Life

Selain Buahnya, Kulit Pisang juga Berkhasiat

Selain Buahnya, Kulit Pisang juga Berkhasiat

Buah pisang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, selain buahnya ternyata kulit pisang juga mempunyai banyak manfaat. Seperti yang telah diketahui, buah pisang mengandung vitamin A, karbohidrat dan serat. Buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran oksigen ke otak hingga membantu mengatasi anemia dan menurunkan berat badan. Selain buahnya, berikut manfaat kulit pisang yang harus diketahui.

Dapat Dimakan

Walaupun kulitnya tebal dan terasa pahit, namun orang-orang di luar negeri benar-benar mengonsumsi kulit buah ini. Di dalam kulit pisang terkandung vitamin B6 dan B12 yang cukup tinggi, selain itu ada pula magnesium dan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lihat Juga: 5 Manfaat Lain dari Daun Pisang Yang Perlu Anda Tahu  

Kulit buah berwarna kuning ini juga mengandung serat serta protein. Jadi jika mengonsumsi pisang rebus, Anda bisa juga sekalian memakan kulitnya.

Membantu Mengatasi Rasa Sakit

Sebuah penelitian dalam Journal of the Medical Association of Thailand menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah satu ini mempunyai sifat anti-inflamasi. Itulah mengapa beberapa orang mengatakan bahwa meletakkan kulitnya pada gigitan serangga maupun sengatan matahari bisa sedikit meringankan.

Mengempukkan Daging

Apabila Anda memanggang ayam tanpa menyertakan kulitnya, tambahkan kulit pisang ke dalam wajan sebelum menambahkan daging di atasnya. Kulit buah ini akan menjaga daging tetap lembab sehingga lebih empuk.

Untuk Semir Sepatu

Pisang terkenal dengan potasiumnya, dan mineral tersebut juga menjadi bahan utama semir sepatu. Menurut beberapa orang, alasan mengapa kulit sepatu dijadikan bahan pembersih adalah karena harganya yang murah.

Lihat Juga: Manfaat Pisang Untuk Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Buang tali ekstra pada bagian dalam kulit pisang dan gunakan bagian dalamnya untuk menggosok sepatu. Setelah kulit tersebut habis, kemudian gosok sepatu menggunakan handuk.

Dijadikan Pupuk

Para pekebun suka mengumpulkan kulit buah ini karena beberapa alasan yang berbeda. Mengubur kulit pisang ke dalam media tanam akan menambah nutrisi pada tanaman. Selain itu, saat menguburnya satu inci di bawah media tanam, akan menekan hama seperti kutu daun maupun hama pengganggu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top