Life

Selain Jeruk, Ini 5 Buah Khas Imlek yang Punya Segudang Manfaat Kesehatan

Selain Jeruk, Ini 5 Buah Khas Imlek yang Punya Segudang Manfaat Kesehatan

Selain aneka macam hidangan utama, buah-buahan juga menjadi hal wajib dalam perayaan Imlek. Beberapa buah khas Imlek mempunyai makna sebagai pembawa keberuntungan.

Salah satu buah yang selalu identik sebagai buah khas Imlek yakni jeruk. Buah jeruk dianggap pembawa rezeki karena warna oranye cerah yang melambangkan emas. Selain jeruk, ada beberapa buah lain yang kerap dihidangkan saat Imlek karena menyimpan makna yang baik dan tentu bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Persik Sebagai Simbol Keabadian

Menurut tradisi China, buah persik melambangkan awet muda dan keabadian. Tetapi, beberapa bagian buah persik mempunyai arti yang berbeda. Misalkan, pada bagian kelopaknya yang melambangkan kebahagiaan dan cinta di tahun baru.

Lihat Juga: 11 Hidangan Khas Wajib Saat Tahun Baru Imlek Beserta Maknanya

Selain menyimpan makna yang baik, buah satu juga menyehatkan karena kaya serat, mineral dan vitamin. Buah yang memiliki cita rasa manis ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan kerusakan oksidatif dan memperlambat penuaan.

Delima, Buah Khas Imlek yang Melambangkan Kesuburan

Buah delima bermakna kesuburan dan kelimpahan. Tidak heran jika banya pasangan yang baru menikah diharusnya memajang buah satu ini.

Delima juga kaya nutris yang dibutuhkan tubuh. Ratusan biji dalam buah delima yang bisa dimakan disebut arils. Buah satu ini kaya akan mineral, vitamin dan senyawa bioaktif. Selain itu, delima juga mengandung zat punicalagins dan asam punicic yang sangat baik bagi kesehatan.

Anggur, Sebagai Simbol Kelimpahan Rezeki Dalam Tradisi China

Berdasarkan tradisi China, buah anggur menyimpan berbagai makna baik, mulai dari kesuburan sampai kelimpahan rezeki. Sama dengan buah persik, beberapa bagian buah khas Imlek satu ini juga mempunyai arti berbeda. Ada yang melambangkan kecantikan dan ada yang melambangkan keberuntungan.

Buah anggur sendiri mengandung vitamin C dan vitamin K serta antikosidan yang banyak ditemukan pada bagian kulit dan bijinya.

Lihat Juga: Kue Keranjang, Kue Khas Yang Wajib Ada Saat Perayaan Imlek

Aprikot yang Melambangkan Kekayaan

Memiliki warna kuning cerah, buah apricot disimbolkan sebagai kekayaan dan emas. Jadi kehadiran buah satu ini pun dianggap bisa membawa keberuntungan dalam perayaan Imlek.

Aprikot mengandung antioksidan, beta karoten, vitamin A, C dan E. Selain itu, buah berukuran kecil ini juga mempunyai kandungan flavonoid yang terbukti membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Apel, Buah Khas Imlek yang Melambangkan Keharmonisan

Dalam bahasa Mandarin buah apel disebut ‘ping an’ yang memiliki arti ‘aman atau damai’. Orang Tionghoa meyakini bahwa makan apel ketika perayaan Imlek dapat mendatangkan kedamaian dan keharmonisan di keluarga.

Lihat Juga: Pengertian Shio dan 12Shio dalam Penanggalan Tionghoa

Apel juga merupakan salah satu buah kaya manfaat, mulai dari menurunkan risiko diabetes, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung hingga mencegah kanker.

Itulah lima buah khas Imlek yang melambangkan hal-hal baik. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top