Life

Self Healing Untuk Atasi Rasa Sedih Pasca Kehilangan

Banyak Kehilangan, Ini Cara Mengatasi Rasa Sedih

This post is also available in: English

Siapa yang tidak pernah merasa sedih? Semua orang pasti pernah merasakan kesedihan setelah kehilangan sesuatu atau seseroang yang penting.

Terlebih ketika Anda baru saja selesai dengan hubungan Anda bersama orang terkasih. Rasanya seperti seluruh dunia terasa abu abu, bahkan kata semangat pun tidak cukup untuk memberikan kekuatan untuk kembali dari keterpurukan.

Tingkat kesedihan orang juga beraneka ragam. Anda tidak bisa menyamakan kesedihan Anda dengan tingkat kesedihan milik teman Anda. Begitupun sebaliknya. Namun rasa yang menyakitkan itu jika terlalu lama, akan menyebabkan masalah baru.

Kita boleh boleh saja merasa sedih karena kehilangan, akan tetapi hidup harus tetap berjalan meskipun keadan hati sehancur apapun. Tapi bagaimana caranya mengatasi perasaan sedih tersebut?

Memahami Tahapan Rasa Sedih

Memahami Tahapan Rasa Sedih
Memahami Tahapan Rasa Sedih

Menurut salah seorang psikiater bernama Elisabeth Kubler Ross, tahapan dalam berduka itu ada lima tahap. Orang akan cenderung melalui tahapan tahapan emosi tersebut setelah peristiwa kehilangan.

Tahap pertama yang akan Anda lalui adalah penyangkalan terhadap apa yang telah terjadi. Tahapan ini merupakan tahapan saat seseorang tidak ingin percaya bahwa peristiwa itu sudah terjadi. Kemudian setelah itu akan muncul sebuah rasa amarah yang ada tahapan ketiga yakni proses untuk menegosiasi dengan Anda sendiri.

Kemudian setelah dirasa mampu untuk bernego dengan diri sendiri maka untuk tahap selanjutnya adalah depresi. Pada tahap ini banyak orang yang tidak dengan baik mengontrol diri mereka sendiri, bahkan cenderung kehilangan dirinya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena jika Anda dapat melewati itu dengan baik meskipun sulit. Anda akan ada di tahap terakhir, yaitu tahap menerima kenyataan bahwa kejadian itu harus terjadi untuk menjadi pelajaran hidup anda kedepannya. Dari situ, seseorang akan paham bahwa ia bisa bangkit setelah kehilangan.

Kenali Rasa Sedih Anda

Sebagian besar gejala emosional yang dimiliki oleh manusia ada kaitannya dengan kesedihan. Karena banyak dari perasaaan yang nantinya akan terlibat begitu menghancurkan sehingga menyebabkan perwujudan fisik yang dapat muncul.

Perasaan naik turun ini dapat melibatkan berbagai faktor. Mulai dari kesedihan yang terlalu dalam dan perasaan yang menjadi gila hingga rasa syok, bersalah dan juga ketakutan.

Bakan seseorang bisa jadi akan ada di titik dimana ia mulai meragukan agamanya. Hal ini akan menjadi lebih berbahaya lagi. Dalam hal fisik yang berhubungan dengan kesedihan dan duka, ketahuilah bahwa rasa mual, lelah, sulit tidur, bahkan sampai sakit, nyeri hingga bertambah atau berkurangnya berat badan.

Mengetahui gejala seperti ini dapat membuat kita lebih waspada dalam menyikapinya. Ini termasuk kemampuan Anda untuk sadar mengatakan kepada diri Anda sendiri bahwa ternyata kesedihan merupakan wujud dari berbagai cara dan perlu didiagnosis serta diobati.

Tidak Apa Untuk Merasa Sedih

Sering kali apabila Anda sedang sedih, Anda akan buru buru untuk terlihat baik-baik saja. Padahal perasaan seperti itu tidak perlu dipaksa. Seringkali seseorang tengah terjebak pada beberapa tahap pertama pada kesedihan dan menjadi lumpuh tidak berdaya karena tidak membiarkan diri mereka menyerah pada emosi tersebut.

Padahal membiarkan diri Anda untuk menyerah pada kesedihan, menerima keadaan bahwa Anda tengah terluka. Bisa membuat anda segera memulai proses penyembuhan. Yang paling penting adalah Anda dapat menerimanya dulu, bahwa tidak apa apa untuk bersedih.

 Mencari Sandaran Pada Teman Atau Keluarga Terdekat

 Mencari Sandaran Pada Teman Atau Keluarga Terdekat
 Mencari Sandaran Pada Teman Atau Keluarga Terdekat

Meskipun rasanya kehilangan itu merupakan hal yang sensitif dan individual. Tapi tidak apa untuk membaginya pada mereka yang Anda pikir dapat Anda percayai dalam memberikan rasa sedih Anda. Meskipun mereka mungkin tidak tahu apa yang harus mereka lakukan dalam hal menghibur Anda. Namun percayalah mereka akan selalu mendengarkan apa yang ingin Anda katakan serta menawarkan kehangatan kasih sayang.

Jangan merasa terlalu tidak enak untuk bersandar pada orang lain. Sesekali Anda bisa melakukannya pada saat Anda membutuhkannya. Keluarga serta teman akan memberikan toleransi banyak kepada jenis emosi pada orang yang mereka cintai, jadi mereka akan membuat Anda dapat melalui tahapan tersebut dengan tetap merasa bahagia dan setia.

Berkonsultasi Dengan Psikolog

Sama seperti apa yang dikatakan, bahwa tingkat kesedihan seseorang itu berbeda beda. Ada yang kesedihannya hanya sebatas menangis lalu kembali  seperti semula, ada pula yang merasa bahwa seperti kehilangan separuh hidupnya dan ini yang tidak diperkenankan untuk diacuhkan.

Untuk itu Anda perlu untuk mengkonsultasikan dengan terapis ahli untuk mendampingi rasa kesedihan Anda. Para terapis biasanya akan mendengarkan cerita Anda. Meskipun mereka akan banyak diam, tapi percayalah hal itu yang Anda butuhkan. Mereka akan mendengarkan cerita Anda dengan seksama.

Meskipun tak sedikit dari mereka yang nantinya akan memberikan sedikit nasehat dan taktik untuk menghadapi masalah emosi yang saat ini sedang Anda hadapi.

Mengekspresikan Perasaan Anda

Mengekspresikan Perasaan Anda
Mengekspresikan Perasaan Anda

Semua orang yang baru saja kehilangan orang yang disayang, pasti akan sulit untuk membicarakan tentang perasaan emosi saat berduka. Padahal hal ini yang paling penting dalam proses kita untuk mengobati perasaan kita.

Baca Juga : Lenyapkan Kesedihan dengan Hal Berikut

Anda tidak perlu mengungkapkan perasaan secara verbal. Anda bisa menggunakan tulisan seperti membuat jurnal, menulis surat atau membuat puisi. Hal ini bisa menjadi obat saat hati sedang tersayat sayat karena rasa kehilangan.

Jangan Lupa Jaga Kesehatan

Hal ini adalah hal paling sepele tapi banyak orang yang tidak memperhatikannya. Meskipun hati Anda tengah terluka, tapi usahakan untuk tidak melupakan tentang kesehatan Anda. Anda bisa mulai menjaga kesehatan dengan berolahraga dan hidup sehat. Dengan demikian, Anda dapat melawan rasa kesedihan itu. 

To Top