Life

Mereka Yang Bertahun Hilang Secara Misterius

Kasus orang hilang sebenarnya berbilang banyaknya terjadi di dunia. Mereka raib dikarenakan banyak hal. Bisa saja karena kasus penculikan, pembunuhan, sengaja pergi dari rumah atau mengalami kecelakaan. Ada yang setelah bertahun-tahun belum terungkap, ada pula yang menemukan titik terang. Diantara banyaknya kasus orang hilang di dunia ini, terdapat beberapa kasus yang sangat fenomenal sehingga perhatian dunia sempat tertuju padanya. Mereka menghilang secara misterius dimana bahkan hingga saat ini, setelah puluhan tahun lamanya, yang tersisa hanyalah teori-teori mengenai sebab hilangnya mereka, atau dimana mereka sekarang. Berikut ini adalah 6 orang yang hilang secara misterius di dunia

John Cabot (1499)

Ia merupakan seorang penjelajah asal Italia, dan Jhon Cabot ini merupakan warga Eropa kedua kedua yang menjejakkan kakinya di ranah Amerika pada tahun 1497. Cabot dikabarkan menghilang bersama dengan lima buah kapal yang menyertai ekspedisinya kala itu dalam usaha menemukan rute dari Eropa menuju ke Asia. Kejadian ini berlangsung pada tahun 1499, dan tentunya pada saat itu belum ada tim penyelamat pantai serta belum ada Global Positioning System (GPS) yang membantu mereka. Namun satu hal yang luar biasa adalah, lima kapal tersebut hilang tak berbekas. Biasanya jika kapal karam atau dibajak, maka cepat atau lambat kapal tersebut atau paling tidak bagian-bagiannya akan ditemukan. Namun, yang kali ini, lima kapal dan kesemuanya lenyap tak berbekas. Teori yang paling mungkin adalah bahwa kapal-kapal tersebut  terjebak dalam badai hebat sehingga terhantam badai hingga hancur berkeping-keping.

Glenn Miller (1944)

Pria kelahiran Clarinda, Iowa ini adalah musisi kondang serta merupakan pimpinan dari sebuah band Jazz terkemuka Amerika. Glenn Miller dilaporkan menghilang secara misterius tatkala melakukan perjalanan ke Paris dalam rangka menghibur tentara Amerika di Perancis pada Perang Dunia II, juga untuk merayakan bebasnya Paris dari cengkeraman pengaruh Nazi Jerman. Tidak banyak pihak yang mengetahui tentang hal ini karena pada hari yang sama perhatian public tertuju pada Jerman yang melancarkan serangan ofensif yang kemudian dikenal dengan pertempuran Bulge, dan langsung membajiri pemberitaan di mesia kala itu. Tidak pernah ada yang tahu pasti apa sebenarnya yang terjadi dengan pesawat bermesin tunggal yang ditumpangi Miller tatkala melintas di atas Selat Channel yang memisahkan negara Inggris dengan Perancis. Miller dan pesawatnya hilang tanpa bekas. Terdapat spekulasi yang menyebutkan bahwa pesawat Miller ditembak jatuh oleh pesawat fighter dari pihak Jerman. Spekulasi kedua adalah pesawatnya terkena percikan ledakan dari sebuah bom yang dijatuhkan pihak Inggris dalam perjalanan pulang kembali usai misi pemboman yang dibatalkan, dimana pesawat tidak dapat mendarat dengan membawa sebuah bom, maka karena misi batal, bom dilepaskan ke laut. Yang pasti, penyebab menghilangnya Miller, hingga kini masih merupakan misteri.

Amelia Earhart (1937)

Namanya begitu dikenal justru terutama setelah ia menghilang dengan misterius. Dapat dikatakan, kasusnya merupakan kasus orang hilang yang paling dikenal di dunia terutama karena melibatkan teori terkait kawasan Segitiga Bermuda. Penerbang wanita ini, beserta dengan navigatornya yang bernama Fred Noonan hilang secara misterius di tengah misi mengelilingi dunia dimulai dari New Guinea menuju sebuah pulau kecil bernama Howlands. Penjelasan logis dari kasus ini adalah mereka tersesat lalu kehabisan bahan bakar sehingga kondisi ini memaksa mereka untuk melakukan pendaratan di laut, dan ini berakibat fatal bagi sebuah pesawat Lockheed bermesin ganda yang dikemudikan Earhart. Spekulasi mengenai kasus ini kemudian menjadi ramai. Yang paling menghebohkan adalah Earhart dan pesawatnya menjadi korban Segitiga Bermuda. Namun masih ada beberapa pendapat lain. Terdapat klaim dari seseorang bahwa Earhart tertangkap tentara Jepang pada saat melintas kepulauan Marshal dalam sebuah misi rahasia yang dititahkan presiden Roosevelt. Ada pula teori yang menyatakan bahwa ia terdampar pada sebuah pulau di samudera Pasifik, serta ada pula yang mengatakan bahwa ia masih hidup hingga tahun 1970 setelah entah dengan cara apa berhasil kembali ke Amerika dan hidup dengan identitas baru. Namun yang pasti, Earhart, navigator dan pesawatnya sampai saat ini sama sekali tidak meninggalkan jejak sama sekali.

Raoul Wallenberg (1945)

Raoul Gustaf Wallenberg adalah seorang arsitek, penguasaha, diplomat dan seorang humanis asal Swedia. Ia dikenal karena keberaniannya karena telah menyelamatkan sekitar 20.000 warga Yahudi Hongaria pada masa Perang Dunia II. Sayangnya kemudian ia tertangkap atas tuduhan spionase oleh tentara Uni Sovyet di Hongaria seusai PD II, dan sejak saat itu, nasib dan keberadaan dirinya menjadi misteri.  Meski demikian terdapat orang yang memberikan kesaksian terkait penampakan dirinya. Bahkan penampakan terakhir menurut saksi mata tercatat pada tahun 80-an. Pada tahun 2001 terbentuklah tim panel Swedia dan Rusia yang bertugas untuk melakukan penelitian mengenai dirinya selama 10 tahun lamanya. Disimpulkan bahwa kemungkinan besar Wallenberg telah wafat karena dieksekusi oleh tentara Uni Sovyet pada tahun 1947, namun tidak ada bukti kuat yang mendukung kesimpulan tersebut hingga saat ini.

Harold Holt (1967)

Sebelum ia menghilang, Harold Edward Holt merupakan Perdana Menteri Austalia. Pada Minggu pagi di bulan Desember 1967 ia berenang di Cheviot Beach, Victoria dan sejak saat itu menghilang secara misterius. Tentu saja kemudian dilakukan pencarian besar-besaran yang merupakan misi penyelamatan terbesar yang pernah dilakukan di Australia, namun sayang jasadnya tidak berhasil diketemukan hingga saat ini. Sejak saat itu, mulailah timbul rumor terkait dengan hilangnya Holt. Diantaranya adalah bahwa ia sengaja memalsukan kematiannya untuk melarikan diri dan hidup bersama istri simpanannya. Yang lain mengatakan ia bunuh diri, dan menyangkutkannya dengan kisah legenda urban tertentu. Juga terdapat rumor ia diculik oleh kapal selam Tiongkok atau diculik alien lalu langsung diterbangkan menggunakan UFO. Yang pasti adalah pada saat peristiwa itu terjadi, kondisi fisik Holt dalam keadaan fit. Bisa saja ia terbawa arus yang sedemikian kuat di lokasi pantai tersebut, namun kasus raibnya Holt masih tetap menjadi misteri.

DB Cooper (1971)

Kasus yang satu ini dapat dikatakan merupakan kasus yang unik jika tidak mau dibilang aneh, terutama di dunia penerbangan dan kriminalitas. Terdapatlah seseorang yang disebut sebagai DB Cooper membajak sebuah pesawat Boeing 727 di angkasa Washington DC pada 24 November 1971.  Setelah ia mendapatkan uang tebusan yang diminta sebesar 200.000 USD atau 1 juta dollar jika dihitung pada kurs saat ini dari pihak yang berwenang, secara mengejutkan ia kemudian terjun melompat menggunakan parasut dari pesawat dari ketinggian 10.000 kaki dan semenjak itu tidak terdengar lagi kabarnya. Pencarian besar-besaran telah dilakukan melibatkan seribu tentara, kapal selam, pesawat mata-mata gagal menemukan petunjuk. Berbilang skenario serta dugaan mengenai siapa sesungguhnya dirinya dan apa yang terjadi padanya bermunculan dan kisah sesungguhnya tetap tidak terkuak. Hingga kemudian pada tahun 1980, seorang anak yang tengah asyik bermain di tepian sungai Columbia menemukan tumpukan uang dollar yang tertimbun lumpur. Dari sini disimpulkan DB Cooper kemungkinan tewas dalam aksi terjunnya tersebut. Namun, uang yang ditemukan si anak hanya kira-kira berjumlah 5000 USD saja. Keberadaan DB Cooper beserta sisa uang yang lain masih menjadi misteri hingga kini. Pihak FBI hingga tahun 2016  tetap mengadakan penyelidikan, pada saat DB Cooper saat itu diperkirakan telah berusia 90 tahun jika masih hidup

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top