Life

Segera Akhiri Hubungan Asmara Yang Tidak Sehat!

Segera Akhiri Hubungan Asmara Yang Tidak Sehat!

Menemukan cinta memang merupakan hal terindah. Kencan manis, obrolan mesra, saling berbagi, melakukan hal menyenangkan bersama adalah beberapa kegiatan dari hubungan asmara yang sehat. Namun, kondisi akan berubah 180 derajat jika salah satu dari mereka memiliki sifat kasar dan intimidatif. Perlakuan kasar dalam hubungan asmara dapat berbentuk kekasaran verbal, emosional atau fisik. Seseorang yang mengalami perlakuan keji dari pasangannya yang kasar seringkali dipaksa untuk memutus hubungan dengan teman-teman dekatnya, dilarang untuk bekerja dan tak jarang keuangannya dikontrol oleh pasangannya yang jahat tersebut. Segera akhiri hubungan dengan pasangan yang memperlakukan Anda dengan kasar dan tidak wajar. Berikut adalah beberapa panduan yang bisa jadi berguna pada saat Anda terjebak dalan hubungan tidak sehat seperti ini

Cinta Atau Hanya Tergila-gila

Cinta dan rasa tergila-gila memiliki beberapa kesamaan. Otak menafsirkan keduanya dengan cara yang sama. Rasa tergila-gila sama rasanya dengan kecanduan pada obat terlarang. Sebuah studi menemukan bahwa bagian otak yang sama terangsang ketika seorang pecandu merindukan drugs dan ketika seseorang ditunjukkan foto pujaan hatinya.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan perbedaan antara cinta dengan tergila-gila. Cinta harus disertai kualitas yang lain seperti rasa saling menghargai, komitmen dan kepercayaan. Kualitas ini menjaga hubungan asmara tetap kuat meski dalam masa-masa yang sulit. Jika Anda merasa tidak bahagia atau merasa telah diperlakukan kasar oleh pasangan namun merasa tidak dapat mengakhiri hubungan Anda, itu adalah kerja otak Anda yang mengirim pesan terkait rasa tergila-gila Anda pada orang tersebut dan yang pasti bukanlah rasa cinta. Untuk mencoba keluar dari hubungan yang tidak sehat, langkah pertama adalah menelaah kembali perasaan Anda pada kekasih.

Jangan Pernah Memberikan Toleransi TerhadapTindakan Kasar/Pelecehan Dalam Bentuk Apapun

Pelecehan tetap saja  pelecehan namanya meskipun hanya dalam bentuk kata-kata. Jika dibiarkan, biasanya intensitasnya akan semakin meningkat. Coba belajar untuk melihat tanda-tandanya lebih awal karena pada umumnya, orang yang cenderung melakukan pelecehan atau berperilaku kasar jarang yang dapat mengubah tingkah laku mereka. Cinta sejati tidak akan menyakiti atau merendahkan, yang ada hanya kemesraan, kata-kata yang baik, dan penuh kasih sayang. Tidak ada alasan apapun yang membuatnya berhak untuk berbuat kasar dengan menghina atau bahkan memukul Anda.

Segera Akhiri Hubungan Asmara Yang Tidak Sehat!

Jangan Pernah Berkata Bahwa Anda Tidak Ingin Ditinggal Sendirian

Ini adalah alasan paling buruk untuk mempertahankan sebuah hubungan. Anda jadi lebih toleran terhadap perlakukan jahat hanya karena Anda tidak ingin sendiri. Anda tidak perlu seorang pacar kalau hanya untuk memiliki orang-orang di sekitar Anda yang mendampingi Anda, masih ada keluarga dan teman-teman. Kalaupun Anda sendiri, Anda pasti tidak akan kesepian jika hidup Anda aktif dan melakukan berbagai hal yang Anda sukai. Sibukkan diri Anda, dan bersenang-senanglah. Dengan demikian Anda akan bertemu dengan orang-orang baru dan memiliki pengalaman baru. Dunia ini luas dan indah, menunggu untuk Anda jelajahi.

Akhiri Hubungan Anda Dengannya

Pada saat Anda berniat untuk mengakhiri sebuah hubungan yang tidak sehat, buatlah rencana hidup Anda ke depan. Misalnya saja, Anda berencana traveling ke suatu tempat yang Anda idamkan, atau menyusun sikap yang harus dilakukan pada saat Anda merindukan mantan kekasih.

Bicarakan rencana Anda terkait keputusan untuk mengakhiri hubungan dengan dia. Lakukan hal ini di tempat umum yang cukup tenang untuk menghindari konfrontasi. Namun jangan pada saat acara kumpul keluarga atau teman. Bicarakan langsung dengannya, jangan melalui media yang lain kecuali jika benar-benar terpaksa.

Putuskan segala hal yang mengaitkan diri Anda dengan mantan Anda. Temui keluarga atau teman dekat untuk selalu dapat bersama Anda dan menghabiskan waktu bersama. Mereka dapat memberikan dukungan emosional yang Anda butuhkan sekaligus juga menjadi teman untuk dapat melakukan kegiatan yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Jangan Lakukan Pembelaan Terhadap Pelaku Tindak Kekerasan

Anda jangan merendahkan diri Anda dengan melakukan pembelaan terhadap orang yang sudah memperlakukan Anda dengan buruk. Seseorang yang tidak menghargai Anda atau memerlakukan Anda dengan buruk tidak pantas diberi pembelaan. Banyak orang yang telah diperlakukan buruk oleh pasangannya memberikan beberapa alasan di depan keluarga dan sahabatnya, agar si dia tampak baik-baik saja dimata mereka. Misalnya saja dengan mengatakan “dia tidak bermaksud melakukan hal itu, dia sedang ada masalah saja” atau “sebenarnya dia sayang padaku, tetapi kadangkala ia merasa hidupnya sangat berat sehingga dia terkadang frustrasi”. Anda sebaiknya dapat berpikir jernih sehingga Anda dapat secepatnya menghindar dari hubungan semacam ini.

Segera Akhiri Hubungan Asmara Yang Tidak Sehat

Curahkan Emosi Anda

Apabila masalah ini cukup memberatkan Anda, temui keluarga dan sahabat dekat. Jika perlu Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang professional di bidangnya agar Anda dapat kembali kuat. Jika mantan masih membayangi bahkan memberikan ancaman, segera hubungi pihak berwajib.

Jangan Dekati Mantan

Jangan mengontak apalagi bertemu dengan mantan selama kurang lebih 6 bulan setelah kalian putus. Anda dan dia perlu waktu untuk menyembuhkan luka dan menerima kenyataan yang baru. Jika mantan Anda mencoba untuk menghubungi sebaiknya acuhkan saja. Memberikan respon padanya akan membuatnya berpikir masih ada harapan untuk kembali kepada Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisa jadi aka nada masa dimana Anda rindu padanya, namun cobalah untuk bertahan.

Kembalikan Semangat Hidup Anda

Pada saat Anda menghindari hubungan yang tidak sehat, Anda perlu dikelilingi orang yang tepat dimana mereka akan memberikan semangat pada Anda. Selain itu, coba temukan kembali apapun itu passion Anda yang sempat terkubur tatkala berhubungan dengan si dia.

Memaafkan Dan Bangkit Kembali

Saat Anda berhasil keluar dari kungkungan hubungan yang tidak sehat tentunya Anda tidak ingin terjebak pada hubungan semacam itu lagi. Namun seperti juga saat putus cinta secara wajar, Anda juga bisa saja merasakan penyesalan. Hal yang perlu Anda ambil darinya adalah pelajaran. Anda tidak dapat mengubah masa lalu, jadi tidak perlu berusaha untuk merasionalisasi tindakan Adan atau mantan selama kalian masih berpacaran. Hindari menyalahkan diri Anda atau pasangan terhadap hubungan yang buruk. Berbaiklah pada diri sendiri, lupakan masa lalu yang buruk atau menyakitkan tidak perduli salah siapa. Bangkit kembali menyongsong masa depan yang lebih baik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top