Life

Menghadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan

Dimanapun kita bekerja akan selalu ada rekan kerja merasa dirinya paling hebat dan selalu menjadi perhatian atasan dan karena itu mereka seringkali bersikap menyebalkan dan tidak jarang mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan hati. Bukan hanya itu saja, bahkan ada diantara mereka yang berusaha agar rekan kerjanya yang lain terpuruk atau gagal dalam menjalankan tugasnya. Sayangnya, kita tidak bisa mengabaikan kehadiran orang-orang seperti mereka. Bahkan jika kita pindah tempat kerja sekalipun, kita selalu akan bertemu dengan orang-orang semacam ini. Sayangnya lagi, kita tidak bisa mengubah sikap mereka. Satu hal yang dapat kita lakukan adalah : mengubah sikap kita terhadap mereka. Temukan lah cara terbaik untuk menghadapi mereka. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi tips bagi kita untuk menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

PENGENDALIAN DIRI

Meskipun sikap rekan kerja sangat mengganggu, jangan sampai hal ini membuat kerja Anda jadi terhambat. Cara terbaik dalam menghadapainya adalah berusaha untuk tetap bersikap tenang dan menanggapinya dengan kepala dingin serta jangan bereaksi negatif. Jika perlu, coba menghindar sejenak dan tarik napas panjang beberapa kali untuk menenangkan diri. Jika Anda tetap dapat mengontrol diri, maka yakinlah bahwa situasi akan dapat lebih dikendalikan. Jika sikap mereka tidak mempengaruhi Anda, maka mereka akan mundur teratur dan malas berurusan dengan Anda.

BERTERUS TERANG

Jika sikap mereka sudah sangat mengganggu sebaiknya Anda berterus terang kepada mereka. Ajak mereka keluar ruang kerja menuju kafetaria kantor atau tempat lain yang tidak mengganggu situasi kerja dan tidak membuat keributan. Ajak mereka bicara empat mata dan berterus teranglah. Hal ini diharapkan dapat membuat mereka mengerti sikap kita terhadap perilaku mereka.

TENTUKAN BATASAN

Saat Anda bergabung untuk berkerja pada suatu perusahaan, sebaiknya Anda benar-benar mengetahui apa saja hak Anda sebagai karyawan. Pastikan bahwa tidak ada yang melanggar. Jika perlu suarakan mengenai hal ini untuk memastikan tidak ada yang akan mendekati Anda jika hanya untuk menjadikan Anda sebagai martir dan korban bullying di kantor. Kemukakan dengan cara yang baik kepada rekan kerja yang menyebalkan agar tidak mengajak Anda berbicara terkecuali untuk masalah pekerjaan saja.

FOKUS

Dengan status Anda sebagai karyawan, sebaiknya Anda hanya berfokus pada pekerjaan Anda dan kinerja perusahaan saja, sehingga tidak perlu untuk terlalu perduli pada tingkah laku rekan kerja yang menyebalkan. Mengalihkan perhatian dari perilaku tidak menyenangkan dari rekan sekantor dan lebih berkonsentrasi pada pekerjaan membuat Anda berpaling dan makin tidak terganggu dengan tingkah laku mereka.

PINDAH BAGIAN

Apabila segala usaha di atas telah dilakukan dan ternyata kurang berhasil sampai pada batas dimana sikap mereka membuat pekerjaan dan kinerja Anda terganggu, maka sebaiknya Anda berpikir untuk pindah bagian. Sebuah perusahaan biasanya memiliki beberapa departemen atau bagian. Ajukan permintaan untuk pindah bagian kepada atasan Anda.

BERSIKAP BAIK

Meskipun mereka bertingkah laku kurang menyenangkan, usahakan untuk selalu bersikap baik kepada mereka. Berbagilah makanan atau sapalah mereka sesekali. Dengan menjaga hubungan baik dengan mereka, maka  diharapkan mereka tidak akan mengganggu kita, selain juga membuat lingkungan kerja memiliki atmostfer yang lebih sehat. Hal ini juga dapat membantu diri kita sendiri untuk lebih tenang.

CURHAT DENGAN SAHABAT

Jika Anda merasa sikap rekan kerja begitu menyebalkan sehingga membuat dada Anda sesak, ada baiknya Anda mencurahkan perasaan ini kepada orang terdekat atau sahabat yang bukan merupakan salah satu karyawan tempat Anda bekerja. Seringkali saran dari pihak diluar lingkungan kerja Anda dapat membantu. Sebaiknya tidak membicarakan hal seperti ini kepada orang sekantor, karena hal ini bisa menjadi boomerang untuk Anda dan membuat reputasi Anda buruk. Bahkan bisa jadi Anda akan di cap sebagai karyawan yang memiliki sikap negatif.

TIDAK ADA YANG SEMPURNA

Tidak ada orang yang sempurna. Jika Anda melihat seseorang di tempat kerja Anda sedemikian menyebalkan, cobalah untuk sejenak berkaca pada diri sendiri. Siapa tahu sikap Anda juga terkadang kurang menyenangkan bagi orang lain. Tenangkan diri Anda, input ke dalam diri Anda beberapa elemen positif seperti sikap sabar, kerendahan hati dan profesionalisme. Hal ini bukan hanya akan banyak membantu Anda dalam mengatasi sikap buruk rekan kerja kita namun juga dapat membuat situasi di tempat kerja menjadi lebih kondusif serta tentu saja membuat diri kita sendiri lebih baik dari sebelumnya.

MINAT YANG SAMA

Bisa saja ada beberapa rekan kerja yang menurut Anda menyebalkan, namun bukan berarti mereka tidak memiliki minat, hobi atau kesukaan yang sama dengan kita. Jika kita menemukan kesamaan minat tersebut, cobalah untuk membuka pembicaraan dengan mereka terkait hal tersebut. Jika beruntung, maka hal ini akan membuat situasi menjadi lebih baik diantara Anda dan mereka.

GOSSIP DI LINGKUNGAN KANTOR

Sudah menjadi hal yang jamak jika di lingkungan kerja, kita selalu dapat menemukan orang-orang berkelompok dan bergosip. Bahkan seringkali terdapat beberapa grup penggosip. Jika Anda merupakan salah satu diantara mereka, maka jelas pekerjaan Anda akan terganggu, namun jika Anda bukan merupakan bagian dari mereka, maka biasanya Anda akan menjadi salah satu topik pembicaraan mereka. Buah simalakama. Sikap yang bisa jadi terbaik adalah : tidak perlu memperdulikan mereka dan apapun yang mereka lakukan.

BERSIKAP POSITIF

Bisa jadi rekan kerja yang menurut Anda menyebalkan tidak menyadari bahwa mereka menyebalkan bagi Anda atau tidak mengetahui bahwa sikap mereka memberikan efek buruk pada yang lain. Bersikap positif lah untuk kepentingan diri Anda sendiri. Ada baiknya jika sikap mereka tidak terlalu diambil hati. Terlalu memperdulikan mereka akan merugikan diri Anda sendiri.

BICARAKAN MASALAH SECARA UMUM

Jika sikap rekan kerja yang menurut Anda menyebalkan telah memasuki area pekerjaan Anda, dan tidak mampu Anda kemukakan langsung kepadanya, maka Anda dapat mengemukakan permasalahan Anda pada forum yang lebih resmi misalnya saat meeting atau briefing, namun dengan pengungkapan yang lebih umum, tanpa secara spesifik menyebutkan nama rekan kerja Anda.

BERBICARA DENGAN ATASAN

Jika perilaku rekan kerja yang menyebalkan ini menurut Anda telah keterlaluan dan sudah terlalu dalam memasuki area pekerjaan dan sangat mempengaruhi kinerja Anda, membicarakannya dengan atasan mungkin salah satu pilihan yang tepat. Meminta saran sekaligus mencari solusi dengan seseorang yang jabatan profesionalnya berada di level yang lebih tinggi dari pada Anda dan rekan kerja bisa jadi merupakan jalan keluar terbaik. Atasan dapat mempertemukan Anda dengan rekan kerja Anda tersebut untuk mencari jalan keluarnya.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top