Life

Pentingnya Kecerdasan Emosional (EQ) Dibandingkan Kecerdasan Intelektual (IQ)

Para ahli sekarang percaya bahwa Kecerdasan Emosional yang lebih dikenal dengan EQ lebih penting dari pada Kecerdasan Intelektual atau IQ, karena ternyata lewat EQ lah kesuksesan, kualitas hubungan antar manusia dan kebahagian bisa diprediksi dengan lebih akurat. Konsep EQ atau Kecerdasan Emosional ini cukup menarik dan sudah menjadi topik pembahasan para ahli beberapa tahun belakangan ini. Awalnya terminologi EQ lebih dikenal dengan sebutan Kecerdasan Sosial pada sekitaran tahuan 1930an kemudian pada pertengahan abad ke-20 berubah menjadi Kekuatan Emosional barulah kemudian saat ini lebih dikenal dengan istilah Emotional Intellegent atau Kecerdasan Emosional sebagai pembanding dari Kecerdasan Intelektual.

Kemampuan Kecerdasan Emosional Seseorang Meliputi

  1. Mengenal dan memahami reaksi dan emosi pribadi (kesadaran diri).
  2. Mengatur, mengontrol dan beradaptasi dengan emosi, suasana hati, reaksi dan respon (manajemen diri).
  3. Memanfaatkan emosi untuk memotivasi diri sendiri dalam mengambil kesempatan, berkomitmen, bekerja keras untuk mencapai tujuan (motivasi diri).
  4. Peka terhadap perasaan orang lain, memahami emosi mereka dan memanfaatkan pemahaman tersebut agar dapat berempati (empati).
  5. Membangun hubungan baik dalam sebuah kondisi sosial, bernegosiasi dalam konflik dan bekerja dalam tim (kemampuan bersosialisasi).

Kecerdasan Emosional Untuk Kehidupan yang Seimbang

Selain itu Kecerdasan Emosional seseorang sangatlah penting dalam membangun sebuah kehidupan yang seimbang. Jangan berfikir bahwa kecerdasan emosional hanya diperlukan oleh mereka yang banyak berinteraksi secara sosial, karena pada kenyataannya kecerdasan ini dibutuhkan dalam seluruh aspek kehidupan.

  • Kemampuan manajemen diri diperlukan agar Anda bisa merawat diri Anda sendiri, khususnya ketika Anda sedang dalam keadaan tertekan karena masalah pribadi, kemampuan manajemen diri membantu Anda untuk mengatur emosi dan suasana hati yang akan bermanfaat pada kesehatan diri Anda secara utuh.
  • Kemampuan kesadaran diri akan berpengaruh pada bagaimana Anda bersikap terhadap orang-orang di sekeliling Anda. Semakin baik sikap Anda maka semakin baik juga respon yang Anda dapat dari sekeliling Anda.
  • Perasaan empati sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan. Dalam sebuah hubungan semua orang ingin merasa nyaman, dihargai dan dimengerti. Bagaimana mungkin ada orang yang akan perhatian kepada Anda jika Anda sendiri tidak bisa berempati dengan perasaan mereka.
  • Selain itu perasaan empati juga penting dalam hal mengatasi konflik, dengan berempati maka Anda bisa lebih memahami apa yang ada difikiran lawan bicara Anda sehingga proses negosiasi bisa lebih mudah dilakukan.
  • Dengan kemampuan memotivasi diri sendiri maka kesempatan Anda untuk sukses juga akan lebih besar. Selain itu jika digabungkan dengan perasaan empati maka Anda akan bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses karena pemimpin yang sukses adalah mereka yang bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh bawahannya sehingga dapat tercipta sebuah tim kerja yang solid.

Kelima poin di atas hanyalah sebagian kecil contoh penerapan Kecerdasan Emosional dalam kehidupan sehari-hari.

Kecerdasan Emosional VS Kecerdasan Intelektual

Pernahkah Anda mengikuti tes IQ? Sepertinya yang namanya IQ adalah sebuah angka ‘fix’ atau tetap yang Anda bawa sejak lahir tanpa bisa dirubah. Hal ini berbeda dengan EQ dimana kecerdasan emosional bisa Anda pelajari. Tetapi kedua jenis kecerdasan tersebut tak dapat berfungsi secara optimal ketika berdiri sendiri. Dimana ketika IQ akan membawa Anda ke sebuah pintu yang tepat maka EQ akan membantumu menentukan sejauh mana Anda akan melangkah.

Dengan kata lain tak ada kata terlambat untuk terus belajar, yang Anda perlukan lakukan hanya teruslah berobservasi dan latihan. Tak perduli berapapun umur Anda, bahkan sampai Anda tua dan renta, tak ada kata berhenti untuk terus meningkatkan kecerdasan emosional Anda agar menjadi orang yang lebih baik dan lebih bahagia.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top