Life

Ramadan Tiba, ini 6 Inspirasi Menu Sahur Sederhana dan Praktis!

Menu Sahur

Pada bulan Ramadan, menu sahur sederhana dan praktis sangat membantu, mengingat waktu yang dimiliki untuk menyiapkannya amat terbatas. Anda mungkin bisa sekaligus memasak saat hendak berbuka, tapi, makanan yang dipanaskan kembali kadang kurang menggugah selera.

Untuk itu, di bawah ini Loper mau kasih kamu inspirasi memasak menu sahur yang sederhana dan praktis. Biar ibadah khusyuk dan keluarga makin cinta!

1. Ayam Goreng Bumbu Kuning

Dibanding masakan lain yang memerlukan banyak waktu untuk mengolahnya, ayam goreng bumbu kuning tergolong praktis. Anda bisa mengungkep ayam yang akan digoreng usai salat tarawih, jadi, ketika waktu sahur tiba, Anda tinggal menggorengnya. Selain efisien waktu, membiarkan bumbu ayam meresap semalam tentu akan menambah lezat cita rasanya.

Sumber Gambar: Dapur Kobe

Bumbu yang diperlukan pun hanya bawang putih, kunyit, ketumbar, daun salam garam dan merica. Atau mau coba pakai bumbu instan yang banyak dijual di pasaran? Lebih praktis! Sajikan bersama sambal atau saus serta lalapan seperti timun dan selada.

2. Semur Tahu Tempe

Kalau bosan dengan sajian ayam, bahan makanan sederhana seperti tahu dan tempe juga bisa menjadi menu sahur yang sederhana dan praktis. Cobalah dibuat semur kecap. Dimakan hangat-hangat  saat sahur tentu lebih nikmat!

Cara meraciknya seperti memasak semur pada umumnya. Bumbu yang diperlukan hanya irisan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, sedikit merica, pala untuk menambah aroma dan kecap. Tahu dan tempe sebaiknya digoreng setengah matang lebih dulu agar bumbunya mudah meresap.

3. Nasi Goreng Seafood

Tidak bisa dipungkiri, nasi goreng merupakan makanan paling praktis yang mudah disajikan kapan saja termasuk saat sahur. Tinggal menyiapkan nasi, bumbu-bumbu serta bahan campuran lainnya untuk menambah cita rasa.

Sumber Gambar: Palmia

Nah, salah satu yang Loper rekomendasikan adalah nasi goreng seafood. Tidak seperti nasi goreng pada umumnya, nasi goreng seafood cenderung light hingga kombinasi warna dari bahan-bahannnya menggugah selera.

Tambahan udang kecil, irisan cumi atau sekadar bakso ikan tentu mantap disantap saat sahur. Bumbu yang diperlukan hanya bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap asin, lada atau merica, irisan daun bawang dan sedikit mentega untuk menumis. Buat dalam porsi banyak sebab keluarga tercinta dijamin nambah!

4. Tempe Orek

Satu lagi sajian tempe yang bisa diandalkan untuk menu sahur sederhana dan praktis, yaitu, tempe orek. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti tahu atau buncis agar lebih variatif.

Goreng lebih dulu tempe yang telah diiris bentuk dadu atau memanjang hingga kecoklatan. Tiriskan. Masak tempe bersama irisan bawang merah, bawang putih dan kecap. Untuk menambah rasa gurih, tambahkan ebi kering. Jika suka pedas, boleh juga lho menambahkan irisan cabai rawit ke dalamnya.

Nasi hangat dan tempe orek sebenarnya sudah cukup untuk menu sahur sederhana dan praktis, tapi, Anda juga bisa menyajikannya bersama telur dadar daun bawang agar lebih komplit.

5. Sajian Pasta

Pasta merupakan jenis karbohidrat yang dapat dikonsumsi saat sahur, jika sedang bosan makan nasi. Cara membuatnya pun mudah, jadi, kali ini Loper juga merekomendasikan sajian pasta untuk menu sahur sederhana dan praktis.

Sumber Gambar: Tribun News

Jenis pasta yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari spagheti, zucchili, fettucini atau fusilli. Sajikan pasta yang telah direbus bersama saus instan yang dijual di pasaran, misalnya saus bolognese atau ayam jamur.

Mengkreasikan pasta bersama topping favorit pun bisa jadi pilihan. Jangan lupa bubuk oregano biar aromanya makin lezat!

6. Pecel Sayur

Kalau Anda bosan dengan masakan yang itu-itu saja dan ingin menu sahur yang lebih sederhana dan praktis, pecel sayur adalah rekomendasi tepat. Anda cukup menyajikan sayur bersama saus kacang dan kecap.

Sayuran seperti kacang panjang, tauge, kangkung, kol dan kentang bisa Anda siapkan setelah salat tarawih. Jika waktu sahur tiba, Anda hanya perlu mengukusnya dalam satu panci besar untuk menghemat waktu.

Nah, untuk saus kacang, lebih baik gunakan yang instan supaya tidak repot. Biasanya saus atau sambal kacang instan ini cukup dicairkan dengan air panas secukupnya. Tata sayuran di atas piring saat hendak disajikan. Sesaat sebelum menyantapnya, barulah tuang saus kacang ke atasnya.

Tinggal santap bersama karbohidrat, deh! Tidak perlu lontong, sajikan bersama nasi putih hangat pun lezat dan lebih mengenyangkan. Jangan lupa kerupuk!

Sobat Loper, itu dia inspirasi menu sahur sederhana dan praktis. Tetap jaga pola makan sehat dan seimbang selama bulan Ramadan, ya. Selagi memasak, jangan lupa membuat porsi lebih untuk dibagikan kepada sanak keluarga atau tetangga. Indahnya berbagi saat Ramadan, biar makin berkah dan penuh rahmat. Selamat santap sahur, Sobat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top