Life

Seperti Apa Rasanya Escargot? Apa Saja Kandungan Nutrisinya

Escargot

Escargot merupakan salah satu masakan yang mungkin cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, bagi mereka yang pernah mencicipinya, pasti paham kenapa kuliner dari bekicot ini menjadi makanan favorit.

Di Prancis, sekitar 700 juta bekicot dikonsumsi setiap tahunnya, jadi sudah pasti kalau makanan ini bukan hanya sekedar tren sesaat. Makanan ini biasa diolah dan disajikan secara profesional.

Seperti Apa Rasanya Escargot?

Menurut laman Little Upgrades, escargot memiliki tekstur dan rasa seperti kerang. Bekicot senciri memang disebut memiliki rasa daging seperti ikan atau ayam, dengan sedikit rasa earthy mirip jamur. Tapi saat mengolahnya menjadi escargot, daging bekicot akan terasa sama dengan saos atau mentega yang digunakan untuk memasaknya.

Biasanya, makanan ini diolah dengan bumbu bawang putih, mentega dan cuka atau anggur, tergantung sang juru masaknya.

Lihat Juga: 5 Makanan Khas Korea Utara Yang Menggugah selera

Sebagai pendamping daging yang kaya saus ini, makanan ini biasa dihidangkan dengan potongan roti. Seperti kebanyakan masakan seafood, escargot juga disntap dengan mengunyahnya. Dengan begitu, kamu bisa merasakan tekstur daging dan cita rasa sausnya dengan lebih optimal.

Kandungan Gizi di Dalamnya

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal PLOS One, manusia sudah mengonsumsi bekicot sejak 30.000 tahun lalu.

Sementara di Eropa, masakan ini mungkin telah diwariskan selama beberapa generasi. Kuliner ini juga kerap disajikan di restoran premium dan tempat makan kelas atas lainnya. Jadi tidak heran kalau harganya pun cukup mahal.

Salah satu alasan kenapa makanan ini digemari adalah karena bekicot dianggap mengandung banyak nutrisi. Seperti kaya akan protein, rendah lemak, rendah karbohidrat dan kemungkinan kecil menyebabkan reaksi alergi.

Lihat Juga: 13 Makanan ini Baik untuk Mood juga Dietmu

Sehingga, daging bekicot sering dipilih sebagai alternatif pengganti seafood yang mungkin mengakibatkan alergi. Selain itu, bekicot juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, Zinc dan vitamin E. Daging bekicot diketahui juga tinggi triptofan, yaitu zat kimia yang memproduksi serotine yang bermanfaat untuk mengatur mood kita.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top