Life

Pahami Maksud Customer Olshop Berikut!

Berjualan online sudah lama booming dan menjadi trend. Menjual barang secara online memang banyak memberikan manfaat bagi si penjual maupun pembeli. Selain mudah dalam menjual barang barang, online shop juga menjadi lahan pekerjaan yang diminati karena praktis. Berjulan online juga harus bertanggung jawab dengan kepuasan pelanggan. Karena tidak setiap customer memiliki sifat yang sama.

Bermacam-macam sifat yang terkadang kurang bisa dipahami, ternyata memiliki maksud yang berhubungan dengan apa yang dipesan. Maka dari itu, pandai-pandailah menerjemahkan perkataan customer. Beberapa contoh chat yang dikirim customer seperti di bawah ini;

Ini Trusted Kan?

Ini jenis pelanggan yang kurang tahu tentang olshop. Kalau dia paham mana olshop yang bagus pasti tidak bertanya seperti itu. Kurang kepo dan masih awam. Atau bisa jadi customer ini pernah memiliki pengalaman tertipu saat belanja melalui olshop.

Kok Barang Belum Sampai Juga

Ketika ditanya seperti hal di atas kalian pasti bisa menjawab sesuai dengan kota tujuan si customer. Biasanya sih 2-3 hari baru sampai kalau daerah yang tidak menyeberang pulau. Kalau kelamaan pasti ada kesalahan pada bagian ekspedisi. Kalau memang baru sehari dua hari sudah ditanyain tandanya dia nggak sabar pengen liat barang baru.

Tf Sekarang atau Besok?

Ini customer galau yang antara nggak punya duit atau nggak punya waktu. Kalau punya duit pasti dia langsung tf agar segera dikirim barangnya. Namun, pertanyaan tersebut juga bisa mengarah pada waktu, mereka belum bisa tf karena masih sibuk dengan pekerjaan.

Ditunggu Kabar Baiknya

Ditunggu kabar baiknya adalah maksud dari jangan sampai mengecewakan. Mereka menunggu kabar baik dan tidak mau barang yang dipesan cacat atau tidak sesuai dengan request.

jika yang dipesan. So, harus teliti dan bekerja secara maksimal. Lihat lagi chatnya untuk memastikan barang apa saja yang dipesan.

Ada Option Lain Nggak?

Pertanyaan ini bermaksud kalau barang yang kamu kasih lihat adalah jelek dari bentuk model mapun warna. So, kamu harus memperlihan barang dengan model dan warna lain yang menjadi selera mereka. Agar tahu lebih detail, kamu bisa bertanya balik kriteria yang diinginkan agar kamu bisa membantu mereka menentukan pilihan.

Masih Diproses, Ya?

Jika ada customer yang bertanya seperti di atas, berarti barang belum sampai. Atau mungkin kamu lupa dengan pesanan si customer. Cek bagian pengiriman, jangan sampai kena omel, kasih alasan yang tepat jika kamu lupa mengerjakannya.

Harganya Bisa Kurang Nggak?

Kalau udah beginian, kayak ngladenin emak-emak pasar. Beli satu tapi nawarnya mengerikan. Kalau beli banyak sih bisa aja diskon. Pertanyaan di atas menandakan bahwa customer baru bokek atau dia keseringan belanja barang yang ada diskonnya mulu.

Keep ya!

Terakhir, jika mendapat chat seperti ini bisa jadi dua kemungkinan. Customer php atau emang lagi bokek. Biasanya kalau emang dia baru bokek, beberapa hari kemudian pas lagi punya uang pasti bakal menanyakan lagi. Kalau php yaudah hilang begitu aja.

Sedikit memahami chat customer membuat kamu yang jualan online tidak kaget dengan macam-macam customer. Beberapa contoh di atas hanya segelintir saja, masih banyak pertanyaan maupun pernyataan, bahkan komplain dari customer online shop. Berjualan tetap ada resiko rugi maupun dikomlpain. Namun, semangat untuk melayani dengan tulus dan memahami etika berjualan online akan membawa berkah dan kesuksesan.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top