Life

Ruangan Rumah Yang Cocok Diberi Tanaman Hias

Ruangan Rumah Yang Cocok Diberi Hiasan Tanaman

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang memiliki kebiasaan baru selagi ada di rumah yaitu memelihara tanaman hias. Dengan kebiasaan baru tersebut tentunya mereka tidak akan bosan meskipun setiap hari berada di rumah karena adanya aktivitas memelihara tanaman. Tanaman yang dipelihara tidak hanya digunakan sebagai pajangan yang diletakkan di kebun rumah, namun juga digunakan sebagai hiasan untuk interior rumah mereka. Keberadaan tanaman sebagai hiasan rumah ini mampu mengubah suasana ruangan rumah menjadi baru, asalkan diletakkan di tempat yang tepat.

Lalu, bagian ruangan apa saja yang direkomendasikan untuk dihiasi dengan tanaman-tanaman yang memang cocok untuk ruangan tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Ruang Tamu

ruang tamu

Ruang tamu bisa dikatakan sebagai bagian penting di dalam rumah karena letaknya paling depan setelah pintu masuk. Banyak yang mengatakan jika ruang tamu menjadi penentu dalam pemberian kesan bagi tamu yang sedang berkunjung. Apabila desain ruang tamu yang estetik, bersih, dan rapi, maka tamu akan nyaman dan betah.

Baca Juga : Dekorasi Rumah Agar Keluarga Semakin Betah

Oleh karena itulah, pemilik rumah harus selalu memperhatikan keindahan ruang tamu, salah satunya dengan meletakkan tanaman hias sebagai dekorasi. Dengan adanya tanaman hias di ruang tamu dapat membuat suasana menjadi sejuk karena sirkulasi udara lancar.

Meskipun demikian, tidak semua jenis tanaman cocok ditempatkan di ruang tamu. Ada beberapa tanaman yang bisa digunakan sebaga dekorasi ruang tamu seperti peace lily, Chrysanthemum, Kaktus, Golden Pothos, Monstera, Philodendron, sirih gading, kuping gajah, dan lidah mertua.

Baca Juga : Ide, desain, dan inspirasi ruang tamu

Tanaman-tanaman tersebut bisa kalian letakkan di beberapa bagian seperti sudut ruangan, meja ruang tamu, di rak dinding, di jendela, maupun di tempat-tempat yang sekiranya cocok dan memberi kesan indah.

2. Kamar Tidur

ruang kamar tidur

Kamar tidur menjadi salah satu privasi bagi anggota rumah. Oleh karena itu, kamar tidur haruslah dibuat senyaman mungkin agar yang menempatinya pun nyaman. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menempatkan satu atau dua tanaman hias di dalam ruang kamar tidur.

Akan tetapi, banyak orang yang mengatakan jika tanaman yang diletakkan di kamar tidur itu tidak baik karena akan melepaskan gas karbondioksida di malam hari.

Namun, menurut Founder Scandiscapes bernama Merje Shaw mengatakan bahwa hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena di malam hari jumlah produksi karbondioksida yang sebenarnya sangatlah sedikit.

Ada beberapa tanaman yang ideal yang cocok untuk diletakkan di kamar tidur seperti Sanseveira (lidah mertua), lidah buaya, lavender, dan anggrek. Dengan adanya tanaman-tanaman tersebut, kamar tidur akan tampak sejuk, nyaman, dan tenang

3. Kamar mandi

kamar mandi

Seperti ruangan lainnya yang ada di rumah, kamar mandi juga membutuhkan perlakuan yang khusus. Salah satu cara yang mudah yaitu meletakkan tanaman hias sebagai dekorasi kamar mandi.

Kamar mandi bisa dikatakan lingkungan yang bagus untuk tanaman hias karena suhu di dalamnya yang hangat dan lembab sehingga beberapa tanaan akan tumbuh dengan baik.

Beberapa tanaman yang cocok diletakkan di kamar mandi seperti tanaman jenis kalatheas atau paku yang menyukai air, sirih gading, bambu mini, maupun tanaman-tanaman lain .

4. Dapur

dapur

Dapur biasanya menjadi tempat yang jarang diperhatikan oleh pemilik rumah dalam hal dekorasi. Namun, saat ini banyak orang yang mulai memperhatikan dapur kamudian mengubahnya dengan konsep aestethic.

Baca Juga : Desain Dapur Minimalis Model Sederhana

Mereka mengubah semua tatanan dapur mulai dari etalase, rak bumbu, tempat-tempat untuk penyimpanan bahan dapur, dinding dapur, dan lainnya. Selain itu, kadang mereka juga memberikan sentuhan tanaman untuk mempercantik keindahan dapur.

Baca Juga : Cara Mendesain dan Perkiraan Biaya Pembuatan Dapur Rumah Minimalis Anda

Kehadiran tanaman di dapur bermanfaat untuk mmenjaga udara agar tetap segar, menjauhkan dari semut maupun serangga dan membersihkan udara dari zat-zat beracun.

Biasanya tanaman yang cocok diletakkan di dapur seperti spider plant, english ivy, sirih gading, lidah buaya, lidah mertua, tanaman dollar, maupun palem.

5. Ruang kerja

Ruang kerja yang ada di rumah biasanya jarang ditempati kecuali jika ada pekerjaan yang dibawa pulang. Untuk itulah, seseorang sangat direkomendasikan untuk meletakkan tanaman hias yang memang cocok di ruang kerja. Dengan adanya tanaman tersebut diyakini dapat menghilangkan kecemasan, stress, penat, dan memberikan semangat dalam bekerja.

tanaman hias di ruang kerja
Ruang Kerja

Biasanya tanaman yang sering digunakan dalam ruang kerja yaitu tanaman kecil yang ditaruh di meja kerja atau di rak dinding seperti kaktus, air plant, jade plant, spider plant, bambu mini, pakis boston dan sukulen. Tetapi bisa juga menggunakan tanaman besar untuk ditaruh di sudut ruangan seperti lidah mertua, tanaman dollar, dan philodendron.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Bunga Yang Cantik Menawan

Dari ulasan di atas, apakah kalian termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan baru yaitu memelihara tanaman hias di tengah pandemi ini? apakah kalian juga termasuk orang yang meletakkan tanaman di beberapa ruangan rumah Anda? Jika iya, pastinya ruangan-ruangan di dalam rumah kalian terlihat sejuk dan nyaman.

To Top