Life

Pentingnya Tahu Tips Hadapi Gunung Meletus

Pentingnya Tahu Tips Hadapi Gunung Meletus Agar Selamat

Tips hadapi gunung meletus harus diketahui oleh masyarakat yang memang tinggal di sekitar gunung berapi atau bahkan di dekat beberapa gunung. Misalnya seperti warga sekitar gunung Merapi yang meletus beberapa waktu lalu.

Karena bisa memudahkan mereka untuk bisa lebih waspada ketika suatu saat gunung tersebut meletus  dan tidak membahayakan masing-masing orang yang tinggal disana. Seperti yang diketahui seluruh masyarakat Indonesia, bahwa Negara kita adalah negara yang memiliki banyak pegunungan.

Sebagai warga yang sadar akan tempat tinggalnya yang berada di sekitar pegunungan, maka Anda harus selalu siap siaga menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan, masyarakat di daerah lain dan pemerintah pun juga harus selalu siap dalam mengantisipasi yang akan terjadi ketika gunung sewaktu-waktu meletus.

Banyak yang akan dibutuhkan serta disiapkan dan bisa dianggap sebagai tips hadapi bencana tersebut, baik oleh warga sekitar maupun Pemerintah. Mulai dari sebelum gunung meletus, maupun setelahnya.

Bahayanya Gunung Meletus

Kita semua tahu, seberapa bahayanya bencana gunung meletus. Oleh karena itu, semua masyarakat harus lebih waspada ketika hal tersebut terjadi. Tingkat bahayanya pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu bahaya primer maupun bahaya sekunder.

Sepeti misalnya lava dari gunung berapi yang keluar berupa cairan api, suhunya bisa mencapai 10 ribu derajat celcius dan bisa merusak struktur apapun. Begitupun dengan awan panas yang mencapai suhu 300 hingga 700 derajat celcius, serta bisa bergerak sampai kejauhan 70 kilometer dan artinya dapat mencemarkan udara.

Dengan adanya tips hadapi bencana tersebut, pastinya bahaya yang mengancam tersebut bisa diatasi dengan baik. Bahkan, gas beracun yang berasal dari gunung meletus tersebut berbau dan bisa mematikan. N

amun, jika kita bisa mengatasinya secepat mungkin kita tidak akan terkena dampaknya. Abu vulkanik yang menyebar seperti hujan abu, juga tidak bisa dianggap enteng, karena selain berbahaya juga bisa merusak banyak hal. Karena, abu tersebut sebagian masih ada yang mengandung unsur api dari letusannya.

Tips Hadapi Gunung Meletus Agar Selamat

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang tinggal pada area sekitar gunung meletus, maka Anda wajib mengetahui beberapa tips hadapi bencana tersebut. Ini merupakan wujud rasa kewaspadaan Anda, mengingat Anda sedang bertempat tinggal pada kawasan gunung berapi. Adapun, beberapa tips yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Tidak Berada Pada Lokasi Berbahaya

Tidak Berada Pada  Lokasi Berbahaya
Tidak Berada Pada Lokasi Berbahaya

Pada saat terjadi letusan gunung, pastinya pemerintah daerah pun sudah memiliki perkiraan waktu meletusnya gunung. Dengan begitu, mereka bisa mengevakuasi penduduk yang tinggal di sekitar area kawah.

Sehingga, kawasan tersebut memang harus dikosongkan mencegah terkena bahayanya. Oleh karena itu, jangan sampai ada masih berada di daerah tersebut jika sudah diberikan aba-aba untuk meninggalkan daerah tersebut.

2. Tidak Berada di Sekitar Lembah atau Aliran Sungai

Jika masih diperkirakan aman untuk menetap di tempat Anda, pastikan Anda tidak berada di sekitar lembah atau alirah sungai. Karena, api yang menyembur dari letusan bisa berbahaya jika bercampur dengan air pada aliran sungai menjadi seperti banjir lahar. Ini bisa menjadi tips hadapi gunung meletus yang berikutnya.

3. Hindari Tempat Terbuka

Selama pasca bencana tersebut, diusahakan untuk tidak berlama-lama berada di ruang terbuka. Karena, udara yang masih tercemar dengan polusi gas beracun dan dampak letusan masih sangat kentara.

4. Jauhi dari Abu Letusan Gunung

Gunung meletus mengakibatkan banyak abu berterbangan menjadi debu dan merusak, sebisa mungkin Anda menjauhi banyak abu yang berada di sekitar Anda. Karena, cukup berbahaya.

5. Tidak Memakai Softlens

Salah satu tips hadapi gunung meletus yang juga bisa dianggap cukup penting adalah menghindari pemakaian lensa kontak atau softlens di area gunung meletus. Karena, dengan masih banyaknya abu dan debu yang tebal akan membuat mata Anda menjadi iritasi. Akan bahaya jika Anda yang menggunakan softlens, tiba-tiba mengucek mata karena debu dan abu vulkanik tersebut.

6. Memakai Kacamata Pelindung

Menghindari mata yang iritasi akibat debu dan abu vulkanik, ada baiknya menggunakan kacamata pelindung jika ingin keluar rumah.

7. Gunakan Masker atau Kain Basah Untuk Mulut

Gunakan Masker atau Kain Basah Untuk Mulut
Gunakan Masker atau Kain Basah Untuk Mulut

Kondisi pasca gunung meletus yang mengakibatkan banyak abu, asap dan gas beracun, ada baiknya kita semua menggunakan masker atau kain basah sebagai penutup mulut.

8. Gunakan Pakaian Tertutup

Karena masih kondisi suhu udara yang tidak aman, usahakan menggunakan pakaian tertutup untuk melindungi Anda sendiri.

9. Buang Abu Vulkanik Di Atas Atap

Untuk keadaan di sekitar tempat tinggal Anda, pastinya akan banyak abu vulkanik bertebaran. Buang semua abu tersebut, terutama yang ada di atas atap rumah Anda. Karena, akan merusak dan membuat atap Anda menjadi roboh.

10. Jauhi Kendaraan Dari Hujan Abu

Selain masing-masing pribadi dan rumah Anda, jauhi juga kendaraan Anda dari hujan abu vulkanik. Karena, abu inipun juga bisa merusak kendaraan Anda.

Beberapa Persiapan Sebagai Tips Hadapi Gunung Meletus

Selain tips hadapi bencana tersebut seperti yang sudah Anda ketahui, ada beberapa hal juga yang harus Anda ketahui dalam melakukan siap siaga terhadap bahaya bencana ini. Ada banyak peralatan atau persiapan yang perlu dan harus Anda penuhi, karena hal tersebut juga masih masuk dalam kategori tips menghadapi gunung meletus tersebut.

Beberapa peralatan yang harus ada pada saat terjadi pasca bencana biasanya yang paling banyak adalah masker, agar tidak menghirup udara beracun. Selain itu, ada juga kacamata pelindung, lampu senter jika terjadi mati lampu serta baterai cadangan.

Sedangkan, untuk kategori makanan harus tersedia makanan siap saji serta obat-obatan. Semua hal tersebut, harus Anda masukkan dalam daftar tips hadapi gunung meletus untuk disiapkan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top