Life

Pahami Seseorang Melalui Kebiasaan Sederhana Ini

Pahami Seseorang Melalui Kebiasaan Sederhana Ini

Terkadang kita salah paham dengan perubahan yang terjadi pada orang terdekat kita atau penilaian kita terhadap orang lain. Hal tersebut membuat kita menyimpulkan penilaian yang salah dari apa yang sebenarnya terjadi. Kita bisa membaca pikiran orang lain dari nada berbicara, gerak tubuh, style yang akan menyimpulkan status atau kedudukan seseorang . Akan tetapi dengan hal-hal sederhana berikut, kita bisa memahami keadaan maupun sifat seseorang.

• Orang yang sedang dirundung kesedihan, lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibandingkan dengan beraktivitas. Bukan berarti orang tersebut malas. Memang, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi kesedihan. Akan tetapi sebagian besar orang memilih menghabiskan waktunya untuk tidur untuk melupakan masalah yang menimbulkan kesedihan tersebut. Tidur menjauhkan diri dari keramaian, membuat kita lebih tenang dan mencegah diri agar tidak membeberkan masalah kepada orang lain yang bagi seseorang akan berdampak buruk.

• Menangis bukan hanya sebagai acuan bahwa seseorang bersifat cengeng. Orang yang menangis dikarenakan suatu hal kecil menandakan bahwa ia memiliki hati yang lembut dan tulus. Dengan tangis mereka mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak pantas untuk dilakukan karena akan menyakiti orang lain. Atau sebaliknya dengan rasa empati tinggi seseorang akan menangis sebagai ungkapan bahwa suatu hal yang ia lihat perlu mendapat perhatian atau pertolongan.

• Kebalikan dari menangis yaitu, orang yang susah menangis. Orang yang susah menangis sebenarnya bukan hanya menyimpulkan bahwa orang tersebut tegar dan tangguh. Akan tetapi menurut psikolog, orang yang susah menangis adalah orang yang lemah. Ia tidak ingin menampakkan kelemahannya terhadap orang lain.

• Kemudian pahami seseorang dari sebab kemarahannya. Jika orang terdekatmu marah hanya karena hal-hal sepele, bisa dikatakan bahwa orang tersebut butuh perhatian atau kasih sayang yang lebih. Mereka bukanlah tipe temperamen akan tetapi mereka menunjukkan dengan cara marah agar mendapatkan perhatian dan kasih sayang.

• Selanjutnya, cara berbicara seseorang yang cepat dan singkat menandakan bahwa ia sedang menyimpan rahasia. Perbincangan yang singkat dan dengan nada yang cepat ia lakukan guna untuk menghindari topik yang melebar dan membuatnya keceplosan dengan rahasianya. Selain itu ia menghindari pertanyaan dengan cara berbicara dengan singkat.

• Kemudian, orang yang makan dengan cara yang tidak wajar menandakan bahwa ia sedang gugup atau tegang. Kita bisa mengamatinya pada orang terdekat, dengan spontan orang yang gugup akan memiliki cara makan yang berbeda dari biasanya, mungkin agak tergesa-gesa atau diperlamabat.

Beberapa hal kecil di atas dapat kita perhatikan di lingkungan sekitar untuk memahami orang lain. Meminimalisir keegoisan akan membuat pertemanan atau interaksi sosial kita berjalan dengan baik. Sejatinya kita makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top