Life

Selamat Hari Batik Nasional! Ini Sejarahnya Kenapa Diperingati Setiap 2 Oktober

Sejarah Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap 2 Oktober. Tapi, tahukan Anda apa sejarahnya?

Peringatan Hari Batik Nasional ternyata berawal dari keputusan Organisasi Pendidikan, Keilmuwan dan Kebudayaan PBB atau UNESCO yang menjadikan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Penetapan tersebut dilakukan lewat sidang keempat Komite Antar-Pemerintah mengenai Warisan Budaya Nonbendawi yang digelar pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

UNESCO menilai teknik, simbol, dan budaya batik sangat berkaitan dengan kebudayaan Indonesia. Hal ini mendorong Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik.

Lihat Juga: Ini Perbedaan Batik Cap dan Batik Tulis

Namun peringatan Hari Batik ini bukan hari libur ya, jadi pekerja dan siswa tetap masuk pada hari itu. Ketentuan tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 33 Tahun 2009 soal Hari Batik Nasional yang dirilis pada 17 November 2009.

Alasan Penetapan Hari Batik Nasional

Menurut Keppres No 33 Tahun 2009, peringatan Hari Batik perlu dimunculkan karena sudah diakui oleh dunia internasional sebagai warisasan budaya Indonesia. Hal ini dinilai dapat meningkatkan martabat dan citra positif bangsa Indonesia.

Selain itu, pengakuan dari UNESCO dan Hari Batik diharapkan dapat menumbuhkan kebanggan serta kecintaan masyarakat pada budaya Indonesia, salah satunya batik.

Lewat Keppres itu, Kementerian Dalam Negeri lalu juga mengeluargkan Surat Edaran (SE) No 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam peringatan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober.

Lihat Juga: Diantara Solo dan Jogja, Mengenal Batik Mengenal Budaya

Menurut SE tersebut, Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pejabat maupun pegawai di lingkungan pemerintah pusat hingga kabupaten/kota untuk  memakai batik setiap Hari Batik Nasional.

Bukan hanya para pejabat dan pegawa, siswa sekolah dan masyarakat umum juga kerap mengenakannya untuk memperingati Hari Batik.

Batik sendiri kini bukan hanya dikenakan sebagai pakaian resmi, namun juga telah menjadi salah satu item fashion yang bisa digunakan sehari-hari dengan model, corak dan warnanya yang beragam. Jadi, Selamat Hari Batik Nasional 2022!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top