Life

Resep dan Cara membuat Tahu Gejrot Cirebon

tahu gejrot khas cirebon

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, perpaduan rasa dari tahu sumedang dan tahu pong, kalau kita bicara tentang tahu pasti kalian tahu kandungan gizi di dalamnya terdapat asam animo paling lengkap antara 85% hingga kurang dari 98 %. Asal tahu aja asam animo adalah unit yang paling kecil yang di hasilkan dari cerna protein sebagai zat gizi pembangun dan perbaikan sel yang rusak termasuk di dalamnya sel antibodi. Protein sebagai nutrisi pembentuk asam amino menguasai sebagian besar komponen tubuh. Selain tahu susu kambing higoat mempunyai kandungan asam amino dan protein yang tinggi yang di butuhkan oleh tubuh. Kok tulisannya ngelantur dari pembicaraan kita tentang tahu gejrot makanan khas Cirebon.he.he.. langsung aja ke asal usul tahu gejrot.

Asal Usul Sejarah Tahu Gejrot Cirebon

Tahu gejrot makanan khas Cirebon sudah ada sebelum proklamasi kemerdekaan dan sangat familiar, para pejuang 45 menganggap bahwa makanan tersebut makanan yang sangat istimewa (kala itu ), tahu gejrot sekarang bukannya di abaikan masyarakat cirebon tetapi menjadi salah satu wisata kuliner Cirebon, walaupun sekarang banyak sekali macam-macamnya tahu namun ada perbendaan rasa antara tahu gejrot, tahu sumedang, tahu pong, dan tahu-tahu yang lainnya. Makanan ini memang sederhana namun membuat kangen lidah orang Cirebon karena perpaduan cita rasa asam, manis dan pedas, hi… mak nyus rasanya. Kalau sejarah detailnya memang saya cari di mana-mana belum ketemu, mestinya ada cuman tidak ada sejarah rinci yang bisa di pertanggung jawabkan keabsahan cerita dari orang ke-orang.

Resep Tahu Gejrot Cirebon

Resep tahu gejrot makanan khas Cirebon ternyata cukup sederhana, tanpa biaya mahal dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya.Resepnya adalah :

bahan tahu gejrot

Ada 7 macam bahan pokok yang terdapat dalam tahu gejrot,

  • 15 buah tahu pong atau tahu sumedang, di potong menjadi 4 bagian
  • 250 ml air
  • 3 sdm air asam jawa
  • 2 sdm kecap pedas manis atau kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt garam atau sesuai selera
  • ½ gandu atau 3 sdm gula merah

Bumbu yang kudu di ulek kasar antara lain :

  • 3 buah cabai rawit merah
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Seteleh kita tahu resepnya bagaimana cara membuat tahu gejrot cirebon :

Kurang lebih begini cara membuatnya campurkan air, gula merah, air asam jawa, kecap manis, kecap asin dan garam lalu rebus hingga mendidih. Matikan api dan biarkan dingin lalu campurkan kuah dengan bumbu yang diulek kasar.

– Masukkan potongan tahu ke dalam mangkuk saji lalu sirami dengan kuah sambalnya, siap untuk dihidangkan.

Di warung kaki lima mas Totok tahu gejrot sangat murah sekali cukup dengan harga Rp 4000/porsi, inilah salah satu wisata kuliner oleh-oleh dari Cirebon. Yang tawarkan kepada para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top