Life

Penting! Inilah 7 Rahasia Sukses Menjadi Wanita Karier Plus Ibu Rumah Tangga

Rahasia Sukses Menjadi Wanita Karier Plus Ibu Rumah Tangga

This post is also available in: English

Rahasia Sukses Menjadi Wanita Karier Plus Ibu Rumah Tangga – Peringatan hari ibu tahun ini apa yang kamu lakukan bersama wanita tersayang? Tentu saja, meskipun pandemi, kita tidak mau melewatkan momen ini. Biasanya waktu hari ibi dihabiskan dengan menikmati waktu bersama keluarga. 

hari ibu rumah tangga
foto gifpundits.com dari Pexels

Apalagi selama pandemi pasti sudah akrab di rumah saja ya. Nah membahas tentang hari ibu, ibu ini merupakan wanita yang sangat hebat. Perannya sebagai ibu bisa mengayomi seluruhnya. Dalam artian, meskipun ibu bekerja sekali pun, dirinya tetap dapat membersamai keluarga. 

Sebenarnya apa tips di balik suksesnya ibu menjadi ibu rumah tangga yang sekaligus menjadi wanita karier? Yuk disimak! 

Sebagai Ibu Rumah Tangga Sekaligus Wanita Karier, Ibu Dapat Mengatur Waktu dengan Baik 

Manajemen waktu sangat penting bagi siapa pun. Sebab, manajemen waktu inilah yang membuat hari-hari kita semakin produktif. Tanpa manajemen waktu yang baik, seluruh pekerjaan tidak dapat diselesaikan secara optimal. 

Pun perannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita karier, sang ibu harus mampu mengatur waktu dengan baik. Tentu saja dengan dua peran besar ini, kewajiban ibu menjadi bertambah. Dengan pengaturan waktu yang baik, pasti segalanya dapat berjalan maksimal. 

Nah untuk menyeimbangkan kedua tugas tersebut, ibu perlu membagi waktu menurut waktu kerja dan waktu bersama keluarga. Keduanya mesti sesuai proporsi masing-masing dan tidak boleh berat sebelah. Segala konsekuensi tersebut wajib ditunaikan bukan? 

Membagi Pekerjaan Rumah dengan Keluarga 

Masih berkaitan dengan poin pertama, agar sukses menjalani kedua peran ini, ibu semestinya dapat membagi pekerjaan rumah dengan keluarga. Pekerjaan rumah jelas seperti yang dikerjakan oleh ibu rumah tangga pada umumnya.  

Sementara sebagai wanita karier tentu memiliki tambahan pekerjaan yang tak lain adalah untuk membantu ekonomi keluarga. Nah pekerjaan kantor ini harus mampu diatur dengan baik. Jangan mencampuradukkan pekerjaan kantor dengan banyak mengerjakannya di rumah. 

Namun, kala WFH ini hal tersebut tidak dapat dihindarkan. Alhasil, solusinya adalah mengalokasikan waktu untuk memenuhi target pekerjaan kantor dahulu. Sebab, pekerjaan rumah pasti akan selalu ada setiap harinya kan, mom? 

Agar Bisa Sukses Berperan Menjadi Wanita Karier Sekaligus Ibu Rumah Tangga, Jangan Suka Menunda-nunda Pekerjaan 

Nah, menunda-nunda pekerjaan sangat akrab di telinga kita. Ketika kita telah menetapkan jadwal harian, ternyata kita kurang konsekuen terhadap jadwal tersebut. Salah satu alasan terbengkalainya jadwal tersebut adalah karena kita menunda-nunda. 

Menunda-nunda ini menjadi penyakit yang harus segera diatasi. Apalagi bagi seorang yang memiliki dua peran besar, seorang ibu rumah tangga sekaligus wanita karier. Untuk dapat menyeimbangkan pekerjaan kantor dengan rumah, jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. 

Apa yang telah kamu rencanakan, jalanilah sebaik mungkin. Sebab, jika rencana tersebut gagal, kegiatan yang kamu rencanakan pun gagal begitu saja. Dampak fatalnya adalah ibu bisa kehilangan profesinya sebagai wanita karier. 

Dukungan dari Keluarga Itu Penting 

Wanita karier bukan lagi hal yang asing di telinga kita. Namun, dalam penerapannya, masih banyak wanita yang merasa terhalangi ketika akan menjadi wanita karier. Biasanya hal ini berkaitan dengan restu dari sang suami. 

Untuk itu, meminta dukungan dari keluarga sangat penting. Tidak mungkin ibu melakukan pekerjaan tanpa restu dari keluarga, utamanya suami. Yang ada pekerjaan tersebut menjadi tidak ada keberkahan di dalamnya. 

Selain itu, dukungan dari keluarga sangat penting untuk kelangsungan dan kenyamanan wanita itu sendiri. Seorang ibu yang didukung dalam bekerja tentu akan memiliki semangat setiap hari untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin. 

Berilah Waktu Khusus untuk Keluarga 

Berperan menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karier bukan hal yang mudah. Jika menyepelekan salah satunya, hal itu akan terbengkalai begitu saja. Apalagi perannya dalam keluarga sangat penting. Untuk perkembangan anak, alokasi waktu ibu untuk keluarga sanga dibutuhkan. 

Jangan sampai karena profesinya sebagai wania karier lantas menjadikan ibu abai terhadap keluarga. Padahal kasih ibu sangat berguna. Bukankah kasih ibu sepanjang masa? Namun, mengapa harus terbatas karena urusan pekerjaan? 

Nah karena hal tersebut, untuk sukses di kedua peran ini, ibu jangan lupa selalu memberikan waktu khusus untuk keluarga ya! Misalnya akhir pekan khusus digunakan untuk menghabiskan waktu bersama. Entah sekadar jalan-jalan ataupun bermain bersama sang anak. 

Meskipun Berperan sebagai Wanita Karier dan Ibu Rumah Tangga, Semestinya Luangkanlah Waktu untuk Diri Sendiri 

“Me-time” menjadi sebutan yang akrab digunakan sebagai kondisi menikmati waktu untuk diri sendiri. Me-time ini bukan berarti menyendiri lho ya! Namun, istilah tersebut lebih merujuk kepada masa untuk berdamai dengan diri sendiri. 

Kamu tentu pernah berdiam diri kemudian merenungi apa saja yang telah terjadi pada dirimu hingga kini. Nah hal tersebut semestinya juga dilakukan oleh semua orang. Sebab, hal itu termasuk refleksi pribadi yang berguna untuk meningkatkan kualitas diri. 

Dalam perannya, ibu juga membutuhkan waktu khusus untuk diri sendiri. Dalam masa ini sebaiknya tidak ada distraksi dar sekitar. Tujuannya ialah untuk merelaksasi diri dan meminimalisasi terjadinya stress. 

Menjaga Kesehatan Adalah yang Terpenting 

Dari sekian hal tersebut, menjaga kesehatan sebagai poin terakhir justru yang paling penting. Kita tidak mungkin menjalani aktivitas dengan maksimal tanpa kesehatan yang optimal. Sebagai seorang manusia yang melakukan kegiatan setiap harinya memang wajib untuk menjaga kesehatan. 

Nah untuk mom pun demikian. Jangan pernah abai dengan kesehatan sendiri. Peran ibu sangat penting bagi keluarga. Pun juga dalam dunia pekerjaan, ibu sebagai wanita karier juga tidak mungkin diabaikan. 

Untuk itu, jaga kesehatan selalu ya bund. Agar segalanya optimal dan tidak rusak karena sakit, istirahatlah yang cukup dan rutin minum vitamin. Selain itu, aturlah pola makan bergizi dan jangan terlalu sering memaksa tubuh untuk terus bekerja. Stay safe and healthy

Baca Juga : 5 Masalah dalam Rumah Tangga yang Harus Dihindari

Sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita karier, ibu memiliki dua peran penting. Keduanya tidak boleh diabakan begitu saja. Untuk itulah, semoga 7 tips tersebut membantu para ibu agar dapat menyeimbangkan pekerjaanya. #SelamatHariIbu 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top