Life

Perhatikan 5 Tantangan, Ketika Baru Pertama Masuk Dunia Kerja

Perhatikan 5 Tantangan, Ketika Baru Pertama Masuk Dunia Kerja

Kerja menjadi suatu aktivitas utama untuk mempertahankan hidup. Setiap orang yang sudah menuntaskan pendidikannya maupun seorang kepala keluarga, single parent membutuhkan pekerjaan agar tetap mendapatkan penghasilan. Bagi yang sudah lama terjun di dunia pekerjaan, mereka akan paham bagaimana dunia kerja itu. Namun, bagi yang baru memasuki dunia kerja tentunya akan mengalami banyak tantangan baru.

Memasuki dunia kerja pertama kali memang menjadi momok bagi yang belum memiliki pengalaman. Seseorang akan dihadapkan dengan situasi dan kondisi yang baru, tentunya beda dengan dunia sekolah maupun kampus. So, menyiapkan diri dan mental ketika baru pertama kali terjun ke dunia kerja itu perlu. Karena tantangan atau kondisi yang akan kalian hadapi sangat berbeda. Simak 5 tantangan atau kondisi yang akan kalian hadapi ketika baru pertama kali masuk di dunia kerja sebagai berikut:

Sikap Atasan

Jika kalian bekerja pada suatu perusahaan pastilah ada atasan yang memimpin. Kali ini untung-untungan, karena sikap atasan itu bermacam-macam. Bisa saja kalian mendapat atasan yang baik namun terlalu menekan dalam pekerjaan, ada pula atasan yang galak dan jutek namun tidak menarget suatu pekerjaan, ada pula atasan yang nyinyir biasanya kaum wanita, dsb. So, kalian harus terus professional dalam pekerjaan sesuai porsi masing-masing.

Intruksi dan Tugas Kerja

Dunia kerja juga tidak akan lepas dengan intruksi, tugas-tugas yang harus dikerjakan. Terkadang banyak sekali tugas yang harus dilakukan dalam sehari sehingga harus lembur. Pemberian instruksi pun macam-macam ada yang jelas dan tegas, ada yang berbelit-belit adapula yang mengharuskan kalian membuat konsep sendiri. Hal tersebut tergantung atasan dan bidang pekerjaan.

Deadline dan Lembur

Jika kalian dikejar deadline ketika bersekolah maupun kampus, jaminannya hanya nilai. Akan tetapi di dunia kerja banyak sekali yang harus dipertaruhkan dari gaji, masa kerja hingga klien atau customer. Jadi, kalian harus menghadapi yang namanya dikejar deadline dan harus lembur dalam dunia kerja. Siapkan mental dan fisik ya, guys

Sikap Team Kerja atau Teman Kerja

Nah, terkadang ini yang menjadi kompleks dalam dunia kerja. Selain atasan kalian juga menghadapi sikap teman atau team kerja kalian. Mengamati pribadi baru serta perlakuan mereka terhadap kalian. Selain itu, biasanya juga ada persaingan satu sama lain. Kalian bisa belajar dari senior dan menyesuaikan diri serta selalu ramah kepada teman kerja agar ada kenyamanan saat bekerja.

Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja juga sangat berbeda ketika kita mencari nilai disekolah maupun dikampus. Penilaian dalam dunia pedidikan mengacu pada jawaban yang salah maupun jawaban benar dari sebuah pertanyaan. Akan tetapi, penilaian dalam dunia kerja harus ada pengembangan potensi, konsep serta inovasi untuk beberapa bidang tertentu. Jangan khaeatir jika kalian baru pertama kali kerja. Kalian bisa mengamati lingkungan kerja untuk belajar dan bersikaplah ramah agar selalu nyaman bergaul dengan siapa pun.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top