Life

Peradaban Yang Hilang

peradaban hilang

Banyak diantara kita yang telah membaca dan mempelajari tentang sejarah masa lalu, entah dari buku-buku maupun kitab suci. Namun demikian, beberapa sejarah peradaban mengalami distorsi, terabaikan dan pada akhirnya menghilang sama sekali.

Inilah mengapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa sejarah peradaban manusia yang dapat dikatakan hilang, lebih banyak dari yang kita kira. Berikut ini adalah daftar beberapa peradaban hilang pada posisi-posisi teratas yang mengundang rasa penasaran dan ketertarikan yang tinggi bagi orang untuk sekedar ingin tahu atau menyelidikinya dan dikaitkan dengan kebudayaan atau peristiwa yang pernah terjadi.

GŐBEKLI TEPE

Peradaban prasejarah yang berupa tempat ibadah ini berdiri pada tahun 10.000 tahun sebelum Masehi dan berlokasi di negara yang kini kita kenal sebagai negara Turki. Tempat ini dianggap sebagai kuil tertua yang pernah ada. Tempat yang ditemukan pada Timur Pegunungan Taurus ini merupakan biara Armenia yang menghadap ke situs tradisional Taman Eden. Tempat ini saat ini tengah dalam penggalian arkeolog Jerman dan Turki dengan tujuan salah satunya adalah untuk mengetahui alasan mengapa tempat ini menjadi terlupakan, terbengkalai dan hilang.

NABTA PLAYA

Inilah salah satu peradaban hilang yang paling pertama diketahui orang. Peradaban ini ada sekitar tahun 6500 dan 7000 sebelum Masehi di sebuah area di lokasi yang kita kenal sebagai Sahara, Mesir. Peradaban ini hilang diperkirakan disebabkan oleh perubahan pola cuaca. Penduduknya mengandalkan hidup pada hasil pertanian, menghasilkan karya keramik-keramik besar yang indah. Salah satu hasil karya mereka adalah sebuah lingkaran bebatuan yang menunjukkan bahwa mereka memiliki pencapaian pada bidang astronomi

ÇATALHÖYÜK

Çatalhöyük seringkali disebut sebagai salah satu kota tertua di dunia. Peradaban ini terlihat di sekitar 9000 tahun yang lalu. Tanda-tanda keberadaan mereka dapat dilihat di sebuah lokasi di sebelah selatan Turki saat ini. Meskipun tidak banyak peninggalan yang mereka ciptakan, namun beberapa menunjukkan bahwa mereka telah memiliki tekhnologi yang canggih. Alasan mengapa kota dimana peradaban ini berasal ditinggalkan dan terbengkalai belum jelas, namun diperkirakan karena cuaca dan penyakit.

PERADABAN LEMBAH INDUS

Area ini sedemikian populer dan dapat dimungkinkan pernah memiliki populasi sebanyak kurang lebih 5 juta orang. Peradaban ini pernah menempati beberapa area negara yang saat ini kita kenal dengan Pakistan, Iran, Afganistan dan India. Musnahnya peradaban ini lagi-lagi diperkirakan karena adanya perubahan pola cuaca sehingga tanaman sulit untuk tumbuh dan memaksa penduduknya untuk pindah.

NIYA

Peradaban kuno yang satu ini menempati gurun Taklamakan di China dan diperkirakan memegang peranan penting dalam rute perdagangan. Peradaban ini berkembang pada sekitar 1600 tahun yang lalu. Alasan mengapa peradaban ini punah dalah karena ada penggunakan air yang berlebihan bagi perjalanan, membuat daerah ini tidak produktif. Hal ini menyebabkan orang semakin jarang mengunjungi tempat ini sehingga penduduknya berpindah untuk mencari area yang lebih produktif dan menarik wisatawan berkunjung.

CAHOKIA

Cahokia adalah sebuah peradaban yang pernah ada di wilayah Amerika Serikat jauh sebelum wilayah ini dikuasai oleh orang-orang Eropa. Peradaban ini ada sekitar tahun 600-1400 Masehi dan kita masih bisa menyaksikan sisa-sia peninggalannya di daerah Illinois. Cahokia merupakan peradaban yang cukup berkembang pesat karena mereka memanfaatkan jalur sungai untuk dapat langsung terhubung dengan wilayah perkotaan. Kepunahan mereka belum diketahui dengan jelas namun diperkirakan karena penyakit, sebab meskipun dapat dikatakan sebagai peradaban maju, namun masyarakat disana tidak mengenal system sanitasi.

MAYA

Peradaban yang satu ini mungkin adalah peradaban yang paling dikenal orang dan akrab di telinga kita hingga saat ini. Suku Maya yang hidup selama tahun 900 Masehi ini dikenal dengan tekhnologi nya yang canggih selain juga ilmu matematika praktis dan ilmu astronomi. Musnahnya peradaban ini juga karena perubahan iklim yang berakibat pada masyarakatnya sulit mendapatkan bahan makanan yang diperlukan.

ANGKOR

Berlokasi di Kamboja, lokasi Angkor saat ini memang berada di tengah hutan namun saat peradaban ini masih ada, lokasinya terhubung dengan jalan raya dan banyak kanal. Angkor disebut sebagai peradaban urban terbesar di sekitar tahun 1000-1200 Masehi. Alasan musnahnya peradaban ini belum jelas namun diperkirakan dikarenakan penyakit dan peperangan dan memaksa penduduknya berpindah.

THE TURQUOISE MOUNTAIN a.k.a FIROZKOH

Peradaban Yang Hilang

Peradaban ini pernah menempati sebuah area di Afganistan dan meninggalkan sebuah monumen yang menunjukkan keberadaan peradaban ini dahulu kala. Wilayah ini dulunya merupakan tempat yang dihuni penduduk yang berasal dari berbagai agama dan kepercayaan dimana mereka hidup rukun dan damai. Sebuah konsep luar biasa yang bahkan sulit diterima pada jaman ini. Peradaban ini dikenal sangat kosmopolis sehingga sampai saat ini kepunahan bangsa ini masih menjadi tanda tanya.

PULAU PASKAH

Peradaban Yang Hilang

Pulau Paskah diduga berkembang pada tahun 700-1200 Masehi dan sangat dikenal dengan keberadaan patung-patung kepala raksasa nya. Sebagian besar orang tidak dapat memahami bagaimana masyarakat pada masa itu mampu membuat patung semacam itu.

Baca Juga : Kota Terapung Di dunia

Peradaban di Pulau Paskah dikabarkan musnah dikarenakan kesalahan dari masyarakatnya sendiri. Mereka melakukan eksploitasi sumber daya alam seperti melakukuan penebangan pohon dengan membabi buta sehingga penduduknya harus segera pindah.

To Top