Life

Persiapkan Diri Menghadapi Bermacam Karakter HRD

Bagi kalian yang sudah lulus kuliah atau sekolah kejuruan, pastinya ingin terjun ke dunia kerja. Dunia kerja tidak asing dengan HRD yang merupakan kepanjangan dari Human Resources Development. HRD biasanya akan kalian temui ketika sesi wawancara. Banyak sekali macam HRD dengan karakternya masing-masing. Sebelum kamu menghadap HRD, kamu bisa paham beberapa tipe dan karakter HRD di bawah ini. Siapa tahu, dengan mengetahu tipe HRD kamu bisa mencari strategi untuk mengambil hatinya;

Pelit

Tipe HRD yang satu ini biasanya paling banyak membahas masalah gaji. Jika kamu sebelumnya bekerja, pasti kamu dikerjar banyak pertanyaan yang berhubungan dengan gaji kamu. Menjawabnya pun harus tepat lebih berapa ribu, dsb. Jika bertemu dengan HRD ini, kamu yang tampangnya biasa tidak usah khawatir. Karena kebanyakan dari mereka lebih mementingkan itung-itungan masalah gaji daripada muka yang oke.

Genit

Kedua, berlaku pada cewek maupun cowok yang memiliki tampang oke nih. Jika kalian berkesempatan interview dengan HRD tipe ini pasti akan bernasib mujur. Pengalaman bukan menjadi hal utama, asal bening aja deh kalian pasti aman. Akan dipertimbangkan untuk diterima menjadi karyawan. Kemudian, pasti kalian juga merasakan sesi interview yang lama, karena emang si HRD sengaja ingin berlama-lama dengan kamu.

Baperan

Baperan bukan hanya soal perasaan ya guys. Tapi juga masalah kelakuan dan sopan satun. Kalau menemui HRD yang seperti ini, kamu harus jaga sikap. HRD yang baperan menilai dari awal pertama kalian bertemu. Selain itu, bisa juga mereka memiliki sifat yang sensitif terutama HRD wanita. So, siapkan sikap yang baik, pasang tampang penurut aja deh pasti bakal aman.

Humble

Yang satu ini tentunya sangat kalian harapkan dari proses wawancara. HRD humble bukan hanya ramah senyum dan bicaranya luwes serta pandai membawa suasana menjadi enjoy. Tapi, kalian akan merasa lebih akrab bahkan merasa sudah lama kenal ketika bertemu dengan HRD tipe tersebut. Apalagi jika kamu memiliki hal menarik, semisal sama-sama suka nonton bola. Proses interview kamu terasa menyenangkan. Terkadang, ketika menemui hal seperti itu tetap saja ada hal lain yang membuat kamu melepas pekerjaan, semisal gaji tidak cocok, sistem kerjanya tidak sesuai keinginanmu dll.

Belagu

Terakhir dan paling menyebalkan dari tipe sebelumnya. Sikap belagu seorang HRD menjadikan suasana interview seperti tawuran. Pasti ada aja yang diceritakan tentang kehebatannya. Proses interview terasa acara motivator, lebih mengarah ke angkuh sih. Biasanya HRD yang belagu susah sekali nyari karyawan karena mereka menuntuk sesuatu yang menyerupai dengan apa yang ia pikirkan, bukan kebutuhan perusahaan.

Jangan khawatir soal menyoal pekerjaan, karena sesulit apapun itu pasti kamu akan diberikan jalan oleh sang pencipta. Namun, dengan syarat kamu berusaha dengan baik, sungguh-sungguh dan berniat untuk bekerja. Waktu akan mengarahkanmu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passionmu. HRD hanyalah jembatan yang mengantarkan diri kita mendapat pekerjaan. So, percaya diri saja jika kamu memiliki potensi untuk bekerja di perusahaan yang kamu pilih. Keep spirit guys!

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top