Life

Percaya Atau Tidak 10 Trik Psikologi Ini Bisa Membuat Hidupmu Lebih Mudah

psikologi

Berkomunikasi dengan orang lain bukanlah perkara mudah namun tahukan Anda bahwa ternyata agar hidup Anda lebih mudah terdapat beberapa trik psikologi yang bisa Anda pelajari. 10 trik psikologi untuk membuat hidup lebih mudah merupakan cara-cara yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga proses komunikasi dengan orang disekitar Anda menjadi lebih mudah dilakukan dan maksud sebenarnyapun tersampaikan sehingga meminimalisir kesalahpahaman yang sering kali terjadi ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik.

  1. Tatap mata lawan bicara ketika jawaban yang diberikannya tidak memuaskan Anda.

Pasti ada kalanya ketika Anda mengajukan pertanyaan, lawan bicara Anda menjawab dengan jawaban yang tidak sesuai harapan Anda. Dari pada mengulangi pertanyaan Anda, coba tatap matanya, kondisi ini membuat lawan bicara Anda merasa agak sedikit tertekan sehingga dia akan kembali menjelaskan kepada Anda tentang jawabannya sampai dirasanya Anda mengerti.

Trik Psikologi Ini Bisa Membuat Hidupmu Lebih Mudah

  1. Tetap tenang walaupun lawan bicara Anda meninggikan nada suaranya.

Dalam sebuah perdebatan selalu berusahalah untuk tetap tenang walaupun lawan bicara Anda meninggikan suaranya. Kemarahan biasanya bersifat sementara dan biasanya orang yang marah-marah pada akhirnya yang duluan merasa bersalah dan meminta maaf.

  1. Duduk berdekatan dengan lawan debat Anda ternyata ampuh untuk mengatasi serangan.

Dalam sebuah pertemuan biasanya Anda sudah memprediksi siapa yang akan menjadi lawan Anda. Jangan menjauhinya tapi cobalah duduk disebelahnya. Kondisi ini memang tidak nyaman pada awalnya tapi hal yang sama juga akan dirasakan oleh lawan Anda dan kondisi ini dapat membuat pertahannya goyah.

  1. Selalu mengingat nama setiap orang jika Anda ingin populer.

Sebenarnya tidak sulit untuk menjadi populer di lingkungan kerja Anda, selalu ingat semua nama orang dan sebut namanya ketika berbicara. Hal ini ternyata dapat membuat lawan bicara Anda merasa lebih spesial sehingga mereka akan lebih menyukai Anda.

  1. Ketika Anda merasa stress atau gelisah tuliskan saja.

Kebiasaan orang dulu menuliskan pemikirannya dalam sebuah diari pribadi bukan tanpa alasan karena ternyata hal ini dapat membuat fikiran menjadi lebih ringan. Biasanya ketika merasa stress orang sering ‘curhat’ dengan orang lain dan setelahnya pasti merasa sedikit lega, ternyata hal yang sama juga bisa Anda lakukan yaitu menuliskan segala kegelisahan Anda juga bisa membuat Anda menjadi sedikit lebih lega.

  1. Ketika berada dalam situasi sulit coba fokuskan pada hal-hal yang bisa Anda selesaikan.

Jika Anda dihadapkan pada beberapa situasi sulit jangan coba untuk menyelesaikan segalanya sekaligus tapi mulailah menyelesaikan hal-hal yang pasti bisa Anda selesaikan terlebih dahulu satu persatu.

  1. Postur tubuh Anda juga berpengaruh pada kepercayaan diri.

Selalu duduk dengan postur yang sempurna dan berjalan dengan postur yang baik ternyata berpengaruh terhadap kepercayaan diri Anda begitu juga dengan orang di sekitar Anda.

Tetap tenang walaupun lawan bicara Anda meninggikan nada suaranya.

  1. Ternyata ada trik untuk selalu memenangkan permainan ‘gunting, batu, kertas’.

Trik yang satu ini memang agak sedikit aneh tapi coba saja dan buktikan hasilnya. Ketika hendak mulai permainan ini coba lontarkan pertanyaan acak kepada lawan main dan akibatnya perhatiannya akan teralihkan. Jika sudah begitu orang cenderung mengeluarkan ‘gunting’.

  1. Buatlah orang lain merasa dibutuhkan ketika Anda meminta bantuan.

Yang sering terjadi adalah orang bersikap gengsi bahkan ketika memerlukan bantuan sehingga hasilnya orang tidak jadi membantu. Jika Anda ingin dibantu cobalah gunakan kata-kata seperti ‘saya sangat butuh bantuanmu’ yang secara psikologis akan membuat lawan bicara Anda merasa dibutuhkan sehingga tergerak untuk membantu Anda.

  1. Selalu bersalaman dengan tangan hangat.

Tangan yang hangat memberikan efek friendly kepada lawan bicara Anda sementara tangan yang dingin selalu diasosiasikan dengan sifat penuh kecurigaan dan ketidakpercayaan.

Perlu untuk Anda catat bahwa kesepuluh hal di atas jangan salah diartikan sebagai proses manipulasi sehingga Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, tapi sebagai sebuah solusi komunikasi sehingga maksud Anda tersampaikan dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top