Life

Mengalami Writer Block? Berikut 5 Cara Mencari Ide Buat Kamu Si Content Writer

cara mencari ide ketika sedang writer block

This post is also available in: English

Apa kabar kamu, si penulis konten? Selama pandemi ini ide menulisnya ngalir atau sering mengalami writer block? Suasana di rumah yang bosan terkadang menjadikanmu mati ide ya? Tak dapat dimungkiri hal itulah yang sering menjadi masalah bagi para content writer, yakni mencari ide tulisan. 

Sebenarnya menulis tidak boleh dipaksa. Sebab, misalnya dipaksa terus menerus, kreativitas seseorang dalam menulis bisa saja menurun. Namun, berbeda halnya untuk kamu yang memang berprofesi di bidang kepenulisan dan pembuatan konten. 

Mencari ide dan memberikan stimulus terhadap ide tersebut menjadi kebiasaan sehari-hari. Meskipun demikian, nyatanya menemukan ide cukup sulit jika kita sedang mengalami writer block atau kebuntuan ide. Akan tetapi, sobat tenang saja, di sini kami akan berbagi tips mencari ide bagi kamu si content writer yang sedang mengalami writer block. 

Telusuri Rak Buku dan Bacalah Buku 

Pertama, untuk mencari ide salah satu caranya dilakukan dengan membaca. Siapa yang tidak kenal aktivitas ini? Satu kegiatan yang sedari bangku sekolah sudah diperkenalkan, bahkan diminta untuk ketagihan dengan kegiatan tersebut. 

Nah membaca ini bisa menjadi jalan mendatangkan ide. Contohnya saja ketika kamu tidak sengaja menemukan topik tertentu dalam buku. Tiba-tiba kamu merasa topik tersebut menarik. Akhirnya kamu pun terdorong untuk mengetahui lebih dalam tentang topik yang dibahas. 

Di sini kamu mulai menelusuri bahasan apa saja yang dapat ditulis dari topik tadi. Nah mulai tercipta ide sebuah tulisan. Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menangkap ide tersebut lalu membuat outline tulisannya agar kamu tidak lupa bahasan apa yang ingin diangkat. Mantap!! 

Sosial media sebagai gudang mencari ide 

Siapa di sini yang tidak punya sosial media? Di zaman yang canggih dan serba digital saat ini, sosial media menjadi hal yang wajib kita punya. Contoh sederhananya saja, ketika kamu melamar pekerjaan, beberapa rekruiter menanyai sosial mediamu. Nah fungsi sosial media di sini bisa menjadi branding dirimu. 

Sementara itu, masih banyak fungsi sosial media lainnya, yang tentu harus kamu gunakan dengan bijak ya, sob! Nah hubungannya dengan mencari ide apa sih? Kamu tentu setiap hari melihat banyak sekali konten-konten yang diposting di sosial media. Dari konten tersebut tentu banyak jenis bahasan dan cara mengemasnya. 

Ketika kamu sedang buntu ide, kamu bisa mencari referensi topik dari sosial media tersebut. Misalnya ketika kamu menggunakan platform instagram, kamu bisa menggunakan hastag untuk memudah pencarian. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan trending topik di twiter jika memang relevan dengan tema bahasan dalam tulisanmu. Masih banyak lagi konten di sosial media yang bisa menjadi stimulus ide-ide kreatif. Cobain yuk! 

Bagikan pengalaman dan ilmu dari kursus online 

Kegiatan di rumah saja membuat diri kita banyak beradaptasi dengan media online. Mulai dari sekolah, kuliah, hingga bekerja, penggunaan platform online sudah sangat akrab dengan diri kita. 

Dalam media tersebut banyak pula ditawarkan kursus-kursus pengembangan diri. Di masa sekarang kursus online tersebut terlihat sangat menarik. Hal ini disebabkan oleh banyaknya instansi yang menyelenggarakan kursus secara gratis. Selain itu, karena sifatnya online, kita tidak perlu repot datang ke tempat kursus. 

Nah ilmu dari kursus online tersebut bisa kamu bagikan ulang melalui tulisan, sifatnya semacam notulensi, tetapi dikemas dengan bahasa interaktif. Nah coba deh tinjau kelas online apa saja yang sudah kamu ikuti dan review ulang materinya dalam bentuk tulisan.  Hal ini menjadi salah satu cara untuk mencari ide. Patut dicoba! 

Perhatikan hal-hal kecil dalam hidupmu 

Sepanjang kamu hidup, tentunya banyak pengalaman yang sudah kamu dapatkan. Bayangkan ketika kamu kecil, memasuki dunia sekolahan, berkuliah, atau dunia kerja, pasti banyak sekali pelajaran hidup yang kamu dapatkan. 

Meskipun dahulu mungkin kamu belum dapat mengambil hikmah atas kisah tersebut, tetapi coba cermati kembali. Hikmah sering kali dapat kita petik setelah kita berpikir. Melalui proses berpikir inilah kamu pun dapat menemukan ide konten. 

Coba perhatikan hal-hal kecil dalam hidupmu. Bisa juga seputar hobi atau alasan kamu melakukan sesuatu. Sepertinya topik itu juga menarik untuk dibahas. Dengan mengamati hal-hal di sekitar kita, harapannya itu bisa menjadi solusi ketika sedang mengalami kebuntuan ide. 

Oh ya, kamu juga bisa mendata ide-ide yang telah kamu temukan. Hitung-hitung sebagai cadangan ide yang bisa kamu gunakan ketika sedang mengalami writer block. Pada intinya, tangkap idenya dahulu, ikat dalam bentuk notes agar tidak lupa, kemudian kembangkan. Dengan begitu kamu juga bisa memilah ide mana yang kamu gunakan di waktu yang tepat. Hal ini bisa meningkatkan value konten kamu lho! 

Membahas topik lama dengan pembaruan topik atau tambahan bahasan 

Cara mencari ide yang terakhir adalah dengan mencoba menghubungkan topik-topik lama. Selama ini kamu pernah menulis apa saja? Coba lihat dan baca kembali tulisanmu. Biasanya setelah membaca tulisan pribadi, kamu akan merasa tulisan tersebut masih kurang. Akhirnya kamu bisa melakukan pengembangan kontennya. 

Artinya, kalau sedang bingung ide, baca kembali tulisanmu yang sebelumnya. Misalnya butuh diperdalam, kamu bisa memberikan kelanjutan topik tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencari topik baru yang masih relevan dengan topik sebelumnya. Coba perhatikan kata kunci yang kamu pakai, biasanya berhubungan satu sama lain. 

Nah itulah lima tips mencari ide untuk kamu si content writer. Ketika sedang mengalami kebuntuan ide atau writer block, coba terapkan sejumlah tips di atas yuk. Atau kalau kamu punya tips lain bisa sharing di kolom komentar ya! 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top