Mesin Cuci Ketika Dibersihkan, Inilah Alasannya

Cuci Kain Mikrofiber


Mungkin kalian sudah pernah menggunakan salah satu kain yang biasa digunakan untuk membersihkan barang. Kain yang dimaksud adalah kain mikrofiber yang berasal dari bahan serat sintesis. Kain ini biasa digunakan untuk membersihkan debu pada barang, mencuci atau mengeringkan mobil hingga menerapkan wax pada mobil.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk membersihkan kain ini dibutuhkan perawatan yang ekstra dan sangat tidak disarankan menggunakan mesin cuci. Mengapa demikian? yuk intip penjelasannya di bawah ini.

Mencuci Kain Mikrofiber

Seperti yang dikatakan bahwa kain mikrofiber ini bisa dibilang salah satu kain yang membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra. Kain ini memiliki serat-serat yang berguna untuk memudahkan dalam membersihkan barang dari kotoran, debu maupun cairan.

Apabila kain ini dibersihkan dengan cara dicuci dan dikeringkan dengan menggunakan mesin cuci, maka diyakini dapat melelehkan serat pada kain.

Baca Juga : Mencuci Di Malam Hari? Lakukan Trik Ini Agar Baju Tetap Wangi Dan Tidak Apek

Selain itu, ketika mengeringkan kain dengan mesin cuci maka kain akan semakin lebih kotor karena serat-serat yang tertinggal dari pencucian sebelumnya bisa menempel pada kain mikrofiber.

Dengan demikian kain tersebut tidak akan efektif lagi ketika digunakan untuk membersihkan atau melap kotoran maupun debu pada barang.

Cara kerja Kain Mikrofiber

Agar kalian tidak mengalami kesalahan dalam mencuci kain ini, alangkah baiknya kalian memahami terlebih dahulu mengenai cara kerja dari kain mikrofiber itu.

Perlu diketahui bahwa serat yang dimiliki kain ini ini sangat berbeda dengan kain katun maupun nilon. Jika kain katun maupun nilon memiliki serat yang besar, maka kain mikrofiber ini memiliki serat yang kecil.

Dalam satu inci persegi kain mikrofiber terdapat sekitar 200.000 serat. Ketika menggunakan kain ini untuk membersihkan barang-barang, maka semua serat kecil yang ada di dalam kain itulah yang bertugas mengangkat dan menahan kotoran, debu dan cairan.

Kain ini sangat menyerap kotoran dibandingkan kain lain. Hal itu dikarenakan serat yang dimiliki kain ini bermuatan positif, sedangkan debu, kotoran, maupun cairan yang menempel di barang-barang bermuatan negatif.

Jadi, kain mikrofiber ini bisa diibaratkan magnet yang dapat dengan mudah menarik semua kotoran, debu maupun cairan pada barang. Setelah tertarik, segala debu, kotoran, dan cairan yang menempel pada kain akan hilang ketika kain tersebut dicuci.

Tips membersihkan

Agar keefektifan kain mikrofiber dalam membersihkan barang tidak hilang, maka harus dirawat dengan cara khusus terutama ketika mencuci dan mengeringkannya. Adapun tips yang bisa dilakukan dalam membersihkan kain mikrofiber agar tetap awet, sebagai berikut:

  • Cuci secara terpisah.
    Saat mencuci, jangan dicampur dengan bahan lain seperti baju maupun celana karena daya serap dari kain mikrofiber berbeda. Apabila kain ini dicampur dengan bahan lain, maka partikel dari bahan lain akan berisiko menempel
  • Pisahkan setiap kain sesuai dengan fungsi.
    Misalnya kain yang digunakan untuk membersihkan mobil, ya khusus untuk membersihkan. Jangan memakai kain yang sudah digunakan untuk fungsi lain sepert wax mobil. Usahakan pakailah kain mikrofiber yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing
  • Cuci menggunakan air setelah digunakan agar kondisinya tetap baik dan awet. Saat mencuci, sebaiknya gunakan air hangat saat merendam dan mencucinya.
  • Cuci dengan menggunakan tangan. Jangan gunakan mesin cuci.
  • Ketika mencuci kain mikrofiber boleh menggunakan detergen, namun gunakan yang bebas dari bahan pengisi dan adiktif. Akan tetapi, jangan gunakan pemutih, pewangi maupun pelembut. Ketiga hal tersebut bisa merusak struktur dari kain microfibernya.
  • Ketika memeras kain, jangan terlalu keras seperti yang dilakukan pada baju. Cukup peras dengan ringan saja agar serat kain tidak rusak
  • Usahakan jemur kain cukup dengan cara digantung. Tetapi, jangan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Meskipun hanya berupa selembar kain, namun kita sangat membutuhkan fungsi dari kain mikrofiber tersebut. Hal itu dikarenakan kain ini sangat mudah dalam membersihkan dan mengangkat kotoran, debu, maupun cairan yang menempel pada barang-barang. Untuk itu, jika kalian memiliki kain tersebut, usahakan untuk dirawat dengan baik agar kain itu awet sehingga kalian tidak akan bolak-balik membeli jika kain itu rusak.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top