Life

Mengenal Bipang Ambawang Yang Viral Karena Disebut Jokowi

Mengenal Bipang Ambawang Yang Viral Karena Disebut Jokowi

Bipang Ambawang mendadak viral setelah dipromosikan Presiden Joko Widodo dalam sebuah video. Diketahui, Bipang Ambawang adalah sebuah merek usaha kuliner merupakan olahan babi khas Kalimantan Barat.

Bipang bukan saja babi panggang, tapi juga ada kue bipang yang terbuat dari bahan baku beras. Walau demikian, bipang yang disebutkan oleh Presiden Jokowi disebut adalah bipang yang merujuk pada babi panggang.

Mengutip dari dokumen berita resmi merek Seri-A 01 September 2021, merek kuliner ini pertama kali didaftarkan pada 26 Agustus 2020 atas nama pemohon Juniarto. Merek kuliner ini sendiri menjual aneka makanan yang terbuat dari babi, mulai dari daging babi asap, lemak babi, irisan daging babi, babi putar, hingga makanan ringan dari daging babi.

Namun selain olahan dari babi, ada pula makanan lain seperti keripik sayuran, keripik kentang, makanan ringan dari daging sapi hingga kacang-kacangan. Sementara itu, Fadjroel Rachman, Juru Bicara Kepresidenan mengunggah foto bipang kue beras di akun Instagram-nya. Ia menulis dalam kolom keterangan kalau bipang merupakan kue beras favoritnya.

“Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan favorit saya sejak kecil sampai sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini hits hingga sekarang. Terima kasih~,” tulis Fadjroel.

Bipang Ambawang Jadi Viral Karena Disebut Jokowi Dalam Pidatonya

Potongan video Presiden Joko Widodo soal Bipang Ambawang diunggah oleh akun Twitter bernama @BossTemlen dan telah di-retweet ribuan kali. Narasi pada caption video itu mempertanyakan mengapa Presiden Jokowi mempromosikan Bipang Ambawang saat momen Lebaran. Bipang ini dinarasikan sebagai babi panggang yang tidak boleh dikonsumsi alias haram bagi umat Islam. Walaupun memang ada pula bipang yang terbuat dari beras.

Video yang beredar di Twitter itu adalah potongan dari video pidato Jokowi yang diunggah oleh chanel YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021 lalu. Video berjudul ’05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia’ itu menampilkan acara peringatan bangga dengan produk Indonesia.

Selain Presiden RI, turut hadir pula sejumlah menteri dalam video tersebut. awalnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa pemerintah saat ini melarang mudik Lebaran.

“Bapak Ibu dan Saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Tapi, karena masih dalam kondisi pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama,” tutur Jokowi dalam video.

Lihat Juga: Deretan Makanan Khas Bali Yang Wajib Ada Saat Perayaan Nyepi

Presiden kemudian mengimbau masyarakat untuk memesan kuliner khas dari daerah secara online. Salah satu yang disebutnya adalah Bipang Ambawang yang diketahui merupakan olahan babi panggang ala Kalimantan Barat.

“Untuk Bapak Ibu dan Saudara-saudara yang kangen makanan khas daerah atau biasanya mudik membawa oleh-oleh, tak perlu ragu untuk memesannya secara daring. Yang kangen gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan, dll tinggal pesan. Dan makanan favorit bakal diantar hingga ke rumah,” kata Jokowi.

To Top