Life

Profil Sandiah Ibu Kasur yang Jadi Google Doodle 16 Januari 2022

Profil Sandiah Ibu Kasur yang Jadi Google Doodle 16 Januari 2022

Siapakah sosok Sandiah Ibu Kasur yang dijadikan Google Doodle hari ini, Minggu (16/1/2022)? Simak artikelnya di sini.

Google Doodle hari ini merayakan hari ulang tahun penghibur sekaligus pendidik anak-anak Indonesia Sandiah, atau yang akrab dikenal Ibu Kasur oleh para penggemarnya. Sandiah Ibu Kasur dikenal sebagai sosok yang sabar serta penyayang.

Ia mengajarkan berbagai pelajaran di sejumlah platform dan menanamkan nilai-nilai moral kepada generasi muda Indonesia. Ia juga dikenal sebagai pembawa acara anak-anak terkenal “Taman Indria.”

Profil Sandiah Ibu Kasur

Ibu Kasur memiliki nama lahir Sandiah, ia lahir pada 16 Januari 1926 di Jakarta. Nama Kasur sebenarnya adalah Kak Soer yang merupakan sapaan akrab sang suami, yakni Soerjono, sewaktu ia muda. Soerjono yang awalnya disapa Kak Soer, setelah menikah akhirnya dipanggil Pak Kasur sedangkan sang istri dipanggil Bu Kasur.

Sandiah Ibu Kasur bertemu sang suami setelah bergabung dengan Pramuka Indonesia. Memiliki dedikasi tinggi pada pendidikan anak-anak yang berkembang di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Bu Kasur dan sang suami akhirnya membuka sekolah pendidikan dini bernama TK Mini di rumah pribadi mereka pada 1965.

Sekolah inilah yang jadi dasar pengabdiannya seumur hidup kepada pendidikan generasi muda Indonesia.

Lihat Juga: Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama Indonesia Yang Ditampilkan Google Doodle Hari Ini

Pembawa acara program anak-anak ini pun makin melebarkan program pendidikannya ke seluruh Indonesia melalui program anak-anak yang disiarkan di Radio Republik Indonesia. Selain itu, Sandiah Ibu Kasur juga menjadi Ketua Yayasan Setia Balita, yang pada 1990-an mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional.

Ibu Kasur juga menjadi editor majalah anak, memproduksi film anak dan membuat lagu anak-anak. Jika mendengarnya dengan teliti, Anda bisa mendengar bahwa ia membuat lagu tanpa menyertakan huruf ‘r’. Alasannya, agar lagu-lagu tersebut lebih mudah diingat dan diucapkan.

Pada peringatan Hari Anak Nasional tahun 1988, Sandiah Ibu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas dedikasi dan prestasinya di dunia pendidikan.

Pencipta Ratusan Lagu Anak

Sosok Sandiah Ibu Kasur selain dikenal sebagai pengajar, ia juga dikenal sebagai seniman yang menciptakan lagu anak. Kini tercatat 150 lagu ia ciptakan, seperti lagu berjudul “Bertepuk Tangan” dan “Kucingku”, yang hingga kini masih dinyanyikan oleh anak-anak Indonesia.

Lihat Juga: Mengenal Marie Thomas, Sosok Yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini

Nama Ibu Kasur tentu sangat akrab di telinga para generasi 90-an, bahkan mungkin namanya masih dikenali oleh generasi milenial saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top