Life

Punya Kepribadian ISTP? Anda Harus Ketahui Hal Ini

Kepribadian ISTP

Apakah Anda mengetahui tentang kepribadian ISTP dalam tes MBTI? Tes ini merupakan tes kepribadian khusus dengan pendekatan spesifik. Katharine Cook Briggs beserta anaknya pada tahun 1942 yang mengembangkannya.

MBTI adalah kepanjangan dari Meyers Briggs Type Indicator. Tes ini mengacu pada kepribadian seseorang yang sangat beragam. Tujuannya adalah agar orang-orang dapat lebih mengenali diri mereka sendiri dan dapat mengetahui hal yang cocok dengan kepribadiannya.

Sebelumnya, Kita telah mengenal introvert dan extrovert untuk mendefinisikan kepribadian seseorang. Namun, unsur yang ada dalam penilaian MBTI lebih banyak lagi dan menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda. Unsur-unsur dimensi kepribadian tersebut adalah Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Meski terdapat 16 kepribadian yang terdapat pada tes ini, artikel ini akan berfokus pada ISTP Personality.

Terdapat beberapa tokoh ISTP, antara lain Michael Jordan, Frida Kahlo, James Dean, Tom Cruise, dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya. Manusia dengan kepribadian ini kemungkinan berjumlah 4-6 persen dari seluruh populasi dunia.

Perbedaan ISTP-T dan ISTP-A

Perbedaan ISTP-T dan ISTP-A
Perbedaan ISTP-T dan ISTP-A

Huruf yang membentuk ISTP merupakan dimensi unsur kepribadian yang ada dalam diri seseorang. Huruf I mewakili Interoversion merupakan dimensi sumber energi. S mewakili Sensory merupakan dimensi cara seseorang memahami informasi dari luar. T mewakili Thinking merupakan dimensi cara seseorang dalam mengambil keputusan. P mewakili Perceiving merupakan dimensi yang menunjukkan pola hidup.

Dari unsur-unsur kepribadian tersebut, kita dapat menyimpulkan bagaimana cara seseorang dalam menjalani kehidupannya. Seseorang yang memiliki hasil tes ISTP memiliki peluang menjadi ISTP-T ataupun ISTP-A.

Huruf belakang yang terpisah dari tes ini yang selalu A atau T menunjukkan jenis kepribadian. Perbedaan ISTP-A dan ISTP-T cukup perbedaan besar satu sama lain. A yang berarti Asertif memiliki makna bahwa ISTP-A merupakan orang yang stabil secara emosional tapi tegas. T yang berarti Turbulensi memiliki makna bahwa orang tersebut perfeksionis, peduli terhadap penilaian orang lain, bahkan berpacu pada keberhasilan.

Karakteristik Orang Dengan Kepribadian ISTP

Karakteristik Orang Dengan Kepribadian ISTP
Karakteristik Orang Dengan Kepribadian ISTP

Apabila Anda mengetes kepribadian melalui MBTI, sebenarnya hasilnya mungkin akan berbeda pada kemudian hari. Hal tersebut terjadi karena tes ini hanya mengambil sampel dari kepribadian yang saat ini. Seperti yang kita tahu bahwa manusia merupakan makhluk yang dinamis sehingga senantiasa berubah-ubah.

Namun, Jika Anda merupakan orang dengan kepribadian ISTP saat ini, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa detail dalam hidup. Detail seperti karir, percintaan, kelemahan, bahkan kelebihan yang Anda miliki.

1. Kelebihan ISTP

ISTP merupakan kepribadian yang dikategorikan sebagai seorang Virtuoso. Kepribadian ini memiliki kelebihan dari sikapnya yang selalu optimis dan enerjik. Hal itu membuat kepribadian ISTP senantiasa menjadi pribadi yang baik dan ceria sehingga membuatnya jarang merasa stress dalam pekerjaan.

Kepribadian ini juga cukup kreatif. Ia dengan mudah memunculkan ide-ide yang unik dan senang untuk merealisasikannya. Sikap tersebut juga diimbangi dengan sikapnya yang spontan menjadikan ia individu yang fleksibel dan serba bisa.

2. Kelemahan ISTP

Kelebihan dari ISTP justru memberikan dampak buruk pada dirinya sendiri dan orang lain. Dengan ide yang kreatif dan optimis membuat tipe kepribadian ini menjadi pribadi yang egois. Ia sering kali merasa jengkel dengan kritik yang orang lain lontarkan.

Kepribadiannya yang mampu untuk menghasilkan hal baru seolah tidak seimbang dengan kebiasaannya yang mudah bosan. Idealismenya menjadi boomerang yang membuatnya merasa ide yang ia buat terlalu sulit untuk terealisasikan. Sikap tersebut membuat ISTP menjadi seseorang yang tidak dapat berkomitmen dalam satu hal.

3. Hubungan Cinta Kepribadian ISTP

Meski orang dengan tipe kepribadian ISTP kurang dalam hal komitmennya bekerja, nyatanya ia bukanlah orang yang tidak bisa untuk setia.

Kepribadian ISTP merupakan seseorang dengan pemikiran luas yang bebas dan tidak ingin adanya pengekangan. Ia ingin pasangannya membiarkan ia untuk menjadi dirinya sendiri sebab berpura-pura baginya adalah ketidaknyamanan. Itulah sebabnya orang dengan kepribadian ini sangat baik saat melakukan self healing.

ISTP bukan orang yang betah berlama-lama dengan ketidaknyamanan. ISTP bisa pergi meninggalkan pasangannya semau mereka dan melupakannya begitu saja apabila ia tak suka.

4. Kepribadian ISTP Dalam Pertemanan

Berteman dengan kepribadian ini sebenarnya mudah untuk Anda mengerti, tetapi sulit untuk Anda lakukan. Bukan tanpa alasan, sebab kepribadian ISTP merupakan seseorang yang dinamis sehingga berteman dengannya membutuhkan ekstra pengertian.

5. Menjadi Orang Tua

Sebagai orang tua, ISTP merupakan orang tua yang memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memilih. Meskipun begitu, ia akan kebingungan apabila anak mereka bermalas-malasan dan tidak melakukan apapun. ISTP merupakan orang tua yang berharap anak mereka menggunakan waktu luang dengan bijak.

Baca Juga : Belajar Kepribadian Anak Saat Momen Pandemi

6. Perjalanan Karir

Orang dengan kepribadian ISTP merupakan seorang generalist. kepribadian ini menyukai untuk mempelajari hal yang baru ketimbang menekuni hal yang sama. Tipe kepribadian ini terlahir untuk memecahkan masalah melalui solusi praktis. Jurusan yang cocok dengan ISTP adalah teknik mesin, desain grafis, ataupun ilmuwan forensik.

7. Ritme Bekerja Kepribadian ISTP

Tipe kepribadian ini merupakan sosok yang sulit ditebak. Ia merupakan peribadi dinamis yang awalnya enerjik dan dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini tentu menjadi hal yang menarik bagi keluarga maupun lingkungan kerja. Namun, bagi orang yang baru mengenal ISTP dapat menjadi hal yang memusingkan.

Cobalah Untuk Tetap Fokus

Tetap Fokus ISTP
Cobalah Untuk Tetap Fokus

Seorang ISTP yang memiliki pemikiran dinamis dalam hidupnya perlu untuk menemukan fokus. Ia mungkin akan menemukan sandungan dalam hal mempertahankan kewajibannya, tetapi cobalah untuk bertahan. Orang dengan tipe kepribadian ini perlu untuk memperbaiki diri melalui penguatan dalam kelemahannya.

ISTP juga perlu untuk menentukan peta fokusnya. Ia harus mengetahui tujuannya sebelum mencari lebih jauh tentang bagaimana mencapai tujuan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top