Life

Muncul Fenomena Citayam Fashion Week, Ternyata Begini Lho Awal Mulanya

Citayam Fashion Week

Fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, sedang ramai dibicarakan. Istilah ini sendiri digunakan untuk menyebut para remaja yang biasa nongkrong di kawasan tersebut dengan gaya pakaian street fashion.

Jika lewat di kawasan Sudirman, anda pasti melihat ratusan bahkan ribuan remaja yang memadati kawasan Sudirman, Gatot Subroto dan sekitarnya.

Munculnya Istilah Citayam Fashion Week

Istilah Citayam Fashion Week berawal dari media sosial TikTok. Banyak konten wawancara pada sejumlah remaja yang nongkrong di kawasan itu. Saat diwawancara, banyak dari mereka yang mengaku berasal dari Citayam dan Bojong Gede.

Sementara alasan mereka datang ke kawasan tersebut selain untuk menghabiskan waktu, juga untuk ‘beradu’ gaya dengan remaja dari tempat lainnya. Dari situlah kemudian muncul fenomena Citayam Fashion Week.

Lihat Juga: 10 Referensi Style White On White

Anies Sebut Sebagai Demokratisasi Jalan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut fenomena Sudirman Citayam Bogor Depok (SCBD) ini adalah bagian dari demokratisasi jalan.

Anies menyampaikan hal itu saat menanggapi netizen yang memplesetkan SCBC yang awalnya singkatan dari ‘Sudirman Central Business District’ menjadi ‘Sudirman Citayam Bogor Depok’.

Kata Anies, Jalan Jenderal Sudirman memang jadi miliki semua, dan bukan hanya warga DKI saja yang boleh menikmati fasilitasnya. Selain itu, fasilitas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu juga bukan saja untuk masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas, namun seluruh kalangan masyarakat berhak menikmati ruang publik tersebut.

“Bukan saja mereka yang bekerja di kawasan ini yang bisa berjalan kaki leluasa tapi warga Jabodetabek juga menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi satu-satunya di republik ini,” kata Anies seperti dikutip dari Antara, Rabu (13/7/2022).

Anies menyebut Pemprov DKI Jakarta berupaya mewujudkan kesetaraan lewat konsep TOD Sudirman yang diramaikan oleh keberadaan Citayam Fashion Week itu.

Ia mengatakan Jalan Jenderal Sudirman yang awalnya dipenuhi oleh para pekerja di kawasan tersebut, kini berkembang dan masyarakat dari wilayah lain ikut meramaikan serta menikmati kawasan itu. Salah satunya yang tampak di Taman Dukuh Atas.

Lihat Juga: Bergaya dengan High Waist Jeans

Anies pun mengizinkan seluruh masyarakat untuk menikmati ruang publik yang dibangun Pemprov DKI. Pasalnya, tempat ini untuk mempersatukan dan menyetarakan masyarakat yang datang.

“Kita mencoba membuat ruang yang mempersatukan, ruang ketiga yang menyetarakan, dan biarkan mereka menikmati tempat ini dengan caranya masing-masing,” kata Anies.

Meski tidak mempermasalahkan fenomena Citayam Fashion Week, Anies berharap agar masyarakat tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan protokol kesehatan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seventeen + twelve =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top