Life

Perlu Belajar Seharian? Simak Cara Efektifnya

Hampir semua orang meyakinkan kita bahwa ‘sistem kebut semalam’ adalah cara yang salah dalam belajar. Kita sendiri juga percaya bahwa belajar sebaiknya dilakukan setiap saat meskipun hanya dalam waktu singkat, dengan harapan kita tidak perlu panik saat masa ujian atau test tiba. Tetapi bagaimanapun, tetap saja sehari sebelum ujian kita perlu merangkum semua yang telah kita pelajari sebelumnya dan mengingatnya kembali agar lebih fresh dan memastikan tidak ada yang tertinggal. Sepandai-pandainya kita, serajin apapun kita belajar, jarang kita bisa bersantai saat akan dihadapkan pada ujian keesokan harinya.

Pada saat seperti ini, yang sangat kita perlukan adalah konsentrasi penuh dan berharap tidak ada gangguan yang membuat waktu terbuang dan konsentrasi buyar. Berikut ini adalah beberapa cara efektif agar kita dapat berkonsentrasi belajar seharian :

  1. Pahami waktu belajar terbaik

Pikiran dan tubuh kita mengikuti siklus normalnya, jadi ada baiknya jika kita sesuaikan. Belajarlah pada waktu pagi hari hingga maksimal jam 10 atau 11 malam dan tidak lebih. Setiap 1 jam sekali, istirahatnya selama kurang lebih 10 menit, dan ambil waktu istirahat lebih lama saat makan siang atau makan malam. Setelah itu segeralah tidur dan bangunlah pagi-pagi jika perlu untuk merefresh pelajaran kita secara singkat. Usahakan kita cukup tidur, kurang lebih selama 7 jam dalam semalam. Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi, membantu kita mampu menangkap informasi dengan cepat dan mengatur hormon dalam tubuh.

  1. Kombinasikan tekhnik belajar

Cara belajar paling mudah memang adalah membaca artikel atau buku satu persatu, namun ternyata cara ini kurang efektif. Kita akan merasa sangat lelah setelah belajar selama 5 jam dan dikhawatirkan justru akan melupakan apa materi yang telah kita pelajari saat lembar ujian sudah di depan mata. Coba praktekkan beberapa metode belajar yang ada seperti misalnya kombinasikan membaca dan menulis, belajar sambil berdiri dan membaca dan menghapal serta mengulang apa yang kita baca dengan cara disuarakan dengan keras, bertukar pikiran atau belajar bersama dengan teman, dll. Kombinasi cara belajar membuat kita bukan hanya hapal namun juga memahami. Kelebihan lainnya, cara ini membuat kita tidak merasa lelah bahkan jika harus belajar seharian.

  1. Antisipasi terhadap gangguan

Jika kita memerlukan waktu seharian untuk belajar maka kita tentunya harus mengesampingkan keinginan untuk melakukan atau memenuhi kebutuhan personal kita. Namun seringkali kita tergoda untuk melakukan kegiatan pribadi daripada belajar, sehingga kita harus mempelajari pola gangguan nya dan cobalah untuk menghindarinya. Janjikan diri kita untuk bersenang-senang jika saat ini sukses dalam belajar. Kalau perlu rencanakan untuk memberi hadiah pada diri kita sendiri. Dengan cara ini kita akan lebih bersemangat dalam belajar dan setelahnya dapat bersenang-senang tanpa merasa terbebani. Hal ini juga termasuk jika saat itu kita sedang dirundung masalah. Ingatlah bahwa kita sendiri yang memegang kendali terhadap pikiran kita.

  1. Mengorganisir segala sesuatu

Rapikan semua file dan catatan kita. Jadikan satu folder atau satu binder. Pastikan semua bahan dan dokumen sudah tersedia dan mudah kita akses. Jangan sampai saat diperlukan kita malah buang banyak waktu hanya untuk mencari-cari file atau catatan.

  1. Memilih tempat belajar yang sesuai

Spot belajar kita, di kamar maupun di perpusatakaan harus tenang kondisinya serta bebas gangguan. Spot ini haruslah bebas binatang peliharaan, TV, atau apa saja yang dapat mengganggu konsentrasi kita. Gunakan tempat duduk yang nyaman dan cahaya lampu yang cukup sehingga tidak membuat kita pegal atau sakit pada bagian leher, punggung dan mata. Rasa sakit membuat belajar kita terganggu. Sebaiknya tidak belajar diatas tempat tidur. Gunakan kursi dan meja untuk belajar.

  1. Sediakan camilan sehat

Sediakan makanan ringan yang dapat kita jangkau dari meja belajar kita seperti sebatang coklat, kacang, apel, stoberi atau bluberi. Sediakan air putih. Sebaiknya banyak minum air putih daripada mengkonsumsi minuman berenergi, teh atau kopi. Minuman-minuman semacam itu bisa saja membuat kita melek, namun selanjutnya membuat kita lelah tak tertahankan. Makanan yang direkomendasi adalah dark chocolate, bayam, brokoli dan ikan-ikanan.

  1. Matikan seluruh perangkat elektronik

Matikan seluruh perangkat elektronik yang memungkinkan munculnya gangguan, termasuk PC atau laptop jika itu tidak diperlukan untuk belajar.

  1. Pelajari yang lebih sulit terlebih dahulu

Jika kita mendahulukan pelajaran yang mudah terlebih dahulu, maka sepanjang waktu kita akan mengkhawatirkan materi yang sulit. Jadi, pelajarilah hal yang menurut kita lebih sulit terlebih dahulu, dan buatlah limit waktu untuk suatu materi untuk segera menuju bahan selanjutnya. Jangan sampai satu materi membuat kita stress karena tidak dapat kita selesaikan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top