Life

Rekomendasi 5 Ramen Instan untuk Pecinta Ramen

Ramen instan yang wajib dicoba

Ramen merupakan mi asal Jepang yang terinspirasi dari hidangan bernama lamian dari China. Belakangan ini, popularitas ramen di Indonesia melonjak berkat banyaknya ramen instan yang beredar di supermarket dan minimarket. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada 2 jenis ramen instan yang beredar, yang luput dari perhatian para pembelinya?

Ramen instan yang beredar saat ini terdiri dari ramen, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan ramyun. Ramyun merupakan hidangan mi dari Korea yang terinspirasi dari ramen. Jika dibandingkan, ramyun Korea biasanya memiliki cita rasa yang lebih kuat dan pedas dibandingkan dengan ramen Jepang. Akan tetapi, ramyun instan pun sering dilabeli dengan nama ramen, bukannya ramyun. Oleh karena itu, kedelapan ramen instan yang ada di bawah ini merupakan campuran antara ramen Jepang dan ramyun Korea ya!

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung dicek 5 rekomendasi ramen instan yang perlu kamu coba!

1. Samyang Hot Chicken Ramen

Samyang Hot Chicken Ramen, salah satu ramen instan terkenal
Hot Chicken Ramen

Merk yang satu ini pastinya sudah tidak asing ya bagi kita. Samyang memang sudah cukup banyak beredar di berbagai pusat perbelanjaan, dari minimarket sampai mall. Samyang terkenal sebagai mi tanpa kuah dengan cita rasanya yang pedas menggelegar. Selain itu, Samyang juga memiliki banyak varian rasa yang beredar di Indonesia. Contohnya Samyang Hot Chicken Ramen, Samyang Cheese, dan Samyang Carbonara.

Di Korea Selatan sendiri, Samyang memiliki varian rasa yang jauh lebih banyak. Sebut saja varian Nuclear 2x Spicy, yang kadar pedasnya dua kali lipat lebih pedas dibanding Samyang Hot Chicken Ramen. Ada juga varian Jjajangmyeon, alias mi kacang hitam yang sering bermunculan di berbagai drama Korea. Selain Nuclear 2x Spicy dan Jjajangmyeon, masih ada banyak varian rasa lainnya yang belum beredar di Indonesia. Akan tetapi, kamu tidak perlu kecewa! Pasalnya, varian-varian Samyang yang belum beredar secara resmi di Indonesia tersebut sudah bisa kamu dapatkan melalui berbagai marketplace.

Terkait kehalalan produk ini, Samyang yang sudah beredar resmi di Indonesia sudah mendapatkan sertifikasi dari MUI. Akan tetapi, untuk produk Samyang yang kamu beli dari marketplace, kamu perlu memastikan ulang kehalalannya ya. Untuk beberapa varian yang ada, Samyang hadir dengan kemasan plastik seperti mi instan pada umumnya, juga dengan kemasan cup. Samyang dibanderol dengan kisaran harga Rp10.000-Rp20.000.

2. Shin Ramyun

Kemasan Shin Ramyun di supermarket
Kemasan Shin Ramyun

Nah, rekomendasi ramen instan yang satu ini merupakan hidangan ramen dengan kuah. Shin Ramyun merupakan salah satu ramen instan yang dikenal dari drama Korea. Shin Ramyun merupakan produksi perusahaan Nongshim, salah satu produsen ramen instan yang kehalalannya sudah diuji oleh Korean Muslim Federation atau KMF. Jadi, kehalalan produk Shin Ramyun ini sudah terjamin ya.

Seperti Samyang, Shin Ramyun juga hadir dengan dua jenis kemasan, yaitu kemasan plastik dan cup. Shin Ramyun pun sudah cukup banyak beredar di supermarket dan minimarket, sehingga kamu dapat dengan mudah membelinya. Harganya pun tidak jauh berbeda dengan Samyang, yaitu Rp10.000-Rp15.000.

3. Ichiran Ramen

Porsi besar untuk dua orang
Ramen dengan porsi besar

Tahukah kamu bahwa Ichiran Ramen merupakan ramen instan yang diproduksi oleh restoran terkenal asal Jepang? Yup, nama restorannya persis dengan produk ramen instannya, yaitu Ichiran Ramen! Di Jepang, restoran ini terkenal dengan antriannya yang panjang. Oleh karena itu, kamu harus banget cobain ramen instan yang satu ini!

Tidak seperti Samyang dan Shin Ramyun, Ichiran Ramen tidak dijual per satu bungkus. Ichiran Ramen dijual dalam satu kemasan besar, yang berisi lima kemasan kecil di dalamnya. Per kemasan kecil ini dapat dibuat menjadi seporsi ramen untuk dua orang. Ichiran Ramen sendiri dibanderol dengan harga Rp375.000-Rp505.000 untuk satu kantong besarnya. Sayangnya, Ichiran Ramen bukan merupakan ramen halal ya, jadi kamu harus berhati-hati jika ingin mencobanya.

4. Chapagetti

Ramen yang mirip dengan jjajangmyeon
Ramen yang mirip dengan jjajangmyeon

Chapagetti menjadi rekomendasi selanjutnya yang merupakan produk dari Nongshim juga loh, sama seperti Shin Ramyun! Chapagetti lebih tepat disebut sebagai spageti Korea yang disajikan dengan saus kacang hitam, mirip dengan sajian jjajangmyeon. Jika ramen instan yang beredar kebanyakan memiliki cita rasa yang pedas mengelegar, Chapagetti ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Wah, pastinya Chapagetti ini cocok untuk kamu yang tidak menyukai rasa pedas ya!

5. Soon Ramen

Ramen kemasan cup di supermarket
Ramen instan dalam kemasan cup

Selain Shin Ramyun dan Chapagetti, Nongshim juga merupakan produsen dari Soon Ramen. Jika Chapagetti adalah sajian mirip jjajangmyeon, Soon Ramen ini tidak kalah unik! Soon Ramen merupakan ramen instan yang diproduksi untuk para vegetarian. Soon Ramen diproduksi hanya menggunakan ekstrak sayuran dan perisa nabati. Oleh karena itu, Soon Ramen ini juga halal untuk dikonsumsi ya. Untuk cita rasanya sendiri, Soon Ramen memiliki cita rasa yang gurih.

Itu dia kelima rekomendasi ramen instan yang perlu kamu coba! Apakah kamu sudah mencicipi salah satu di antaranya? Atau mungkin kamu sudah mencicipi kelima ramen instan di atas? Produk manakah yang menjadi favorit kamu? Yuk, bagikan review kamu di kolom komentar!

To Top