Life

Penasaran dengan Social Climber? Begini Ciri-cirinya!

Social climber merupakan salah satu topik yang akhir-akhir ini sedang sering dibicarakan pasalnya banyak sekali artis-artis bertitle ‘skuter’ atau ‘selebriti kurang terkenal’ yang mulai suka cari-cari sensasi dengan selalu terlihat glamor bak sosialita padahal kehidupan nyatanya tak seglamor foto di akun Instagram-nya. Lalu apa tujuannya melakukan hal tersebut? Apalagi kalau bukan demi status sosial. Social climber adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang dengan status sosial biasa saja tapi ingin terlihat memiliki status soial yang jauh di atasnya.

Ciri-ciri Teman Anda adalah Seorang Social Climber

Inilah pentingnya memiliki teman sejati, yaitu orang yang sudah Anda kenal sejak lama baik kepribadian dan later belakangnya. Sayangnya, tuntutan pekerjaan bahkan lingkungan baru tempat Anda tinggal mengharuskan Anda untuk bisa bergaul dengan orang baru, tapi sepertinya akan sulit jika teman baru Anda adalah seorang social climber, bisa-bisa Anda juga ikut dicap sama seperti dirinya. Berikut adalah ciri-ciri seorang social climber yang harus Anda ketahui:

  • Seorang social climber cenderung pilih-pilih ketika berteman. Mereka cenderung suka berteman dengan orang-orang yang memiliki status sosial tinggi sementara teman yang tidak memberi keuntungan apa-apa untuknya akan ditinggalkannya.
  • Salah satu ciri seorang social climber adalah mereka suka mencatut nama. Mereka akan merasa bangga ketika bisa menyebut nama-nama orang-orang terkenal sebagai teman atau kenalan dekat dan mereka akan melakukan hal tersebut sesering mereka bisa.
  • Pakaian dan akesesoris bermerk adalah barang-barang wajib yang harus mereka miliki. Mereka seperti anti sekali menggunakan barang-barang tanpa label terkenal tertempel karena mereka sangat memperhatikan penampilan dan memastikan orang-orang mengetahui hal tersebut.
  • Jika Anda memperkenalkannya kepada teman-teman Anda, dia pasti akan mencari tahu lebih banyak tentang teman-teman Anda dan akan berusaha sekuat tenaga menjadi teman baik bagi mereka yang menurutnya dapat membantunya menaikkan status sosialnya, bahkan tanpa memperdulikan perasaan Anda sebagai orang yang mengenal mereka terlebih dahulu.
  • Poin sebelum ini juga menujukkan bahwa seorang social climber juga tipe orang yang suka memanfaatkan orang lain selama tujuan yang diinginkannya tercapai. Awalnya dia akan berbaik-baik dengan Anda mencari tahu lebih banyak tentang teman Anda yang menurutnya akan memberikan keuntungan baginya. Setelah itu dia akan bertingkah menjadi orang yang paling mengenal dan mengerti teman Anda tersebut padahal semua informasi tersebut dia dapatkan dari Anda.
  • Seorang social climber biasanya memiliki empati yang sangat rendah. Mereka nyaris tidak peduli dengan perasaan orang lain dan cenderung hanya memikirkan diri sendiri dan solusi bagaimana mencapai tujuan yang mereka ingin capai.
  • Salah satu tipe seorang social climber adalah mereka sama sekali tidak dapat diharapkan, apalagi dalam hal memenuhi janji. Jika seorang teman lain yang ternyata dapat memberikan keuntungan lebih baginya mengajak bertemu di detik-detik terakhir padahal dia sudah berjanji untuk menemui Anda, dengan santainya dia akan membatalkan janji dengan Anda, karena dibandingkan menemui Anda, menemui orang lain lebih menguntungkan baginya.
  • Seorang social climber akan selalu bertingkah seperti Queen Bee dimana dia selalu ingin mengontrol kelompok teman-temannya. Dia selalu ingin menjadi seorang panutan tapi di lain pihak juga memiliki kontrol tentang siapa yang boleh masuk dalam grupnya ataupun siapa yang harus keluar dari grupnya.

Jika Anda ditakdirkan bertemu dengan seorang social climber, tidak peduli apakah Anda dapat memberikan keuntungan sosial bagianya ataupun tidak, sebaiknya jauhi saja karena bisa saja dia mendekati Anda karena ada maunya, misalnya jalan untuk mendekati salah seorang kenalan Anda yang menurutnya dapat menaikkan derajat sosialnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top