Life

Menghadapi Si Munafik

Pada dasarnya kita, manusia, adalah makhluk sosial. Adalah sebuah kecenderungan yang wajar apabila kita selalu ingin berada di tengah manusia lain seperti teman-teman kita, dimana kita dapat berbagi pengalaman dan rasa. Namun bagaimanapun, kita pun menyadari bahwa tidak semua kawan yang kita kenal adalah orang yang selalu jujur atau apa adanya di hadapan kita, selalu saja ada orang yang penuh kepura-puraan di sekitar kita, tingkah lakunya seringkali berlebihan atau aneh menurut kita dan membuat tidak ingin berlama-lama berada diantara mereka. Rasanya hidup memang akan lebih baik jika kita dapat menghalau segala hal negatif dan orang-orang munafik di sekitar kita ini. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita menilik beberapa trik yang dapat memungkinkan kita menghindar atau bahwa menghalau para pecinta kepalsuan dan segala unsur negatif yang mereka bawa.

Hindari Si Munafik Dan Batasi Interaksi Anda Dengan Mereka

Apabila Anda menjumpai seseorang yang sangat mengganggu dan mengecewakan Anda karena sikapnya yang penuh kepalsuan, sebisa mungkin hindari pertemuan atau komunikasi dengannya. Membatasi waktu interaksi dengan orang seperti ini akan lebih meringankan dan Anda tidak akan terbawa oleh segala kepalsuannya dengan menjadikan diri Anda sebagai ‘korban’. Namun ada saatnya Anda tidak dapat menghindar untuk bertemu dengannya, misalnya dalam acara arisan, reuni atau saat terlibat dalam project dan kepanitiaan bersama. Anda harus tetap sopan dan menjadi hubungan baik dengannya, serta sebaiknya tidak bersikap kasar pada mereka, hanya saja perkecil porsi untuk berinteraksi dengan mereka.

Tidak Bereaksi Berlebihan Terhadap Perilaku Munafik

Kendali diri akan lebih Anda perlukan disaat berhadapan dengan orang munafik dan penuh kepalsuan. Alih-alih ‘meledak’ di depan orang tersebut, cobalah untuk mengendalikan emosi untuk menghindari akibat yang lebih buruk. Terkecuali jika ia telah berperilaku diluar batas, maka silahkan untuk menegurnya dengan tetap berusaha untuk menjaga emosi. Menegurnya akan membuat ia mengerti bahwa Anda tidak menyukai sikapnya, dengan harapan ia akan lebih segan berurusan dengan Anda.

Utarakan Terkait Kepalsuannya

Menghadapi orang munafik yang memiliki keterikatan hubungan emosional dengan kita memerlukan strategi yang berbeda. Akan lebih sulit jika kita harus menghindari orang dekat dalam lingkungan kita. Sebaiknya ajak ia bicara terkait sikapnya yang berubah menjadi penuh kepalsuan. Mungkin ia akan bersikap defensive dan menolak mengakuinya, namun di sisi lain siapa tahu dengan cara ini kita justru dapat membantunya agar tidak terlalu jauh bersikap munafik. Siapa tahu ia memang sedang menghadapi masalah sehingga sikapnya berbeda dari yang biasa Anda kenal.

Mencari Akar Permasalahan

Masih berkaitan dengan materi sebelumnya, jika yang tiba-tiba menjadi munafik adalah orang yang dekat dengan Anda, maka mencari akar permasalahannya adalah salah satu cara yang baik. Berusahalah untuk berkomunikasi dengannya dan giring menuju arah perubahan sikapnya. Tetaplah sopan dan tidak menyinggung perasaannya.

Mempertimbangkan Perlunya Konseling Atau Peringatan

Jika sikap kepalsuan orang terdekat Anda  sudah melebihi batas, ada baiknya jika Anda campur tangan lebih jauh. Katakanlah jika Anda menemukan ia terlibat masalah keuangan, beri peringatan padanya agar ia tidak bertindak terlalu jauh sehingga justru merugikan dirinya. Jika perlu, sarankan secara perlahan padanya mengenai pertimbangan perlunya konseling.

Curhat Pada Sahabat

Jika yang bersikap penuh kepalsuan adalah salah satu sahabat Anda, ada baiknya Anda tidak menghadapinya seorang diri. Curahkan permasalahan ini kepada sahabat yang lain karena siapa tahu mereka pun merasakan hal yang sama. Diskusikan bersama sahabat di saat si munafik tidak ada bersama Anda. Dengan cara ini bisa jadi Anda bersama sahabat bisa saling bertukar informasi sehingga kalian dapat menemukan penyebab dari perubahan sikap si munafik dan dapat memahami situasinya dengan lebih baik. Setelah itu, bersama-sama kalian dapat memikirkan solusinya.

Menganalisa Perilaku Munafik

Pada saat Anda merasakan keraguan mengenai ketulusan sikap dari orang yang dekat dengan Anda, cobalah membuat sebuah penilaian perilaku. Jika ia menjadi kurang perduli pada cita-cita dan prestasi Anda, bisa jadi memang ada yang tidak beres. Begitu juga jika Anda tiba-tiba merasa asing berada di dekatnya, bisa jadi Anda tengah terjebak pada hubungan yang penuh kepalsuan. Segera atasi hal ini atau sebaliknya segera ambil keputusan untuk mengakhirinya.

Berhenti Bercerita Tentang Rahasia Hidup Anda

Begitu Anda merasakan adanya indikasi sebuah kepalsuan yang datang dari orang terdekat sebaiknya Anda berhenti untuk membagi cerita terutama rahasia hidup Anda padanya. Jangan terlalu drastis dalam merubah kebiasaan sehingga ia menyadari Anda kurang mempercayainya lagi. Apabila pada masa Anda mulai jarang terbuka padanya kemudian ia berusaha mengorek informasi tentang Anda dari kawan yang lain, itu berarti ia benar telah menjadi seorang yang penuh kepalsuan.

Meniru Tingkah Laku Si Munafik Di Depannya

Ini adalah salah satu cara yang jitu untuk menghadapi si munafik. Disaat si munafik mulai menunjukkan perilakunya yang menyebalkan, coba tiru segala tingkahnya sehingga Anda benar-benar mirip dengannya dengan versi Anda. Disaat ia mulai menyadari bahwa segala kata dan senyum palsunya Anda tiru, ia akan terheran-heran. Hal ini akan mengejutkan baginya.

Tunjukkan Penghargaan Anda Pada Kejujuran

Tunjukkan di depan orang yang Anda anggap munafik bahwa Anda sangat menghargai sebuah kejujuran dan sangat senang jika dikelilingi orang yang sangat menghargai kejujuran pula. Sering-seringlah menunjukkan hal seperti ini sampai ia menjadi gerah dan menghindari Anda atau justru menjadi lebih baik dan tidak lagi bertingkah munafik.

Menunjukkan Kepalsuan Mereka

Jika memang Anda berniat untuk merubah sikapnya atau paling tidak untuk menunjukkan bahwa Anda mengetahui bahwa sikapnya palsu, coba perhatikan hal-hal kurang pas yang ia ungkapkan tiap kali ia berkomunikasi dengan Anda. Begitu ia selesai berbicara coba ucapkan kembali apa hal palsu yang ia ungkapkan sebelumnya dan katakana padanya bahwa hal itu tidak benar. Bisa jadi ia akan bereaksi emosional, karena itu tetaplah tenang.

Mencari Kawan Baru

Memang sulit untuk menerima bahwa sahabat dekat kita kini telah berubah menjadi seseorang yang penuh dengan kepalsuan. Hal ini bisa jadi membuat Anda meragukan sebuah persahabatan. Harus Anda tahu bahwa walaupun Anda saat ini sedang dihadapkan dengan seorang sahabat yang munafik bukan berarti Anda tidak akan pernah menemukan seorang sahabat sejati. Tetaplah membuka diri dan banyak berteman dengan orang. Tetaplah berpikir positif karena pikiran itulah yang akan menarik berbagai hal positif kepada Anda, termasuk seorang teman sejati. Lupakan sahabat Anda yang munafik tersebut.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top