Life

Segera Dimulai, Ini Tips Aman Untuk Anak Saat Sekolah Tatap Muka

Tips Aman Untuk Anak Saat Sekolah Tatap Muka

Sekolah tatap muka rencananya segera dibuka kembali. Walaupun keputusan tersebut akan diserahkan kepada wali murid, namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika anak hadir ke belajar tatap muka. Karena itu, penting bagi wali murid untuk melakukan pencegahan penularan COVID-19 saat anak kembali bersekolah. Berikut tips aman untuk anak saat sekolah tatap muka.

Rutin Cek Kesehatan Saat Sekolah Tatap Muka Kembali Aktif

Pemeriksaan anak secara berkala penting untuk dilakukan, termasuk mengukur suhu tubuh tiap hari. Akan lebih baik jika menggunakan thermo gun yang lebih cepat menunjukkan hasil suhu tubuh tanpa menyentuh permukaan kulit. Jika suhu tubuh anak termasuk tinggi, batuk atau sesak napas, sebaiknya mintalah izin untuk tetap di rumah.

Menjaga Kebersihan

Umumnya anak-anak cenderung lebih sulit untuk menjaga kebersihan. Karena itulah diperluhan trik supaya mereka terbiasa hidup bersih. Orang tua bisa memulainya dengan mengajari anak mencuci tangan sekitar 20 menit, agar lebih menyenangkan lakukanlah dengan bernyanyi.

Cobalah dengan menyanyi lagu kesukaan anak supaya ia merasa senang ketika mencuci tangan. Selain itu, biasakan untuk membawa peralatan makan atau air minum sendiri dari rumah. Karena di masa pandemi saat ini, membeli makanan atau minuman menggunakan peralatan makan dari penjual lebih berisiko menimbulkan penularan. Sebab, alat-alat makan tersebut dipakai oleh banyak orang secara bergantian, walaupun telah dicuci, tetap saja ada risiko penularan.

Lihat Juga: Melepaskan Faktor Toilet “Jongkok” dari Sekolah

Yang tidak kalah penting adalah mengajari anak untuk membuang sampah dan mengenakan masker yang benar. Ingatkan untuk merusak masker lebih dahulu sebelum membuangnya supaya tak digunakan kembali.

Etika Batuk Dan Bersin

Bukan hanya saat sekolah tatap muka, semua orang memang harus mengetahui etika batuk dan bersin yang benar, yaitu:

  • Tak melepas masker ketika bersin maupun batuk sebab masker akan menahan percikan
  • Secepatnya buang masker dan gantilah dengan yang baru apabila sudah basah
  • Tak menyentuh wajah ketika bersin maupun batuk. Gunakanlah tisu atau lengan baju bagian dalam untuk menutup mulut serta hidung

Hindari Transportasi Umum Saat Sekolah Tatap Muka Dimulai

Disarankan untuk tak menggunakan transportasi umum bagi murid untuk berangkat dan pulang sekolah. Jika memungkinkan gunakanlah kendaraan pribadi. Namun jika tidak, sekolah bisa mengkoordinasikannya dengan dinas terkait di daerahnya untuk menyediakan transportasi khusus siswa. Tujuannya agar siswa sekolah tak bercampur dengan masyarakat umum.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top