Life

Mood Swing Bukan Bipolar, Ketahui Beda dan Cara Mengatasinya

mood swing dan bipolar

This post is also available in: English

Kamu punya teman yang tiba-tiba sedih padahal sebelumnya ceria banget? Atau malah kamu yang seperti ini? Nah kondisi tersebut disebut mood swing. Mood swing ini ternyata sering disalahartikan sebagai gangguan bipolar. Namun keduanya berbeda. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini. 

Mood Swing 

Mood swing atau labilnya suasana hati adalah keadaan ketika kamu merasa suasana harimu berubah secara tiba-tiba. Contohnya saat kamu merasa senang kemudian mendadak sedih atau berubah menjadi marah. 

Baca Juga : Penyebab Turunnya Mood Seorang Cewek

Biasanya hal ini terjadi dalam waktu yang relatif cepat. Kamu pun secara spontan mengindikasikan perubahan suasana hati. Hal ini dapat dipicu oleh kondisi lingkunganmu saat itu. 

Penyebab Mood Swing

Namun tak jarang kita pun bertanya mengapa hal demikian terjadi. Kamu pasti juga bertanya-tanya, kenapa mood tiba-tiba berubah ya? Ternyata terdapat sejumlah penyebab yang bisa memicu mood swing kamu. 

1. Stress 

Stress sering sekali menyebabkan banyak hal terhambat, mental terganggu, bahkan fisik menjadi drop. Kondisi stres bisa dipicu oleh sejumlah faktor, seperti tertekan dan banyak pikiran. Stres bisa juga disebabkan karena kamu merasa tidak mampu berpikir jernih lagi saking banyaknya hal yang dipikirkan. 

Jika kamu sedang stres, keadaan tubuhmu tidak optimal. Alhasil caramu dalam merespons suatu hal kecil pun akan berbeda. Kamu cenderung mudah marah dan tersinggung. Padahal dalam kondisi nornal, hal tersebut tentu disikapi baik-baik saja. 

2. Hormon yang tidak seimbang 

Perubahan keseimbangan hormon dirasakan misalnya ketika PMS bagi wanita. Dalam kondisi tersebut biasanya kamu merasa lebih sensitif. Biasanya hanya membicarakan suatu hal kecil saja membuat mood kamu menjadi tidak baik. 

Saat dalam kondisi ini sebaiknya kamu menikmati waktu sendiri. Baiknya kamu menghibur diri dengan hal-hal yang kamu senangi. 

3. Jam tidur yang tidak teratur 

Hayo siapa yang suka begadang? Atau bukan begadang, kamu malah tipe-tipe orang yang kesulitan tidur atau insomnia? Hmm sebaiknya kamu mulai menghindari begadang tanpa tujuan yang jelas. 

Sebab, hal tersebut menyebabkan tidurmu tidak teratur. Hal ini bisa menurunkan kemampuan otak untuk menerima dan merespons informasi sehingga mood kamu pun akan terpengaruh. Sebisa mungkin milikilah jadwal tidur yang teratur ya. 

Cara Mengatasi Mood Swing 

Mood swing menjadi kondisi yang melelahkan bagi mereka yang sering mengalami perubahan suasana hati secara cepat ini. Tak jarang hal tersebut menghambat produktivitas dan mengganggu hubungan dengan orang lain. 

Kamu pun pasti akan merasa tidak nyaman saat suasana hati tiba-tiba berubah dengan cepat. Jangan khawatir, cara mengatasi mood swing berikut bisa kamu coba. 

1. Tuliskan hal-hal apa saja yang sedang kamu rasakan 

Jangan salah, menulis bisa menjadi salah satu upaya healing dan pengembalian suasana hati yang sedang tidak baik lho! Ketika menulis kamu bisa dengan bebas menuangkan perasaan tanpa perlu capek mengomunikasikan kepada orang lain. 

Oleh karenanya menulis menjadi alternatif solusi untuk mengatasi mood swing.cobalah tuliskan apa-apa saja yang sedang kamu rasakan saat ini. Dengan upayamu untuk mencurhakan isi hati melalui tulisan, semoga hal itu membuat kamu merasa lega. 

2. Istirahat sejenak dan tarik napas 

Ingat salah satu pemicu adanya suasana hati yang labil adalah karena stres. Bisa jadi kamu terlalu memaksakan diri dan pikiran untuk terus menerus bekerja. Alhasil kondisi tubuhmu pun akan bereaksi, termasuk cara kamu dalam bersikap. 

Untuk itu, solusinya adalah dengan beristirahat sejenak. Tujuannya adalah agar kamu dapat fokus pada hal-hal yang positif. Mengambil waktu untuk istirahat menjadikanmu lebih rileks dan mampu mengatur suasana hati agar kembali normal. 

3. Mendengarkan musik dapat mengatasi mood swing 

Selain menulis dan istirahat, mendengarkan musik bisa menjadi cara untuk mengatasi mood swing lho! Siapa yang tidak suka musik? Alunan musik yang begitu menenangkan bisa mengambalikan mood menjadi lebih baik. 

Ada juga jenis musik yang membuat kamu bersemangat. Selain itu, musik-musik yang diiringi dengan lirik lagi yang relate denganmu tentu sapat mengembalikan suasana hati kamu menjadi lebih baik. 

4. Lakukan yoga 

Kamu pasti tahu kalau olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Asalkan dilakukan dalam porsi yang tepat, olahraga bisa menjadi andalan untuk mendapatkan fisik yang optimal. Namun masalahnya bagi kamu yang enggan berolahraga harus bagaimana ya? 

Tenang, kamu bisa melakukan olahraga ringan yakni yoga. Pemfokusan diri pada satu aktivitas (mindfulnes) membuat kamu lebih terjaga dalam kurun waktu tertentu. Dengan melakukan yoga, dijamin kamu merasa lebih tenang sehingga mampu memperbaiki suasana hati agar tidak labil. 

5. Cari bantuan profesional 

Jika mood swing kamu dirasa terlalu mengganggu, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari profesional, seperti psikolog atau psikiater. Kedua profesi ini memang cenderung ditakuti karena stigma, mereka yang ke sana adalah calon orang gila. 

Namun namanya konsultasi tidak ada salahnya bukan? Toh itu demi kebaikanmu sendiri. Jika dengan berkonsultasi kamu menjadi lebih baik, kenapa tidak? 

Mood Swing sebagai Pemicu Bipolar 

Tahukah kamu bahwa mood swing yang berlebihan dapat menjadi salah satu gejala gangguan mental, seperti bipolar disorder dan depresi. Artinya, mood swing tidak sama dengan bipolar. Yang lebih tepat adalah perubahan mood dengan cepat dapat memicu gangguan bipolar. 

Jangan sembarang mendiagnosis bahwa kamu bipolar. Sebab self diagnosis juga merupakan tindakan yang tidak baik. Alangkah lebih baik jika kamu berusaha memperbaiki mood swing dengan melakukan aktivitas positif sehari-hari. 

Tanpa harus pergi ke psikolog atau mendiagnosis bipolar, kamu bisa mengatasinya sendiri. Jika kamu berkomitmen, kondisi perubahan suasana hati tersebut bisa memiliki banyak pelajaran dan hikmah yang nantinya bisa kamu ambil. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top