Life

Perhatikan! Apakah Kamu mengalami Gejala Depresi?

Perhatikan! Apakah Kamu mengalami Gejala Depresi?

Setiap orang pasti pernah mengalami depresi. Karena depresi adalah suasana hati yang memburuk dan berlangsug selm kurun waktu tertentu. Berubahnya suasana hati bisa berlangsung berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Hal tersebut akan mempengaruhi perasaan, perilaku hingga pola pikir. Banyak orang yang menganggap bahwa depresi adalah hal sepele, perubahan suasana hati yang sementara saja, padahal terdapat hampir satu juta orang di dunia melakukan bunuh diri akibat depresi. Lalu, apa saja yang menjadi gejala depresi? Simak sebagai berikut;

• Sedih Berkepanjangan
Sedih atau berduka dalam kurun waktu yang lama akibar kehilangan maupun luka yang mendalam. Selain merupakan gejala depresi, para ahli juga mengatakan rasa berduka yang berkepanjangan akan memicu gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, kebiasaan merokok, dan dirawat di rumah sakit.

• Terlalu Sensitive
Orang yang depresi akan mudah sensitive terhadap segala hal yang ada di sekitarnya, mudah marah, mudah tersinggung bahkan menangis. Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan orang sekitar karena sikap sensitive menimbulkan suatu pandangan yang aneh.

• Hilangnya Rasa Percaya Diri
Gejala depresi berikutnya adalah hilangnya kepercayaan diri, orang yang mengalami depresi akan merasa minder terhadap dirinya sendiri. Mereka merasa memiliki kekurangan dibandingkan dengan lainnya, bahkan mereka cenderung malu untuk tampil di depan umum.

• Putus Harapan
Gejala ini hampir sama dengan hilangnya kepercayaan diri, putus harapan seperti seolah-olah mereka tidak akan mendapatkan suatu kebaikan yang akan menghampiri mereka.

• Hilangnya Motivasi
Motivasi dalam hal ini bersifat umum, bisa saja motivasi untuk bekerja akan menurun membuat seseorang tidak produktif dan cenderung malah. Mereka akan kehilangan konsentrasi yang menyebabkan pekerjaan menjadi kacau. Tidak ada semangat untuk bekerja maupun menjalani aktivitas lainnya.

• Mudah merasa Lelah
Orang yang depresi akan lebih cepat merasakan lelah. Energi dalam tubuh mereka bukan untuk produktifitas dalam bekerja maupun aktivitas lainnya, namun hanya digunakan untuk memikirkan hal-hal negative yang menyebabkan mereka lebih mudah lelah.

• Perasaan Bersalah
Hal ini tidak akan dipungkiri lagi, isa disimpulkan dari beberapa gejala di atas. Orang yang mengalami depresi cenderung menyalahkan dirinya sendiri. Ia menganggap dirinya gagal dan tidak bertanggung jawab, perasaan bersalah akan menghantuinya yang menjadikan keresahan sehingga hidupnya tidak tenang.

• Suka Menyendiri
Orang yang depresi akan lebih suka menyendiri, mereka menutup dirinya dari keramaian. Mereka menganggap kesendirian adalah tempat yang nyaman sehingga tidak ada orang lain yang memperhatikannya. Bahkan dalam keadaan sendiri, menangis dan melamun menjadi sebuah kebiasaan.

Beberapa gejala depresi di atas bisa dialami atau pernah di alamai oleh sebagian orang. Perhatikan lingkungan sekitar, jika teman kamu mengalami hal tersebut kamu berhak untuk menjalin keterbukaan agar depresi tidak semakin parah. Jangan anggap sepele masalah pelik tersebut, mencegahnya dengan sering berolah raga dan mengurangi alcohol serta terbuka terhadap anggota keluarga menjadi pilihan tepat. Keep healty guys!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top