Life

Pengertian Non Biner, Apa Bedanya dengan Transgender dan Interseks?

Pengertian Non Biner

Non biner atau yang dikenal juga dengan nama enby merupakan istilah identitas gender yang umumnya berbeda dengan biner. Sementara biner merupakan identitas gender perempuan dan laki-laki yang sudah ditentukan sejak ia lahir.

Non biner merupakan salah satu dari beberapa identitas gender. Dengan begitu, saat ini mengidentifikasi gender seseorang tidak hanya bisa dilihat dari struktur biologisnya saja. Tetapi juga dapat dilihat dari pengaruh pola pikirnya.

Pengertian Non Biner

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, non biner adalah sebutan bagi identitas gender yang tidak menunjukkan secara spesifik kepada salah satu gender seperti laki-laki atau perempuan. Dalam hal ini, identitas mereka akan ditentukan berdasarkan pola pikir.

Lihat Juga: Demi Lovato Sebut Dirinya Non-Biner, Bukan Wanita Atau Pria

Menurut Medicalnewstoday, orang yang enby adalah seseorang yang menggolongkan dirinya sebagai orang yang berbeda dengan struktru biologisnya yang sudah ditetapkan sejak lahir.

Mereka akan memandang dirinya tidak ada dalam gender pria maupun wanita. Bisa dikatakan, mereka tidak mengakui jenis kelaminnya terlepas dari penampilan fisiknya.

Perbedaan dengan Transgender dan Interseks

Identitas gender transgender, interseks dan non biner tidaklah sama. Kalau non biner tidak menggambarkan dirinya secara khusus berdasarkan wanita atau laki-laki, transgender adalah orang yang mengakui jenis kelaminnya berlawanan dengan anatomi seksualnya sejak lahir.

Dengan begitu, mereka akan merasakan tekanan batin karena merasa ada yang salah dengan tubuhnya sehingga tak nyaman dengan kondisinya tersebut.

Lihat Juga: Resmi Jadi Transgender, Ellen Page Ganti Nama Elliot

Sedangkan interseks yaitu kondisi saat seseorang lahir dengan alat kelamin ganda sehingga membuatnya sulit dikategorikan sebagai perempuan atau laki-laki. Berbeda dengan non-biner yang memiliki satu jenis kelamin, tetapi ia tak mengakuinya.

Cara pemanggilan non biner pun harus dipastikan lebih dulu sikap dan pola pikirnya. Cara memanggilnya yaitu mereka (they/them), dan tidak boleh memanggilkan dengan dia (she/he) dalam Bahasa Inggris.

Jadi perlu berhati-hati saat memanggil mereka, karena jika salah memanggilnya dia/mereka akan marah. Tindakan ini dinamakan misgendering.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top