Life

Mengapa Kucing Sering Menggesekkan Bagian Tubuhnya?

Mengapa Kucing Sering Menggesekkan Bagian Tubuhnya?

Apabila diantara Anda ada pecinta kucing bahkan memeliharanya di rumah, Anda tahu pasti bahwa beberapa tingkah lucunya terlihat aneh dimata kita. Salah satu tingkah laku yang jamak mereka lakukan adalah menggesekkan bagian tubuh nya kearah kaki atau kepala Anda, ke arah saudara dan teman sesama kucing atau ke arah benda-benda yang berada di sekitarnya. Mungkin Anda sempat bertanya dalam hati apa sebenarnya maksud mereka melakukan itu. Tentunya bukan karena bagian pipi atau dagu mereka terasa gatal setiap saat. Sepintas tingkah mereka saat melakukan hal itu adalah mereka sedang menarik perhatian Anda, namun sebenarnya tanpa melakukan hal itu mereka sebenarnya sudah selalu membuat kita tertarik untuk mengelus, menggendong atau memeluk mereka. Jadi, sebenarnya untuk apa mereka melakukannya?

MENINGGALKAN JEJAK

Seekor kucing menggesekkan badan atau kepalanya pada sebuah benda, itu menandakan ia telah meng-klaim kehadirannya di wilayah tersebut. Menjadikan semacam jejak bagi kucing yang lain bahwa ia belum lama berada di tempat itu. Jejak yang masih cukup baru menunjukkan bahwa kucing yang lain harus segera meninggalkan tempat tersebut untuk menghindari konflik.

PEMBATASAN WILAYAH

Seperti layaknya anjing yang menandai wilayah mereka dengan cara buang air kecil di wilayah tertentu atau dengan menggali tanah, kucing menandai wilayah mereka dengan menggesekkan tubuh mereka pada benda atau tubuh manusia yang mereka pilih demi meninggalkan aroma mereka yang unik. Kucing juga kerapkali menandai wilayah mereka dengan air seni, namun biasanya dilakukan oleh kucing jantan.

Mengapa Kucing Sering Menggesekkan Bagian Tubuhnya?

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, Anda mungkin sering melihat mereka berjalan mengelilingi sebuah obyek lalu mengendus obyek tersebut kemudian melengkungkan tubuh mereka seraya menekan atau memijat obyek tersebut. Itu berarti kucing ingin memperkuat rasa diantara mereka bahwa mereka sepakat bersama membentuk sebuah kelompok yang erat. Tindakan kucing menekankan dan menggesekkan kepala mereka  pada wajah atau kaki Anda tiap kali masuk rumah, maka itu merupakan indikasi bahwa Anda di klaim oleh mereka sebagai anggota kelompok.

BERKOMUNIKASI

Kucing peliharaan Anda juga akan memberikan tanda bahwa mereka merasa lapar atau memohon untuk bermain keluar dengan cara menekankan kepalanya ke bagian tubuh Anda.  Jika ia menggesekkan tubuh ke kawan sesama kucing yang merupakan satu kelompok dengan mereka di depan Anda, maka bisa jadi si pus memberi tahu bahwa si kawan memerlukan perawatan.

TANDA KASIH SAYANG

Anda mungkin pernah memergoki kucing di rumah atau di tempat lain saling membenturkan kepala dengan lembut lalu bergesekan kepala antara mereka. Atau bisa juga itu dilakukannya terhadap Anda yang biasanya diikuti dengan suara dengkuran lembut khas kucing. Hal tersebut menunjukkan ia memiliki hubungan yang baik dengan sesamanya maupun dengan Anda.

MENINGGALKAN JEJAK AROMA

Kelenjar bau/aroma dapat ditemukan pada hampir semua bagian tubuh kucing termasuk dagu, kepala, bibir, keempat kaki, ekor dan bagian perutnya yang mengeluarkan zat kimia yang disebut dengan Pheromone. Ketika seekor kucing menekankan atau menggesekkan tubuhnya pada kucing yang lain atau Anda, ia meninggalkan Pheromone disana. Meskipun Anda tidak dapat mencium baunya, namun kucing lain akan mengenalinya.

Mengapa Kucing Sering Menggesekkan Bagian Tubuhnya?

Kucing selalu memilih benda atau bagian yang mencolok dan mudah dikenali saat akan meninggalkan baunya seperti misalnya kursi dengan kaki panjang, kaki sofa panjang atau sudut dinding. Jejak aroma yang ditinggalkan juga menunjukkan jenis kelamin kucing. Kucing jantan lebih sering melakukannya daripada kucing betina.

SEBAGAI SINYAL ASMARA

Meninggalkan jejak dan menggesekkan badan pada sesuatu pada masa kawin dapat diartikan mereka mengirimkan sinyal asmara kepada lawan jenisnya. Dalam konteks ini, kucing jantan rajin memeriksa tanda-tanda yang ditinggalkan oleh kucing betina.

UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI

Kadangkala seekor kucing melakukan hal ini untuk lebih dapat memahami lingkungan di sekitarnya juga untuk mengenal identitas kucing yang lain atau manusia yang asing baginya. Menggesekkan kepala dengan kucing yang lain juga bisa menjadi simbol pemberian salam. Bagi kucing liar, perilaku ini juga untuk menunjukkan kesetiaan mereka terhadap kelompoknya.

MENENANGKAN DIRI

Tanda bau yang ditinggalkan seekor kucing juga dapat berarti bahwa ia berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang belum terlalu dikenalnya dimana ia merasa kurang nyaman. Tatkala pheromone yang dikirimkannya mengandung elemen sintetis maka itu menandakan ia merasa gugup, merasa tertekan dan berusaha untuk menenangkan diri. Tanda bau tidak bertahan lama sehingga mereka harus memperbarui tanda tersebut.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top