Life

Rizky Billar Dilaporkan Lesti Kejora, Ini 5 Jenis KDRT yang Perlu Kamu Ketahui

5 Jenis KDRT yang Perlu Dikenali

Tidak hanya berupa kekerasan fisik, berikut ini jenis KDRT lainnya yang perlu diketahui.

Publik baru saja dihebohkan oleh berita penyanyi dangdut Lesti Kejora yang melaporkan suaminya, Rizky Billar, ke polisi atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Bahkan, Lesti disebut telah menyerahkan hasil visum yang digunakan sebagai barang bukti terkait dugaan KDRT ke Polres Metro Jakarta Selatan. Disebutkan pula Lesti mengalami luka fisik menurut hasil visum itu.

KDRT sendiri masih menjadi permasalahan yang harus disoroti. Melansir dari laman Komnas Perempuan, menurut UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), KDRT diartikan sebagai perbuatan pada pasangan yang menyebabkan timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis atau penelantaran rumah tangga.

Lihat Juga: Rizky Billar Ketahuan Selingkuh, Ngamuk Lesti Kejora Langsung Lapor Polisi

5 Jenis KDRT yang Perlu Dikenali

Banyak orang menganggap bahwa KDRT hanyalah sebatas bentuk kekerasan fisik. Padahal, nyatanya tak demikian. Ada banyak jenis KDRT selain kekerasan fisik, berikut daftarnya.

1. Kekerasan Fisik

Jenis KDRT satu ini paling banyak ditemui. Kekerasan fisik menggunakan kekuatan pada korban yang mengakibatkan cedera seperti pukulan, tendangan, menampar, menusuk, menembak dan lain sebagainya.

2. Kekerasan Psikis

Kekerasan psikis merupakan istilah umum untuk tindakan yang mengintimidasi, menyebabkan ketakutan atau mengancam. Contohnya, merusak harta benda, ancaman menyakiti diri sendiri, mengancam menyakiti atau menculik anak, menguntit, dan lainnya.

3. Kekerasan Emosional

Jenis KDRT satu ini melibatkan tindakan yang dapat melukai harga diri sang korban. Umumnya, kekerasan ini berupa kritik atau penghinaan yang dilakukan secara terus-menerus. Contohnya, merendahkan, meremehkan kemampuan, menghina, memanipulasi perasaan, dan lainnya.

Lihat Juga: Dilaporkan Lesti Kejora Terkait Dugaan KDRT, Rizky Billar Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

4. Kekerasan Seksual

Kekerasan seksual merupakan bentuk umum KDRT. Bukan saja pemerkosaan, kekerasan seksual termasuk juga pelecehan seperti sentuhan yang tak diinginkan dan tindakan merendahkan lainnya. dipaksa untuk melakukan aborsi atau menggunakan alat kontrasepsi juga termasuk KDRT.

5. Kekerasan Finansial

Jenis satu ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Contohnya, suami yang tidak memperbolehkan sang istri mendapatkan pendidikan atau pekerjaan di luar rumah. Bentuk kekerasan satu ini sangat banyak dijumpai, terutama dalam keluarga yang sudah mengumpulkan uang pada rekening yang sama.

Itu dia lima jenis KDRT yang perlu dikenali, semoga informasinya bermanfaat ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top