Life

Nyemil Saat Pandemi Dianggap Penting Di Indonesia, Inilah Faktanya

Nyemil Saat Pandemi Dianggap Penting Di Indonesia, Inilah Faktanya

Pandemi virus Covid-19 yang sedang melanda dunia turut merubah kebiasaan sehari-hari masyarakat dunia termasuk Indonesia soal mengkonsumsi camilan. Survei The State of Snacking 2020 yang dikutip oleh Tribunnews.com menunjukkan bahwa hasil survei mengungkapkan jika selama pandemi dapat meningkatkan kebutuhan seseorang dalam konsumsi dan pembelian camilan.

Rata-rata sebanyak 60% masyarakat Indonesia lebih banyak mengkonsumsi camilan dibandingkan sebelumnya dimana hal ini melebihi jumlah rata-rata global.

Selama pandemi, masyarakat Indonesia bisa 3x mengkonsumsi camilan per harinya. Tidak hanya itu, sebanyak 64% masyarakat Indonesia menganggap bahwa nyemil menjadi hal yang penting selama pandemi.  Kalian pastinya bertanya-tanya mengapa nyemil itu penting selama pandemi. Penasaran? Berikut faktanya.

Fakta

Nyemil Saat Pandemi Dianggap Penting Di Indonesia, Inilah Faktanya

Kebiasaan nyemil sudah menjadi sudah menjadi tradisi sejak dulu. Apalagi kondisi yang sedang pandemi  dimana kita wajib untuk dirumah. Nah, cara untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan saat dirumah, salah satunya adalah konsumsi camilan.  

Masyarakat Indonesia menganggap bahwa camilan tidak hanya menjadi pemenuh kebutuhan biologis, tetapi menjadi kekuatan sosiologis yang dapat mengendalikan suasana hati di kehidupan sehari-hari.

Bahkan, nyemil dianggap sebagai obat untuk meredakan stress yang muncul akibat terlalu lama di rumah. Berikut fakta mengapa nyemil itu penting selama pandemi:

1. Camilan dapat memberikan kenyamanan

Dalam survei tahunan yang bertajuk The State of Snacking 2020 mengungkapkan bahwa saat menikmati camilan, setiap individu berusaha untuk mencari kenyamanan dengan pemilihan waktu untuk nyemil. Sebanyak 60% menyatakan bahwa jadwal untuk nyemil biasanya tidak terencana dan berbeda setiap harinya.

Di Indonesia sendiri, sebanyak 71% masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi camilan untuk mendapatkan kenyamanan. Persentase di tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk masyarakat Indonesia sendiri, mengkonsumsi camilan.

2. Menjadi sumber kebahagiaan

Responden sebanyak 84% mengatakan bahwa camilan menjadi salah satu sumber kebahagiaan. Tidak hanya itu, sebanyak 81% juga mengatakan bahwa camilan bisa memberikan semangat setiap harinya.

Dalam keluarga, orang tua menganggap bahwa camilan dapat menghibur anak-anaknya selama pandemi agar tidak bosan. Banyak orang tua menjadikan kebiasaan nyemil sebagai tradisi yang harus dilakukan di keluarga.

3. Camilan membuat masyarakat menjadi lebih bijak

Selama pandemi, masyarakat merasa lebih fokus memilih mana camilan yang akan mereka makan terutama saat dinikmati dalam kesendirian di rumah.

Sebanyak 75% responden mencari camilan yang sesuai dengan kebutuhannya. Bisa dibilang bahwa masyarakat Indonesia mengkonsumsi camilan tidak secara sembarangan. Mereka memilih terlebih dahulu mana camilan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Masyarakat bisa menghabiskan waktu lebih lama hanya untuk memahami camilan yang akan dikonsumsi seperti merasakan bagaimana aromanya, teksturnya dan rasanya.

4. Camilan akan menjadi kebiasaan baru meskipun pandemi berakhir

Kita tidak mengetahui kapan pastinya pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Namun, sekitar 8 dari 10 orang percaya bahwa cara untuk menikmati camilan akan berubah selamanya, bahkan saat pandemi berakhir sekalipun.

Sebanyak 69% percaya bahwa nyemil akan menjadi bagian dari kebiasaan baru, bahkan banyak masyarakat Indonesia yang memperkirakan bahwa kebiasaan nyemil ini akan terus ada dibandingkan dengan konsumsi makanan berat.

Baca Juga : Tips Menjaga Berat Badan ala Masyarakat Jepang

Saat ini, banyak orang yang mulai membeli sesuatu melalui online, termasuk juga membeli camilan. Menurut Survei The State of Snacking 2020 menjelaskan bahwa jumlah transaksi secara online telah meningkat drastis dibandingkan sebelum pandemi.

Sebanyak 75% responden mengatakan bahwa membeli camilan melalui online dirasa lebih aman dan nyaman. Saat ada camilan jenis baru pun, media sosial menempati pilihan teratas sebagai tempat untuk membeli camilan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top