Life

Nisfu Sya’ban 2022, Berikut Doa, Jadwal Puasa dan Keistimewaan

Nisfu Sya’ban 2022, Berikut Keistimewaan dan Jadwal Puasanya!

Nisfu Sya’ban artinya separuh bulan Syaban, yang kemudian dipahami Nisfu Syaban adalah hari ke-15 atau pertengahan bulan Syaban. Dalam bahasa Arab, Nisfu dapat diartikan sebagai pertengahan, dan Syaban yakni bulan Syaban.

Apa itu Nisfu Syaban? Pengertian Nisfu Syaban adalah peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam. Hari itu juga dikenal sebagai Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Sha’ban.

Puasa Syaban 2022 jatuh pada tanggal 18 Maret. Bulan Sya’ban sendiri adalah bulan penuh rahmat dan berkah bagi umat Islam. Oleh sebab itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan pada malam Nisfu Syaban.

Waktu yang dimuliakan di bulan ini yaitu pada pertengahan bulan yang biasa disebut sebagai malam Nisfu Syaban. Dalam kitar Qalyûbî wa ‘Umairah dijelaskan keutamaannya sebagai berikut:

“Disunnahkan menghidupkan malam hari raya, Idulfitri dan Iduladha, dengan berdzikir dan shalat, khususnya shalat tasbih. Sekurang-kurangnya adalah mengerjakan shalat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk shalat Subuh berjamaah. Amalan ini juga baik dilakukan di malam Nisfu Syaban, awal malam bulan Rajab, dan malam Jumat karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan.”

Doa Malam Nisfu Syaban

Bacaan doa malam nisfu Syaban yang diajarkan ulama pada mazhab Syafi’i, Sayyid Utsman bin Yahya adalah:

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Bacaan latinnya: “Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn.

Membaca doa Nisfu Sya’ban dilakukan setelah mengerjakan sholat sunah dua rakaat yang di laksanakan setelah sholat Maghrib, Pada rakaat pertama sesudah membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-Kafirun.

Doa Nisfu Sya'ban

Puasa Nisfu Sya’ban tidak boleh dilakukan setelah melewati bulan pertengahan Sya’ban, karena dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Abu Hurairah ra, “Rasulullah SAW bersabda: ‘Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa’.” (HR Imam Lima: Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah) mengutip laman Nu.or.id.

Lihat Juga: 5 Keutamaan Bulan Rajab, Salah Satu Pertanda Bulan Ramadhan Semakin Dekat

Manfaat Puasa Sya’ban

Manfaat melaksanakan puasa di malam Nisfu Sya’ban yaitu akan mendapat syafa’at dari Rasulullah SAW saat hari kiamat kelak. Seperti dijelaskan oleh Syekh Nawawi al-Bantani dalam Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în :

“Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.”

Jadwal Puasa di Malam Nisfu Sya’ban

Bulan Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah, setelah Rajab. Di bulan ini, umat Islam sedang bersiap untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Lalu, kapan malam Nisfu Sya’ban 2022 dimulai?

Dari informasi resmi di laman Nahdlatul Ulama (NU Online), hilal awal Sya’ban sudah terlihat sejak Kamis (3/3/2022) petang. Hal ini menandakan bahwa 1 Sya’ban 1443 Hijriah jatuh pada Jumat (4/3/2022).

Lihat Juga: Bolehkah Puasa sunnah seminggu sebelum Ramadhan

Berdasarkan hilal tersebut, pertengahan Sya’ban yaitu pada tanggal 18 Maret 2022, artinya malam Nisfu Sya’ban jatuh pada hari Kamis, (17/3/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top