Life

Penting! 7 Tips Memilih Pengasuh di Masa New Normal

Pengasuh di masa new normal

Pada kondisi pandemi yang serba susah seperti saat ini, pastinya akan berdampak pada kehidupan yang dijalani sehari-hari. Tak terkecuali mengenai pengasuhan anak. Tentu bukan pertimbangan yang mudah bagi para orang tua yang telah kembali bekerja di luar rumah dan meninggalkan anaknya. Oleh karena itu, memilih pengasuh di masa new normal menjadi sangat penting.

Berawal dari kebijakan pemerintah terkait pelonggaran PSBB dan berlanjut ke masa adaptasi kebiasaan baru. Masa yang akrab dengan istilah “new normal” menyebabkan banyak orang tua bingung. Kepada siapa mereka harus memercayakan anak mereka.

Memercayakan di sini bukan hanya sekadar bisa menjaga, merawat, dan mendidik anak mereka. Namun lebih ke bisa menjamin keamanan dan keselamatan anak mereka di tengah situasi dan kondisi saat ini.

Kebanyakan orang tua lebih memilih untuk memercayakan dan menitipkan anak mereka ke keluarga ataupun kerabat dekat. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang mempunyai pikiran untuk mencari pengasuh.

Hal ini pastinya dipilih setelah mempertimbangkan berbagai pilihan yang ada. Entah disebabkan karena terkendala jarak dengan kerabat atau kendala yang tidak bisa diusahakan lainnya. Memang benar, semua pilihan sama-sama mempunyai risiko.

Bagaimana Cara Mencari Pengasuh di Masa New Normal

Oleh karena itu, alternatif terakhir yang paling mungkin yaitu memutuskan mencari pengasuh untuk merawat dan menjaga anak di rumah. Solusi ini bisa dibilang paling cocok dan sesuai bagi orang tua yang tidak lagi bekerja dari rumah.

Akan tetapi, di masa new normal seperti saat ini, orang tua diharapkan bisa lebih selektif dalam memilih pengasuh. Alasan paling utama pastinya agar mencegah kemungkinan tertular Virus Covid-19 pada keluarga. Terlebih lagi pada anak-anak yang setiap hari akan menjalani aktivitas bersama pengasuh saat orang tua sedang bekerja.

Pada dasarnya, kriteria umum memilih pengasuh di masa new normal tidak berbeda jauh saat sebelum maraknya pandemi Virus Covid-19. Namun, terdapat beberapa kriteria khusus yang wajib menjadi pertimbangan orang tua saat memilih pengasuh di tengah wabah Virus Covid-19 seperti saat ini.

pengasuh anak

Lantas, kriteria khusus apa saja yang harus dijadikan pedoman saat memilih pengasuh di masa new normal ini? Yuk disimak!

1. Kriteria Umum sebagai Pengasuh di Masa New Normal Terpenuhi

Walau tidak mudah mendapatkan pengasuh yang ideal di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, para orang tua sebaiknya tidak boleh sembarangan memilih pengasuh. Calon pengasuh wajib memenuhi beberapa kriteria umum misalnya seperti pengalaman bekerja sebagai pengasuh anak, bisa berkomunikasi dengan baik, dan yang pasti tidak mempunyai riwayat kriminal.

Sebagai tambahan, Kita juga boleh menguji kemampuan dari calon pengasuh dengan cara memberikan beberapa pertanyaan berupa studi kasus. Pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan pemecahan solusi dari calon pengasuh ini nantinya pasti bisa digunakan sebagai gambaran kita untuk mengenal sifat dasar calon pengasuh.

2. Melakukan Perekrutan Pengasuh dari Tempat yang Tepercaya

Selain bertugas untuk menjaga dan menemani anak bermain di rumah, kebanyakan orang tua juga ingin mempunyai pengasuh yang serba bisa. Pengasuh diharapkan juga dapat membantu orang tua agar bisa tetap menstimulasi anaknya selama mereka bekerja.

Akan tetapi, akibat dari banyaknya daycare yang terpaksa tutup di masa new normal seperti saat ini menyebabkan banyak pegawai harus dirumahkan. Hal inilah yang menyebabkan pegawai-pegawai yang dirumahkan tadi menawarkan jasa pengasuh lewat jalur pribadi.

Berbekal pengalaman mendampingi anak selama di daycare, tentu para orang tua tidak perlu khawatir perihal kemampuan pengasuh dalam menjaga dan memberikan stimulasi untuk anak.

3. Mempunyai Riwayat Kesehatan yang Baik dan Bebas Covid-19

Kebanyakan agensi legal yang menyediakan jasa pengasuh biasanya memberikan jaminan setiap pengasuh yang ada di bawah tanggung jawab mereka tidak mempunyai riwayat penyakit kronis dan menular.

Hal ini biasanya dibuktikan dengan surat resmi dari dokter atau rumah sakit. Para pengasuh yang berdiri secara mandiri juga ada yang menerima permintaan orang tua untuk memberikan bukti berupa surat keterangan sehat atau riwayat penyakit tertentu.

Akan tetapi, hal ini pastinya berbeda dengan masa new normal seperti saat ini. Hanya sedikit agensi penyedia jasa pengasuh yang mau mengecek kesehatan pekerjanya terkait infeksi Virus Covid-19. Sering kali, orang tua harus bersedia secara mandiri menanggung biaya pemeriksaan Virus Covid-19 untuk calon pengasuh yang diinginkan.

Oleh karena itu, orang tua perlu menyiapkan dana secara mandiri untuk memastikan calon pengasuh tidak membawa Virus Covid-19 dalam tubuhnya dan tidak menularkannya ke keluarga.

4. Bekali Pengasuh dengan Pengetahuan Seputar Protokol Kesehatan

Selain harus menemukan calon pengasuh yang pas dan sesuai kriteria, para orang tua juga perlu memastikan bahwa calon tersebut tahu bagaimana cara menerapkan protokol kesehatan yang paling umum.

Misalnya saja seperti rajin mencuci tangan dan etika saat batuk serta bersin. Untuk lebih detailnya, sebelum mulai bekerja para orang tua bisa memberi bekal calon pengasuh dengan instruksi protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya:

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan kondisi air mengalir;
  • Wajib menggunakan masker selama mendampingi anak di rumah;
  • Pengasuh yang sedang sakit tidak diperkenankan untuk bekerja;
  • Penerapan aturan physical distancing dengan ketat dan sesuai dengan protocol kesehatan;
  • Tidak sembarangan membawa anak keluar rumah rumah sepengetahuan dan izin dari orang tua.

5. Calon Pengasuh Wajib Karantina Mandiri Sebelum Mulai Bertugas

Hal ini mungkin bisa dijadikan alternatif lain jika tidak para orang tua tidak bersedia untuk menyiapkan dana untuk pemeriksaan calon pengasuh terkait Virus Covid-19. Dengan cara memastikan calon pengasuh bersedia untuk melakukan karantina mandiri selama minimal 14 hari sebelum mulai kerja.

Hal ini mungkin bisa dijadikan alternatif lain jika tidak para orang tua tidak bersedia untuk menyiapkan dana untuk pemeriksaan calon pengasuh terkait Virus Covid-19. Dengan cara memastikan calon pengasuh bersedia untuk melakukan karantina mandiri selama minimal 14 hari sebelum mulai kerja.

6. Pengasuh di Masa New Normal Wajib Menginap Selama Bekerja

Salah satu pertimbangan penting selanjutnya dalam memilih pengasuh di masa new normal seperti saat ini adalah menanyakan kesediaan calon pengasuh untuk menginap selama masa kerja.

Dengan cara demikian, orang tua bisa mengawasi kegiatan dan aktivitas sehari-hari pengasuh dan dengan siapa saja dia berinteraksi. Para orang tua juga bisa membuat sebuah kesepakatan dengan pengasuh perihal pembatasan aktivitas di luar rumah untuk mengurangi risiko terpapar Virus Covid-19.

7. Membuat Perjanjian yang Jelas dan Tertulis

Saat memilih pengasuh khususnya di masa new normal, orang tua juga sebaiknya perlu membuat kesepakatan legal dan resmi yang berkaitan dengan status hubungan kerja.

Misal saja seputar hak dan kewajiban pengguna sekaligus penyedia jasa pengasuh, masa kerja, aturan di rumah, hingga hal-hal lainnya terkait pembatasan antara anggota keluarga dan pengasuh.

Orang tua juga sebaiknya perlu menyiapkan rencana cadangan jika sewaktu-waktu terpaksa harus memutus hubungan kerja dengan pengasuh yang terbukti terinfeksi Virus Covid-19. Selain itu, juga bisa mengenai pemberian dispensasi saat pengasuh sakit, asalkan bukan karena Covid-19.

To Top