Life

Orangutan, Habitat dan Fakta Uniknya

Orangutan, Habitat dan Fakta Uniknya

Orangutan atau orang utan merupakan satu-satunya jenis kera terbesar di benua asia. Hewan ini hanya ada di Indonesia, tepatnya berada di pulau Kalimantan dan Sumatera. Terdapat dua spesies dari kera ini yaitu Pongo abelii dan Pongo pygmaeusPongo abelii adalah orangutan yang berasal dari pulau Sumatera sedangkan Pongo pygmaeus berasal dari pulau Kalimantan (borneo).

Ciri-ciri bentuk Orang Utan

Orang Utan Sumatera (Pongo abelii)

Orangutan Sumatera
Orangutan Sumatera

Kera tipe ini memiliki tinggi untuk jantan 120 – 150 cm dan betina 100 – 120 cm. Berat badan untuk jantan 50 – 90 (dialam liar) 120 kg lebih (dikarantina) dan betina 30 – 60 kg. Warna tubuh kemerah-merahan coklat kehitaman dan janggutnya berwarna merah hingga jingga. Tampilan fisik sangat unik ada bulu disekitar mata dan bentuk telinga kecil. Tubuh tinggi, rambut kusut dan lengan panjang. Bentuk tangan dan kaki kecil memanjang, sesuai untuk memegang cabang-cabang pohon. umur 8 tahun atau 15 tahun hingga umur 20 tahun.

Orang Utan Kalimantan (Pongo pygmaeus)

Orangutan Kalimantan
Orangutan Kalimantan

Spesies ini memiliki bentuk tubuh hampir sama dengan jenis Sumatera. Akan tetapi ada beberapa bagian yang sangat mencolok untuk membedakannya. Pada bagian wajah orang utan jantan memiliki pelipis yang membesar mirip bantal, sehingga wajahnya terlihat besar. Jakun pada orangutan Kalimantan dapat membesar sehingga dapat mengeluarkan suara yang unik. Warna bulu juga berbeda, orangutan Kalimantan lebih gelap dari Sumatera.

Saat ini orangutan Sumatera dan Kalimantan (borneo) sudah sangat terancam kepunahaanya. World Conservation Union (Daftar Merah IUCN 2007 / IUCN Red List 2007) mengklasifikasikan orangutan Borneo sebagai spesies yang terancam punah (endangered), sementara di Sumatera telah diklasifikasikan sebagai spesies yang sangat terancam punah (critically endangered). kepunahan ini diakibatkan rusaknya habitat orangutan.

Penyebab-Penyebab Rusaknya Habitat Orangutan

Habitat Orangutan
Habitat Orangutan
  1. Pembukaan lahan. baru Pembukaan lahan yang asal-asalan dapat mengancam habitat hewan ini. Banyak penduduk Indonesia yang kurang peduli dengan kondisi alam sekitar. Mereka melakukan cara instan dalam pembukaan lahan untuk dijadikan pemukiman atau perkebunan. Salah satu cara penduduk yang sangat fatal ialah dengan cara membakar.
  2. Illegal Logging. Kata illegal logging mungkin sudah tidak asing lagi terdengar bagi kita. Pencurian pohon dan penebangan secara liar sangat marak sekali terjadi di Indonesia. Menurut data UNESCO Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami pengurangan hutan tropis terbesar di dunia. Dengan semakin meluasnya kerusakan hutan, maka otomatis mempengaruhi ekosistem orangutan. Bukan itu saja, hal ini dapat menyebabkan bencana alam yang tidak terduga.
  3. Perburuan Liar. Kurangnya pengawasan hutan di Indonesia membuat perburuan hewan-hewan langka terjadi. Secara tidak langsung kami tidak bisa menyalahkan pemerintah. Coba anda bayangkan betapa luasnya hutan di Indonesia ini. Kami hanya berharap perburuan terhadap hewan ini dapat diminalisir.
  4. Penjualan hewan ilegal. Di Indonesia masih marak terjadi penjualan hewan secara illegal. banyak hewan-hewan yang dilindungi diperjual belikan secara bebas. Kami harapkan pemerintah dapat mengawasi dan meminimalisir kasus ini.

Jika anda masih belum peduli terhadap hewan ini, bisa saja anda belum tahu apa keunikannya. Sepintas hewan ini terlihat menyeramkan atau mungkin anda belum kenal saja. Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Coba anda sedikit lebih akrab dengan hewan ini, ada paham berbagai keunikan yang akan anda temui dari orangutan.

Fakta Menarik dan Unik dari Orangutan

  • Pemalu. Hewan ini memiliki sifat pemalu, biasanya mereka akan menyembunyikan diri bila melihat mahkluk yang belum pernah ditemuinya. Jadi jika anda mendengar ada orang mengaku diserang hewan ini patut dipertanyakan. Bila hal tersebut benar terjadi mungkin warga sekitar mengusik habitat alaminya, sehingga hewan ini terpaksa keluar dari hutan untuk mencari makan.
  • Cara Hidup. Keunikan lainnya ialah cara hidup hewan ini tidak lah mirip dengan gorila ataupun simpanse yang bergerombol, melainkan  semi-soliter. Semi-soliter ialah dapat menyendiri ataupun berpasangan.  Jadi bila anda melihat secara langsung pasti akan ada orangutan yang keluyuran kemana-mana sendirian. Apabila melihatnya lebih dari satu berarti hewan tersebut bersama pasangannya atau anak dengan induknya. Selain itu hewan ini juga termasuk hewan yang aboreal, artinya lebih sering menghabiskan hidup di pohon.
  • Komunikasi. Hewan ini mampu memanggil temannya dengan suara yang sangat khas. Tentu saja suara itu hanya bisa dimengerti  jenis hewan ini. Bila anda sampai bisa paham mungkin anda orangutan. Jarak komunikasinya bisa mencapai 1 km, yah setara dengan Handy talkie. kantung tenggorokan pada hewan ini sangat besar sehingga dapat membuat suara tersebut. biasanya komunikasi itu digunakan ketika memanggil teman, memanggil betina dan memperingatkan mahkluk lain untuk tidak masuk wilayahnya.
  • Dapat menggunakan alat untuk bertahan hidup. Hewan ini mampu menggunakan batang kayu sebagi tongkat yang digunakan untuk mengambil makanan. Selain itu mereka juga dapat menggunakan daun untuk menutupi dirinya dari hujan dan sengatan matahari. Ada yang lebih unik lagi yaitu orangutan Sumatera mampu mendeteksi keberadaan madu menggunakan tongkat.
  • Reproduksi. Reproduksi hewan ini begitu lambat, berbeda dengan primata lainnya. Untuk seekor betina saja baru bisa melahirkan ketika berumur 6-10 tahun. Sedangkan proses mengandungnya sekita 9 bulan, mirip sekali dengan manusia. Bukan itu saja orangutan sekali melahirkan maksimal hanya satu ekor dan bayinya baru bisa hidup mandiri ketika umur 6-7 tahun. Jika umur maksimal hewan ini 45 tahun maka mereka hanya memiliki 3 keturunan seumur hidupnya. Bisa dibayangkan betapa lambatnya regenerasi mereka.
  • Cara bergerak. Walau hewan ini dapat berjalan dengan kedua kakinya akan tetapi mereka sangat jarang sekali melakukannya. Mereka dapat bergerak cepat ketika berayun di dahan dan akar pohon atau biasa disebut brachiating.
  • Pemalas. Hewan ini sangat senang sekali tidur bila dalam keadaan kenyang. Mereka mampu tidur dari matahari tenggelam sampai matahari terbit dan kemudian tidur lagi di siang harinya. Jadi apabila anda memiliki ciri-ciri pemalas seperti hewan ini mungkin anda anggota keluarganya.
  • Panjang tangan. Maksud dari panjang tangan disini bukanlah pencuri. Hewan ini memiliki tangan yang lebih panjang dari kakinya. Ketika kedua tangan mereka direntangkan bersamaan, maka panjang rentangan tersebut mampu mencapai 2 meter lebih.
  • Makanan. Hewan ini termasuk pemakan segalanya atau disebut omnivora. mirip sekalikan dengan kamu. Walaupun hewan ini omnivora mereka lebih suka makan buah dan sayuran. Selain makan buah dan sayur mereka juga senang sekali makan madu serta serangga.

Baca Juga : Makhluk-Makhluk Misterius Indonesia

Itulah sembilan keunikan yang kami ketahui dari orangutan. Mungkin masih  banyak lagi keunikan-keunikan lainnya dari hewan ini yang belum diketahui. Jadi mari kita jaga dan lindungi bersama hewan primata indonesia ini. jika anda masih ingin melihatnya menghiasi di hutan indonesia. salah satu cara ialah memberikan dukung penuh bagi pemerintah dalam pelestarian dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak habitatnya.

To Top