Life

Penyebab dan Cara Menghilangkan Berpikir Negatif

Penyebab dan Cara Menghilangkan Berpikir Negatif

Negatif thinking atau Selalu berfikir negatif itu adalah sebuah penyakit atau kelainan pola fikir yang akan bisa membuat kondisimu menjadi melemah. Pikiran dan perasaan selalu terbuai dalam suasana yang tidak baik atau memiliki kecurigaan yang tidak sewajarnya. Sehingga hal ini mengakibatkan anda pada kemarahan dan juga bisa mengakibatkan stress untuk anda.

Penyebab Orang Berpikir Negatif

Penyebab pikiran negatif adalah kurang wawasan keagamaan, pola asuh keluarga yang negatif, tidak memiliki tujuan hidup jelas, rutinitas negatif, pengaruh internal, pengaruh ekternal, pengalaman masa lalu, kosentrasi hidup yang negatif, semangat hidup lemah, hubungan social yang kurang baik, pengaruh informasi media.

Pendapat Elfiky pun diperjelas oleh pendapat Sofian (2011) bahwa pikiran negatif tidak datang begitu saja, pikiran negatif merupakan akumulasi dari setiap hal yang seseorang lakukan atau terjadi di masa maupun pengaruh dari luar, seperti serbuan tayangan negatif dan pengaruh orang-orang terdekat.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Berpikir Negatif

Berikut adalah pemaparan sebab pikiran negatif :

1. Program dan riwayat masa lalu

Cara sesorang dibesarkan merupakan hal yang paling berpengaruh dalam cara berpikir seseorang tersebut. Bila seseorang dibesarkan dengan orangtua yang selalu melarang, didalam pikiran seseorang tersebut akan tertanam ketakutan dan keraguan, seseorang tersebut akan menjadi anak yang tidak berani mencoba karena orangtuanya selalu menanamkan pikiran pada suatu hal adalah berbahaya atau tidak berguna.

Bila orangtua selalu mengatakan hal-hal yang pesimitis, di dalam pikiran anak akan tertanam rasa pesimis, akibatnya anak akan tumbuh besar menjadi seseorang yang kurang memiliki rasa percaya diri.

2. Keinginan yang lemah atau bahkan tidak memiliki tujuan yang jelas

Saat seseorang sangat menginginkan sesuatu, maka akan berusaha untuk mendapatkannya. Sebelum keinginannya berhasil diperoleh, maka seseorang tersebut akan tetap focus pada keinginan dan usaha yang sedang dilakukannya.

Karena pikirannya hanya terfokus pada tujuan maka seseorang tersebut tidak akan memikirkan hal-hal lain seperti memikirkan hal-hal yang negatif. Sebaliknya, saat seseorang tidak memiliki keinginan atau tujuan yang jelas, pikiran akan mudah dirasuki pikiran negatif, terutama berangan-angan dan frustasi

3. Rutinitas negatif

Karena berlangsung setiap hari, banyak orang yang tidak menyadari rutinitas negatif yang mereka lakukan. Rutinitas negatif bisa membawa seseorang pada ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan dalam menjalani hidup.

Sebut saja seseorang yang melakukan pekerjaan dalam waktu lama akan merasa menjadi pekerjaan yang tidak bermakna baginya sehingga merasa kehidupannya hambar dan berahkir pada kesedihan dan mengalihkan pada suatu rutinitas yang dianggapnya lebih aman seperti rutinitas melihat televisi yang memunculkan pikiran negatif seperti malas, pesimis, ragu, atau takut mencoba hal-hal baru di luar dan merasa memilih menonton televisi karena dianggapnya lebih aman.

4. Pengaruh Internal

Banyak orang yang dengan mudah menghakimi diri sendiri dengan pendapat-pendapat negatif. Contohnya wanita merasa dirinya tidak cantik atau merasakan kekurangan pada bagian tubuh tertentu.

Hal ini melemahkan kepercayaan diri mereka bahkan mampu membuat mereka mengasingkan diri. Bisa dikatakan bahwa orang yang paling menderita ialah orang yang tidak dapat menerima dirinya sendiri. Kesulitan ini memudahkan seseorang untuk berpikir negatif seperti minder, ragu-ragu, cemas, takut, pesimis, berprasangka buruk, mudah mengeluh dan lain-lainnya (Elfiky, 2011).

5. Pengaruh Eksternal

Orang terdekat (orangtua, saudara, keluarga, guru, dan teman), tayangan media merupakan faktor-faktor dari luar individu yang dapat mempengaruhi pikiran seseorang menjadi positif maupun negatif. Misalnya seseorang yang terbiasa sering ditertawakan atau dipermalukan dalam melakukan suatu hal dalam lingkungan sekitarnya maka kecenderungan orang tersebut akan menjadi pesimis.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Berpikir Negatif

Untuk dari itu disini kita membahas agar semua itu tidak terjadi dengan mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif ?

Langkah Menghilangkan Pola Pikir Negatif untuk hidup yang bahagia

1. Berfikir Kita Hidup Tak Sendirian

Ketika anda berfikiran negatif lawanlah dengan cara kalau anda tidak hidup sendirian di muka bumi ini. Anda butuh bersosialisasi dengan yang lain. Dan yakini anda membutuhkan orang lain selama anda hidup sehingga akan muncul kembali pemikiran yang positif.

2. Hilangkan Emosimu

Ya besarnya timbul fikiran negatif karna emosi yang tidak terkontrol. Biasanya disaat marah dengan seseorang entah apa itu penyebabnya namun terkadang juga tidak ada masalah tetapi anda berfikir kalau dia itu melakukan sesuatu. Ketahuilah itu hanya emosimu saja mungkin emosi karna kangen atau ingin di mengerti olehnya. Tetapi jika emosi belum juga terkontrol maka beralihlah keluar dari tempat anda dan lampiaskan emosi anda di suatu tempat yang sunyi.

3. Bergaul Dengan Orang Yang Bisa Memotivasi Anda

Sedikit banyak anda bergaul dengan orang baik maupun buruk prilakunya maka sedikit banyak pula hal tersebut menempel pada diri anda. Tips dari saya Saat anda merasakan emosi yang tinggi atau perasaan yang belum tentu nyata maka pergilah keluar dan berkumpul lah dengan teman-teman yang dapat menghibur anda dan memberikan beberapa penjelasan, dipastikan perasaan anda akan tenang dan membaik kembali. Setelah membaik berfikir ulang bahwa anda akan mencoba untuk menghilangkan perasaan yang belum tentu benarnya.

4. Tanamkan Perasaan Bertanggung Jawab

Jika anda sudag menanam perasaan ini secara baik di pikiran anda, maka akan sulit terjadi perasaan negatif tersebut. Kenapa? Karena perasaan negatif timbulnya karena anda merasa diri anda adalah korban, Namun dengan anda memiliki pola pikir yang bertanggung jawab maka anda akan siap menanggung apapun yang akan terjadi baik atau pun buruk tanpa adanya pemikiran yang negatif.

5. Temukan Titik Terang Dan Menjadi Orang Yang Baik

Langkah ahir yang sudah pasti akan menghilangkan perasaan negatif dari pikiran anda. Mencari Titip terang untuk berpikir jernih dan mengubah diri untuk menjadi baik ini langkah yang sudah menjamin anda terhindar dan memiliki sifat buruk itu.

Baca Juga : Kebaikan Akan Berbalas Dengan Kebaikan Pula

Motivasi diri anda untuk menjadi yang terbaik dan apapun yang terjadi anggap saja itu takdir dan berfikir positiflah terhadap apapun yang telah terjadi yang anda alami. Lalu Berfikir dengan titik terang manfaat dan akibat berfikir positif apakah berguna bagi anda ? itu adalah pilihan.

Baca Juga : 9 Cara Agar Semangatmu Terjaga

Hal yang di atas bisa memotivasi anda agar terhindar dari sifat yang buruk tersebut yang selalu berfikir negatif terhadap apa yang telah terjadi. Semoga dapat membantu anda jika memiliki pemikiran yang selalu buruk tersebut. Manfaat memiliki sifat tersebut pasti tidak ada, yang ada hanya akibat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top