Life

Mitos Menyeramkan dan Unik Masyarakat Jawa

Kata mitos memiliki artian yang luas. Mitos bisa berarti cerita yang berlatar belakang masa lampau ataupun kepercayaan yang berhubungan dengan peristiwa gaib. Mitos belum tentu akan kebenarannya. Namun, beberapa orang tetap meyakini hal tersebut terutama masyarakat jawa. Di Jawa banyak sekali peristiwa atau praduga yang dianggap sebagai mitos.

Beberapa hal yang diyakini mitos dijadikan pertanda terjadinya sesuatu. Di tempat kalian apakah masih mempercayai mitos berikut? Biasanya mitos akan turun temurun dipercayai. Simak mitos yang masih diyakini terutama beberapa daerah di Jawa Tengah berikut;

Ayam Jago Berkokok di Tengah Malam

Mitos yang satu ini masih menjadi suatu patokan dibeberapa daerah. Yakni, jika mendengar ayam jantan yang berkokok ditengah malam diyakini sebagai pertanda ada perawan hamil. Apalagi jaman sekarang banyak kejadian hamil diluar nikah. Terkadang mitos tersebut menjadi benar.

Bau Singkong Bakar

Yang satu ini sedikit menyeramkan. Ketika kalian mencium bau singkong yang dibakar, padahal tidak ada yang membakar singkong. Hal itu diyakini sebagai pertanda adanya makhluk halus yang disebut genderuwo. Di film-film horror genderuwo digambarkan sebagai makhluk halus berwarna hitam, tinggi, besar dan memiliki rambut yang rewo-rewo (panjang dan berantakan).

Suara Burung Gagak

Selanjutnya pertanda yang sering diikutsertakn dalam beberapa serial di televisi yakni suara burung gagak. Suara burung gagak diyakini sebagai pertanda adanya musibah yang akan datang. Selain itu, beberapa orang juga menganggap akan ada orang yang meninggal.

Kicauan Burung Prenjak Di Atas Genteng

Selain burung gagak, yang dijadikan sebagai simbol atau pertanda lainnya yaitu burung prenjak. Burung prenjak yang kicauannya nyaring menjadi pertanda bahwa akan ada tamu yang datang. Biasanya burung prenjak akan berkicau di atas genteng dan tidak hanya satu ekor saja.

Suara Tokek Berjumlah Ganjil

Suara tokek juga menjadi mitos. Terkadang anak muda menjadikan hal tersebut sebagai bahan candaan untuk menakuti temannya. Suara tokek tidak hanya sekali tersebut dihitung untuk menentukan jumlahnya. Jika jumlahnya ganjil berarti terdapat makhluk halus di sekitar lingkungan tersebut atau sering juga diyakini sebagai tokek jadi-jadian.

Kejatuhan Cicak

Terakhir, hampir menyerupai tokek namun lebih kecil yaitu cicak. Orang yang kejatuhan cicak diartikan sebagai akan terkena musibah baik pada dirinya sendiri, keluarga maupun teman dekat. Nah, ditempat kalian yang luar jawa, adakah mitos yang menyerupai seperti di atas. Mitos belum tentu kebenarannya. Dianjurkan untuk berperangsangka baik dan selalu berdo’a agar terhindar dari hal-hal negative.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top