Life

Sebab Hubungan Persahabatan Hancur

Sebab Hubungan Persahabatan Hancur

Persahabatan erat kaitannya dengan kekeluargaan. Bahkan, orang yang memiliki sahabat akan merasa memiliki keluarga kedua setelah keluarga kandungnya. Banyak sekali factor yang membuat seseorang menjalin persahabatan, bisa karena adanya kesamaan latar belakang hobby, kondisi keluarga, aktivitas dsb. Namun, tidak bisa disangkal bahwa persahabatan juga mengalami hambatan layaknya hubungan sepasang kekasih.

Persahabatan yang terjalin lama bukan berarti mereka menjalin hubungan yang harmonis. Beberapa diantara mereka mengalami pertengkaran hebat sampai saling mendiamkan untuk waktu yang cukup lama. Namun, pada akhirnya mereka akan kembali bersama karena sudah memiliki ikatan kekeluargaan yang kuat. Akan tetapi, ada pula persahabatan yang terjalin lama dan bubar alias hancur seketika dengan adanya beberapa sebab. Adapun sebab yang apat memutuskan tali persahabatan sebagai berikut;

Adanya Peraturan yang Mengekang

Dalam persahabatan yang dijalin oleh lebih dari dua orang tentunya memiliki banyak karakter. Menyatukan bermacam karakter dan kepribadian memang tidaklah mudah. Setiap orang berhak untuk memilih jalannya sendiri. Namun, terkadang ada satu orang yang mampu mendominasi dan membuat lainnya menjadi sepaham untuk sebuah peraturan. Peraturan yang terlalu mengekang dan disetujui beberapa pihak tersebutlah yang akan menghancurkan persahabatan atau bisa saja mengurangi beberapa bagian sahabat mereka.

Pengkhianatan yang Melampaui Batas

Kedua, fenomena yang tidak jarang lagi terjadi dilingkungan sekitar. Pengkhianatan masih sering dilakukan oleh beberapa pihak sahabat demi mencari keuntungan sendiri. Pengkhianatan tersebut bisa aja menjadi orang ketiga dalam hubungan sahabat mereka, berbohong yang berakibat fatal, mengumbar aib, dsb. Nah, siapa yang mau memiliki sahabat yang begini. Salah satu pasti akan menghindar atau menjauhkan diri.

Adanya Teman Baru yang Lebih Asik

Biasanya ini terjadi jika persahabatan terjalin jarak jauh dan jarang adanya komunikasi. Jarang adanya komunikasi tersebutlah yang menjadi sekat atau memberikan peluang orang baru untuk masuk sebagai teman baru. Teman baru yang asik lama-kelamaan menggantikan posisi sahabat lama yang tidak ada kabar. Kondisi tersebut membuat hubungan persahabatan tergantikan oleh orang lain.

Tidak Ada Rasa Peduli dan Mulai Acuh

Nah, yang satu ini merupakan sikap yang keterlaluan dalam sebuah hubungan persahabatan setelah pengkhianatan. Sikap acuh menjadi sebab yang menimbulkan persahabatan hancur. Hakikatnya sahabat dianggap sebagai keluarga kedua. Akan tetapi jika salah satu mengalami musibah dan tidak dipedulikan, hal tersebut membuat si orang yang terkena musibah merasa tidak memiliki sahabat yang mampu menghibur dan mendukungnya.Sahabat yang baik akan peka terhadap kondisi yang kamu alami, jika hal tersebut tidak kamu dapatkan berarti mereka bukan sahabat yang tepat buat kamu.

Iri Dengki

Sikap ini yang bisa menimbulkan persahabatan hancur bahkan memicu konflik. Setiap orang memiliki porsinya masing-masing dan harus mensyukuri apa yang telah ia miliki. Namun, ada beberapa orang yang lupa dengan hakikat kehidupan tersebut dan tertanam sikap iri dengki pada dirinya. Iri karena sahabatnya memiliki pacar, memiliki barang baru, mendapat prestasi, hal tersebut menimbulkan persahabatan yang tidak sehat.

Hubungan persahabatan bisa dijalin lebih dari dua orang dan sesame jenis maupul lawan jenis. Tanamkan sikap yang baik untuk menjaga persahabatan tetap awet. Persahabatan yang sehat akan saling melengkapi satu sama lain layaknya keluarga kedua. Beberapa sebab yang dapat memutuskan tali persahabatan di atas bisa dihindari untuk menjaga persahabatan agar tetap awet.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top