Life

Ini Dia Cara Mengatasi Mood Swing

Ini Dia Cara Mengatasi Mood Swing

This post is also available in: English

apa sih mood swing? Mood swing atau perubahan mood secara drastis sering kali dialami oleh para remaja. Hal ini karena gejolak emosi dengan situasi yang tiba-tiba hadir. Mood swing bisa saja ke arah positif ataupun negatif. Namun, secara umum, biasanya mood swing akan sangat mengganggu produktivitas seseorang. 

Sebenarnya bukan hanya remaja saja yang sering mengalami mood swing. Mereka yang masih dalam kondisi labil dan tidak berpikir panjang ketika mengambil keputusan juga dapat dicirikan mengalami mood swing.  

Mood Swing dan Bahayanya 

Dapat dikatakan mood swing adalah hal yang wajar. Namun, jika mood swing berangsur-angsur terus menerus, bisa jadi ini ciri kelainan mental. Misalnya seseorang berpotensi mengalami depresi atau bipolar akibat gangguan ini. 

Meskipun tidak berdampak secara langsung, gangguan mood swing terus menerus bisa berbahaya. Sekadar informasi, bipolar dan depresi merupakan penyakit akibat tekanan psikologis yang menjadi pemicu utama adanya tindakan bunuh diri. 

Untuk itu, diperlukan cara mengatasi mood swing yang efektif. Sebab, jika dibiarkan saja, mood swing bukan hanya mengganggu produktivitas, tetapi juga menghambat kamu dalam mencapai kesuksesan. 

Mencari Kegiatan yang Dapat Membuatmu Melupakan Kekesalan 

Mood swing biasanya dipicu karena hal-hal yang tidak menyenangkan. Misalnya seperti ucapan seseorang yang kurang mengenakkan atau bahkan kekesalan karena kecewa. Kedua hal tersebut datang secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Alhasil, reaksi spontannya adalah kondisi mood yang menurun menjadi tidak baik. Jika kamu membiarkannya, mood swing seketika ini sangat merusak sepanjang harimu. Solusinya kamu sebaiknya mencari kegiatan yang dapat membuatmu melupakan kekesalan. 

Contohnya adalah melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan bagimu. Meskipun beranjak dari kekesalan tidaklah mudah, tetapi dengan mencoba melakoni hal baru dapat mengembalikan mood baikmu. 

Setidaknya hal ini dapat mengalihkan perasaan sedih yang sedang menghinggapi. Jika belum mampu, cobalah isi harimu dengan menjelajah pada media-media baru yang cukup menarik minatmu. Dengan begitu, secara tidak sadar kamu sudah melupakan kekesalan tersebut. 

Penyebab Mood Swing

Bagaimana mengatasi mood swing? Cara terbaik untuk mengatasi mood swing adalah dengan mengetahui penyebabnya. Mood baik ataupun buruk bisa kamu kenali. Ketika dalam satu hari atau satu waktu mood kamu begitu baik dan menyenangkan, cobalah untuk mempertahankan situasi tersebut. 

Kiranya, kondisi itulah yang menyebabkan mood kamu bertahan dengan baik. Sebaliknya, ketika mengalami hal tidak menyenangkan, mood kamu bisa saja berubah menjadi kurang baik. Namun, poin pentingnya kamu sudah mengetahui penyebab perubahan mood ini. 

Dengan begitu, ke depannya kamu mampu mengatur bagaimana kamu harus bersikap jika kondisi tersebut muncul lagi. Dengan pengalaman dan analisis penyebab tersebut akhirnya kamu bisa menentukan bagaimana cara yang tepat untuk memperbaiki agar mood kamu kembali baik. 

Cobalah untuk meninjau penyebab ini. Tujuannya agar kamu dapat bertahan dengan mood positif sehingga tetap produktif. Kenalilah penyebab mood swing ini, jangan sampai jadwal harian terbengkalai karena tidak bisa mengatasi mood swing. 

Nikmati Makanan Kesukaan dan Istirahat yang Cukup 

Selain cara mengatasi mood swing dengan menerapkan kebiasaan positif, kamu juga sebaiknya menjaga kesehatan fisik. Caranya dengan istirahat yang cukup. Tak dapat dimungkiri tidur menjadi alasan kamu untuk melupakan mood negatifmu.  

Biasanya seseorang yang sedang sedih akan terlarut dalam tidur dan ketika bangun mood cukup membaik. Sebabnya karena tidur dapat membuat kamu sedikit lupa apa yang kamu alami sebelum tidur bukan? 

Selain itu, makan makanan yang kamu suka bisa menjadi pembangkit mood normalmu. Ketika sedang tidak baik, mood swing bisa diatasi dengan banyak makan makanan yang kamu suka. Pernah mendengar ketika cewek marah biasanya makan menjadi pelampiasannya? 

Nah, begitulah gambaran makanan favorit bisa menjadi obat mood negatif. Namun, jangan terlalu banyak makan pada kesempatan ini ya. Bahaya kalau kamu baru sadar setelah membaik, justru berat badanmu yang tidak baik. 

Lakukan Pola Hidup Sehat 

Keadaan mood yang tidak stabil bisa dipicu oleh hormon. Bisa juga bagi wanita yang sedang PMS, hormon inilah yang meningkat tajam. Pada kondisi tersebut, sebaiknya jangan menambah wanita menjadi marah ya. 

Nah bagi wanita yang mengalami mood swing karena PMS, kamu bisa melakukan olahraga. Olahraga yang memberi asupan keringat bagi tubuh dapat memperbaiki mood. Tidak usah olahraga yang berat-berat, lakukan saja olahraga ringan seperti joging. 

Setidaknya olahraga ini bisa menormalkan hormon pemicu mood negatif. Selain itu, menjalankan olahraga teratur bisa mengurangi kemungkinan stress. Sebab, sesorang yang berolahraga tentu akan enjoy menjalankannya. 

Coba Berkonsultasi dengan Psikolog atau Psikiater 

cara mengatasi mood swing dengan berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater
Jika mood swing parah, cobalah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Seperti yang informasi sebelumnya, mood swing yang parah bisa menjadi pemicu depresi dan bipolar. Seseorang dengan kelainan mental ini kemungkinan besar tidak dapat hidup normal. Sebab, mental ini sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Pergi ke psikolog atau psikiater menjadi pilihan yang tepat. Melalui kedau tenaga kesehatan mental ini, kamu bisa berkonsultasi terkait dengan masalah mood swing yang sangat sering kamu alami. Psikolog atau psikiater pun akan memberikan feedback penangan apa yang tepat. 

Jenis mood swing seperti ini perlu segera ditangani. Biasanya gangguan mental sulit sembuh jika hanya menerapkan kebiasaan secara mandiri. Untuk itu, kamu bisa mencoba mengikuti saran dari psikolog atau psikiater tersebut. 

Setelah berkonsultasi, kamu juga biasanya mendapat pengawasan terkait perkembangan mentalmu secara berkala. Kondisi ini akan semakin membaik saat kamu rutin meminum obat dan melakukan teknik penanganan menurut tenaga kesehatan mental tersebut. 

Mood swing sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun, jika mood swing bisa menganggung produktivitasmu. Parahnya lagi, mood swing bisa menjadi ciri gangguan mental seperti bipolar dan depresi. Untuk itu, segera lakukan cara mengatasi mood swing tersebut. Sayangi kesehatan mentalmu dengan menjaganya untuk selalu positif.  

To Top